Hong Kong merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit di Asia. Lokasi liburan satu ini ramah turis dan sangat multikultural. Sebagai turis asing, kita akan merasa nyaman selama berlibur di Hong Kong. Fasilitas informasi, akomodasi, hingga transportasi akan semakin memudahkan perjalanan kamu menelusuri setiap sudut Hong Kong. Ada banyak lokasi seru yang bisa dikunjungi, mulai dari pasar malam, landmark, kawasan liburan all in one, di antara gedung pencakar langit dan kehidupan masyarakat yang otentik serta ambience yang hangat. Saya sendiri sempat ke Hong kong dua kali di tahun 2018, berikut saya share itinerary saya di Hong Kong

Buat kamu yang punya waktu liburan 5 hari di Hong Kong, baiknya memanfaatkan agenda sebaik mungkin. Berikut rekomendasi itinerary Hong Kong selama 5 hari dan 4 malam, tidak termasuk 1 hari terakhir untuk bertolak pulang. 

Itinerary Hong Kong Hari Pertama: Sky 100 Hong Kong Observation Deck & Temple Street Night Market

Usahakan mendapatkan tiket pesawat jadwal kedatangan di Hong Kong sekitar tengah hari. Agar kamu memiliki sisa setengah hari lagi untuk jalan-jalan di beberapa landmark menarik yang santai. Kamu bisa pesan tiket kereta ke city center dari airport di link ini.  Untuk melihat pemandangan terbaik di Hong Kong, kamu bisa berkunjung ke Sky 100 Hong Kong Observation Deck yang sudah buka sejak pukul 11.00. Berlokasi di lantai 100 International Centre, Kowloon Barat, dari sini kamu bisa melihat pemandangan Pelabuhan Victoria, wilayah Kowloon Peninsula, dan Tai Mo Shan dari ketinggian. Naiklah lift dari lantai 2 yang akan mengantarmu ke lantai 100 hanya dalam waktu 60 detik. Kamu bisa beli tiketnya dengan diskon via link Klook iniSky 100 Hong Kong Observation Deck

Menjelang senja, kamu masih bisa menghabiskan hari di Kowloon hingga malam. Tempat paling sempurna untuk jalan-jalan santai dan makan  adalah Temple Street Night Market yang berlokasi di area Jordan dan Yau Ma Tei, Kowloon. Lokasi ini merupakan pasar paling besar dan paling populer di Hong Kong, terutama bagi para turis asing. Kamu mungkin akan lebih banyak bertemu dengan pengunjung asing daripada penduduk lokal. Kamu bisa menikmati berbagai makanan lokal, banyak tempat makan yang juga menyediakan menu dalam bahasa Inggris. Tak hanya hiburan kuliner, kamu juga bisa melihat berbagai souvenir dan barang menarik yang bisa kamu beli.

temple street market

Itinerary Hong Kong Hari Ke-2: The Peak Tram, Victoria Peak, & Victoria Harbour

Salah satu kawasan yang tak boleh kamu lewatkan saat berlibur di Hong Kong adalah Victoria yang berlokasi di Central Hong Kong. Kawasan ini memiliki nuansa Asia yang berpadu dengan gaya Barat. Merupakan salah satu lokasi paling bergengsi di Hongkong. Untuk mendapatkan pemandangan yang indah dan menemukan berbagai tempat menyenangkan untuk bersantai, kamu perlu mengunjungi Victoria Peak atau sering disebut juga The Peak. Ada berbagai cara untuk menuju Victoria Peak, cara paling menyenangkan adalah dengan menaiki The Peak Tram. Naiki The Peak Tram dari Garden Road Admiralty dari Mid-Levels. Keistimewaan dari tram satu ini adalah pemilihan jalur yang menyuguhkan pemandangan indah Hong Kong. Perjalanan menuju The Peak pun akan terasa sangat singkat dan menyenangkan.

the peak tram hong kong

Jalan-jalan di Victoria Peak, kamu bisa “mengintip” kehidupan penduduk Hong Kong kelas atas. Lokasi ini tidak hanya sebagai tempat wisata, namun juga ada banyak pemukiman mewah penduduk yang bisa kamu telusuri. Ini adalah salah satu tempat wisata di Hongkong yang saya masukkan list 5 tempat wisata wajib kunjungi di Hongkong!

Nikmati jalan-jalan santai ala penduduk lokal Victoria dengan mengunjungi cafe, restoran, dan beberapa landmark seperti Victoria Peak Garden, Museum Madame Tussauds, Peak Walks, The Peak Galleria, dan Sky Terrace 428.

victoria harbour hong kong

Untuk menutup harimu di kawasan Victoria, kunjungi area Victoria Harbour, sebuah pelabuhan di Laut Cina Selatan. Spot satu ini menyuguhkan pemandangan malam paling indah di Hong Kong. Kamu bisa jalan-jalan santai di area pelabuhan yang luas dan memang didesain sebagai tempat wisata. Pada hari-hari tertentu, kamu juga bisa melihat pertunjukan cahaya dari lokasi ini. Ada banyak restoran terbaik di sekitar Victoria Harbour yang bisa kamu kunjungi untuk bersantap malam.

Itinerary Hong Kong Hari Ke-3: Ngong Ping 360, Tian Tan Buddha, & Po Lin Monastery

Hong Kong juga memiliki berbagai lokasi bersejarah dengan suasana alam yang sejuk dan asri. Setelah dua hari menikmati pesona keramaian dan gemerlap Hong Kong, kini saatnya mengunjungi berbagai landmark bersejarah di Hong Kong. Untuk itinerary Hong Kong hari ketiga, kamu bisa berpetualang ke Pulau Lantau.

Untuk sampai ke Pulau Lantau, kamu bisa naik MTR dari Hong Kong Station. Ambil exit di e1 menuju Central Pier 6, kemudian naik ferry menuju Mui Wo. Setelah itu naiklah bis menuju Desa Ngong Ping dengan perjalanan selama 40 menit. Kamu pun sampai di Pulau Lantau.

Lokasi ini memiliki dua landmark bersejarah peninggalan agama Buddha; Tian Tan Buddha dan Po Lin Monastery, keduanya berlokasi di puncak bukit Pulau Lantau. Untuk menuju puncak bukit, kamu bisa menaiki Ngong Ping 360, yaitu semacam gondola dimana kamu juga bisa melihat keindahan alam Pulau Lantau dari ketinggian.

ilihannya pun ada beberapa seperti yang bawahnya cyrstal jadi kaki kamu bisa liat dasar atau yang standart. Saranku, kamu bisa pesan online disini, jadi gak perlu ngantri. Karena dari pengalamanku, antrian on the spot lumayan panjang lho! Kamu bisa pilih one way atau return. Tapi saranku mending ambil return karena dari pengalamanku yang kembalinya naik bus, meskipun murahan naik bus tapi jalannya berkelok kelok. Bikin mual.

 

Tian tian Hong Kong

Foto saya di gondola Ngong Ping 360

Hari Ke-4: Nan Lian Garden, Chi Lin Nunnery, & Sik Sik Yuen Wong Tai Sin Temple

Masih ada lagi kawasan bersejarah di dekat pusat Hong Kong yang bisa kamu kunjungi. Untuk hari keempat, berkunjunglah ke kawasan Kowloon tepatnya Diamond Hill. Nikmati keindahan alam asri di Nan Lian Garden, sebuah taman peninggalan Cina klasik seluas 3.5 hektar. Taman ini memiliki kolam, jembatan merah yang ikonik dengan bangunan emas yang menawan di tengah taman. Lokasi ini bagai oase di tengah hiruk pikuk kawasan Kowloon yang cukup padat dan ramai.

Golden Pavilion, Nan Lian Garden, Chi Lin

Masih di kawasan Diamond Hills, tak jauh dari Nan Lian Garden, sempatkan waktu untuk menikmati keindahan Chi Lin Nunnery. Sebuah kompleks kuil yang dulunya disinggahi oleh para biksu Buddha. Bangunan di area masih terjaga kekokohannya dengan arsitektur klasiknya yang artistik dan indah. Bangunan kuil yang didominasi warna kayu gelap berpadu dengan taman dengan tumbuhan hijau yang kontras. Alternatifnya kamu bisa juga ke 1000 Budha temple, dimana kamu harus mendaki untuk bisa sampai ke puncak. Tapi sepanjang jalan kamu akan menyaksikan patung-patung Budha keemasan yang bervariasi.

https://www.instagram.com/p/BrENwqongaB/

Berikutnya, lanjutkan napak tilas menuju Sik Sik Yuen Wong Tai Sin Temple atau Kuil Tai Sin. Kuil ini merupakan kuil terbesar dan termegah di Hong Kong. Kuil Tai Sin merupakan rumah ibadah umat Buddha. Buat kamu yang non-Buddha tetap bisa mengunjungi lokasi ini karena arsitektur bangunanya yang semarak dan megah.

Ketiga lokasi ini bisa kamu kunjungi secara cuma-cuma alias gratis. Budget liburan pun bisa kamu hemat dengan memasukan itinerary dalam agendamu selama berada di Hong Kong.

Hari Ke-5: Repulse Bay & Ladies Market

Memasuki hari terakhir, kamu harus pandai-pandai menggunakan budget keliling Hong Kong. Ada banyak tempat wisata gratis yang bisa kamu kunjungi di Hong Kong seperti itinerary hari keempat. Hong Kong juga memiliki berbagai kawasan pantai yang indah dan bisa kamu kunjungi untuk refreshing dan bersantai. Salah satu pantai yang populer di kalangan turis adalah Repulse Bay. Pantai ini termasuk sepi dan masih memiliki kawasan pesisir yang bersih nyaman untuk bersantai. Siapa yang sangka ternyata di Hong Kong juga ada pantai yang bagus kan?

Hong-Kong-Repulse-Bay-Public-Beach

Jangan sampai lupa membeli souvenir dari Hong Kong, tempat paling ideal untuk belanja cinderamata adalah Ladies Market yang berlokasi di Jalan Tung Choi, Mong Kok. Disini, tersedia berbagai aksesoris, pakaian, souvenir yang bisa kamu tawar untuk mendapatkan harga terbaik. Tidak semua pasar terbuka di Hong Kong bisa kamu tawar. lokasi ini salah satu pasar yang bisa tawar-menawar.

Kamu bisa pesan tiket masuk sebagian besar aktivitas di atas via Klook lumayan hemat lho diskonnya.

Klook.com

Itu tadi rekomendasi itinerary Hong Kong ideal selama 5 hari yang bisa kamu terapkan pada rencana travelling selanjutnya. ntuk urusan akomodasi, cek juga artikel 5 Rekomendasi Hotel Nyaman di Hong Kong. Selamat berlibur!

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba