Setiap orang pasti ingin mengunjungi Jepang setidaknya sekali dalam hidup mereka. Ketika kesempatan tersebut datang, kamu harus memanfaatkannya semaksimal mungkin! Ada banyak tempat yang patut kamu kunjungi saat berlibur di Jepang. Sayangnya, tak semua tempat bisa kamu kunjungi dalam waktu sepekan. Namun, perencanaan trip yang tepat akan membuat liburan terasa maksimal dan menyenangkan meski hanya satu pekan. Saya sendiri sudah ke Jepang dua kali, setiap ke sana selalu membuat itinerary Jepang yang detail biar gak ada yang ketinggalan.

Berikut informasi itinerary Jepang paling ideal yang bisa kamu jadikan referensi  untuk trip selama seminggu di Jepang. Mulai dari rekomendasi landmark terpopuler di Jepang, spot wisata kuliner, hingga hiburan unik buat kamu yang suka dengan pop culture Jepang.  Lima rekomendasi tempat wajib di kunjungi di Tokyo, Osaka dan Kyoto dari ku juga ada disini lho

Itinerary Jepang Hari Pertama: Shinjuku & Shibuya

Hari pertama kedatangan di Jepang, mungkin kamu tidak memiliki satu hari komplit untuk memulai petualangan di Jepang. Idealnya, kamu akan mendarat di Tokyo, ambil waktu sejenak untuk mengurus akomodasi dan istirahat dari penerbangan yang melelahkan. Untuk kamu yang tiba di Tokyo pada pagi hari, jalan-jalan ke Shibuya bisa menjadi agenda untuk memulai penelusuran kamu. Shibuya terkenal sebagai jalan terbesar dan tersibuk di Tokyo, Jepang. Nikmati berbagai kedai jajanan lokal, tempat belanja, hingga berbagai pilihan restoran makanan khas Jepang. Hati-hati, jangan sampai tersesat di penyebrangan jalan Shibuya yang ramai, ya!

Shibuya food

Nongkrong di Shibuya cari makan

Buat kamu yang mencari tempat nongkrong di Tokyo pada malam hari, kunjungi distrik Shinjuku. Lokasi ini memang lebih hidup dan gemerlap dengan berbagai gedung berlampu neon pada malam hari. Lokasi ini menyuguhkan berbagai tempat belanja dan makan yang tak kalah variatif dan ramai dari Shibuya. Ada banyak kedai ramen, sushi, yakiniku terbaik di Shinjuku yang bisa kamu kunjungi. Tak hanya restoran tradisional, kamu juga mengunjungi tempat makan unik, salah satunya adalah Robot Restaurant.  Di Robot restoran ini kamu di layani sama robot dan bukan manusia. Pengalaman unik banget kan.

Itinerary Jepang Hari Kedua: Tokyo Tower, Imperial Palace, Meiji Jingu, Senso-ji

Pada hari kedua, mulailah petualangan kamu di Tokyo dengan mengunjungi berbagai landmark populernya. Tokyo Tower merupakan landmark pertama yang wajib kamu kunjungi. Kamu bisa menikmati keindahan kota Tokyo dari ketinggian dari lantai observasi, tersedia pula restoran, museum, dan toko souvenir. Tak jauh dari Tokyo Tower, kunjungi situs bersejarah Imperial Palace. Lokasi ini merupakan kompleks kastil kerajaan Jepang yang telah berdiri sejak era Edo. Kastil dikelilingi oleh kompleks taman yang indah dan bisa kamu telusuri dengan santai.

Temple Japan

Masih termasuk situs bersejarah, lanjutkan petualanganmu ke Meiji Jingu, salah satu kuil paling terkenal di Tokyo. Kuil kepercayaan Shinto ini memiliki desain sederhana namun kokoh. Lokasinya tenang dan jauh dari keramaian meski terletak di pusat kota Tokyo. Untuk menutup hari keduamu, kunjungi Senso-Ji, kuil Buddha paling populer di Tokyo. Kuil satu ini memiliki desain bangunan dan ornamen yang lebih semarak. Di bagian luar kuil, tersedia berbagai kedai jajanan dan makanan khas Jepang yang bisa kamu coba.

Itinerary Jepang Hari Ketiga: Harajuku & Akihabara

Ada banyak distrik menarik yang bisa kamu kunjungi di Tokyo, berikutnya ada distrik Harajuku dan Akihabara yang sayang jika dilewatkan. Kunjungi Harajuku terlebih dahulu, salah satu distrik fashion paling populer di Tokyo. Tak hanya fashion, lokasi ini memiliki banyak galeri seni unik yang bisa kamu kunjungi. Kunjungi Cat Street yang terkenal dengan berbagai cafe cantik dan toko pakaian unik yang hanya bisa kamu temukan di Jepang. Jangan lupa juga kunjungi Owl’s Garden, cafe bergaya Inggris dengan burung hantu yang bisa kamu ajak berinteraksi. Untuk membeli berbagai perlengkapan unik dan snack khas Jepang, kamu bisa belanja di Toko Daiso, Harajuku.

Pemandangan Tokyo di malam hari

Menjelang petang, waktunya bermain di Akihabara. Distrik ini merupakan surganya para pecinta pop culture Jepang (anime, manga, game). Kamu bisa belanja berbagai komik, action figure, dan merchandise original dari animasi favoritmu di lokasi ini. Ada juga deretan maid cafe, arcade, dan berbagai lokasi menarik lainnya yang hanya ada di Akihabara.

Itinerary Jepang Hari Keempat: Danau Ashi, Owakudani, Kuil Hakone

Hakone merupakan kota kecil tak jauh dari Tokyo yang menyuguhkan berbagai tempat wisata tenang dan jauh dari keramaian di Tokyo. Kamu bisa mengakses Hakone dengan naik kereta selama kurang lebih 1 jam. Ada banyak ryokan (penginapan tradisional Jepang) yang bisa kamu singgahi selama berada di kota ini. Hakone terkenal dengan keindahan alam dan onsennya.

Kunjungi Danau Ashi yang dimana kamu bisa melihat pemandangan indah Gunung Fuji dengan naik perahu. Tak jauh dari Danau Ashi, ada Kuil Hakone yang sayang jika dilewatkan. Kemudian kunjungi Owakudani, situs kolam air panas yang terbentuk dari gunung vulkanik. Kamu bisa mencoba makan telur hitam yang populer di lokasi ini. Konon katanya, memakan telur hitam bisa memperpanjang hidup hingga 7 tahun. Kamu bisa pesan Hakone free pass disini, jadi bisa keliling gratis seharian.

Itinerary Jepang Hari Kelima: Hakone Kowakien Yunessun

Hakone Kowakien Yunessun bisa menjadi tempat refreshing one-stop yang komplit. Lokasi ini merupakan taman pemandian air panas terbesar dan terluas di Hakone. Jika kamu punya budget lebih, sekalian menginap di hotel ini juga bisa menjadi pilihan. Ada berbagai fasilitas pemandian air panas yang bisa kamu nikmati di lokasi ini.

hakone japan

Mulai dari kolam renang hangat di area indoor yang luas, kolam merah menyerupai anggur merah, kolam tradisional di area outdoor yang indah, dan masih banyak lagi. Dijamin puas seharian menghabiskan waktu di lokasi ini. Tapi jangan terlalu lama berendam air panas ya, karena dapat menyebabkan pusing dan pingsan jika terlalu lama. Kayak aku! Hahaha.. Kamu bisa pesan tiketnya disini.

Setelah puas menikmati pemandian air panas, kamu bisa menikmati hidangan barat maupun Jepang di restoran yang telah disediakan. Menghabiskan waktu seharian di lokasi ini bisa menjadi pelepas lelah untuk melanjutkan perjalanan di hari berikutnya.

Itinerary Hari Keenam: Osaka Castle, Sumiyoshi Taisha, Dotonbori

Mendekati akhir kunjunganmu di Jepang, kota selanjutnya yang patut kamu kunjungi adalah Osaka. Kota ini merupakan salah satu destinasi wisata populer di Jepang. Kamu juga bisa pesan tiket pesawat untuk pulang dari Osaka International Airport. Jadi tak perlu kembali jauh-jauh ke Tokyo. Kamu bisa mengakses Osaka dengan naik kereta dari Hakone yang memakan waktu sekitar 3 hingga 4 jam perjalanan. Sesampainya di Osaka, cari penginapan dan segera bersiap untuk melanjutkan agenda keliling kota kamu.

Osaka Japan

Kunjungi Osaka Castle, salah satu landmark dari Osaka. Kastil ini masuk dalam tiga besar kastil di Jepang terpopuler. Paling indah jika dikunjungi saat musim semi dimana bunga sakura sedang bermekaran. Kemudian kunjungi kuil Sumiyoshi Taisha, kuil tertua kepercayaan Shinto yang memiliki arsitektur kuno dengan kompleks yang tenang dan teduh. Kuil ini merupakan salah satu kuil terkenal di Jepang yang masuk dalam National Treasure.

 

Dotonburi

Untuk menikmati sisa hari pertamamu di Osaka, kunjungi Dotonbori, pusat perbelanjaan dan hiburan di Osaka. Lokasi ini paling sempurna dikunjungi pada petang hari, karena kamu bisa melihat berbagai billboard neon yang semarak dengan sederet tempat makan dan nongkrong yang variatif. Dotonbori merupakan lokasi terakhir paling sempurna untuk merayakan malam terakhirmu di Jepang.

dotonburi street

Pada hari berikutnya, kamu bisa langsung bersiap pulang dengan santai menuju Osaka International Airport. Jika kamu hanya dapat penerbangan dari Tokyo, kamu harus bangun pagi-pagi untuk naik kereta ke dari Osaka ke Tokyo yang memakan waktu sekitar 5 jam.

Osaka malam hari

Itu tadi itinerary Jepang untuk 6 hari berwisata di Jepang, dengan ekstra satu hari untuk pulang. Perencanaan ini bisa kamu jadikan referensi jika hanya memiliki 7 hari untuk berlibur di Jepang. Itinerary ini juga bisa kamu muat untuk syarat pembuatan visa Jepang lho!

Kamu bisa pesan tiket masuk sebagian besar aktivitas di atas via Klook lumayan hemat lho diskonnya.

Klook.com

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berlibur!

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba