Saat baru pertama kali akan bepergian jauh, mungkin kamu akan merasa kebingungan harus membawa isiΒ  apa saja di dalam koper mu. Kamu rasanya ingin membawa semua barang yang diperlukan karena akan lebih menghemat dan tak perlu membelinya di tempat tujuan. Namun kerap kali ujung-ujungnya kamu menyesal karena banyak barang yang tak digunakan. Nah, kalau kamu bingung harus membawa apa saja saat bepergian ke luar negeri apalagi dalam jangka waktu yang cukup lama, kamu bisa simak 7 tips isi koper berikut!

tips isi koper

tips isi koper

1. Pertimbangkan Isi dan Berat Koper

Sebelum mengemas koper, kamu harus mempertimbangkan berapa lama kamu akan tinggal di negara tujuan. Jika kamu berniat untuk tinggal selama seminggu di negara lain misalnya di benua Eropa, kamu bisa membawa koper carry on ke dalam pesawat seberat antara 7-10 kg (tergantung dari ketentuan maskapainya) yang harus muat pakaian, kamera, handphone dan lainnya. Pertimbangkan juga musim disana untuk mengetahui benda apa saja yang harus dibawa, misalnya saja saat musim panas kamu tak perlu membawa banyak pakaian seperti saat musim dingin.

2. Bawa Makeup dan Toiletries dalam Travel Size

Supaya koper tak makin berat dan penuh, kamu cukup membawa peralatan makeup dan toiletries seperti sabun, shampoo dan pasta gigi dalam ukuran mini atau travel size. Kamu bisa juga membeli benda-benda ini selepas sampai di negara tujuan dan tentunya kamu juga bisa menjajal produk skin care dan makeup yang jadi favorit di sana.

3. Pilih Pakaian yang Sesuai Musim, Acara dan Kegunaan

Pakaian pastinya jadi salah satu hal wajib yang ada dalam koper. Kamu bisa perkirakan jumlah pakaian yang kamu bawa dengan lama kunjungan. Beberapa jenis pakaian yang mesti kamu bawa diantaranya pakaian sehari-hari atau pakaian kasual seperti kaos, celana panjang, celana pendek, dan tanktop.

Jangan lupa juga bawa baju party, baju renang dan jaket jika sewaktu-waktu kamu membutuhkannya di sana. Kamu juga bisa membawa scarf seperti kain Bali yang bisa juga kamu gunakan saat nongkrong di pantai atau sebagai selimut. jangan lupa juga bawa kacamata hitam, dan topi jika kamu berkunjung saat musim panas. Soal alas kaki kamu bisa bawa sandal jepit, sneaker atau sepatu boot dengan warna netral supaya cocok dipadankan dengan jenis pakaian apa saja.

4. Gadget Jangan Sampai Tertinggal

Traveling zaman sekarang pasti tak lengkap tanpa membawa gadget kekinian yang bisa membantumu melakukan aktivitas dan mengabadikan momen travelingmu ke media sosial. Beberapa gadget penting yang perlu kamu bawa adalah handphone, laptop mini, kamera, power bank, travel charger, earphone dan kabel-kabel gadget tersebut. Pastikan kamu menyimpannya secara rapi dalam gadget organizer agar tak mudah hilang dan mudah dicari saat diperlukan. Β Jangan lupa juga untuk membawa buku catatan, alat tulis dan tas kecil yang bisa membantumu menulis dan mencatat perjalanan serumu.

5. Jangan Melebihi Berat Maksimal

Agar tidak berlebihan membawa barang bawaan dalam koper kamu, bisa mengecek berat maksimal koper yang bisa masuk ke dalam kabin pesawat. Misalnya untuk penerbangan domestik biasanya mencapai 7 kg dan penerbangan internasional yang dibatasi hingga 10 kilogram (tergantung ketentuan maskapainya). Untuk menyiasati berat barang bawaanmu, kamu bisa membawa atau mengenakan barang yang bisa membuat kopermu menjadi penuh dan berat seperti sepatu boots, jaket dan lainnya.

6. Amankan Koper dengan Gembok dan Hard Case

Jika sudah sesuai ketentuan kamu juga harus mengamankan kopermu dengan menggunakan gembok kecil. Gembok ini tak hanya berguna mengamankan koper dalam kabin, tetapi juga saat kamu tiba di hostel (untuk jaga-jaga jika di hostel tersebut tidak tersedia loker). Ini tambahan tips isi koper yang penting untuk diingat! Kalau kamu punya barang bagasi check in, kamu bisa beli koper hard case (yang dari plastik) karena cenderung lebih kuat dan tinggal gampang koyak. Favorite saya merek Samsonite

7. Buat Daftar Prioritas

Jika kamu sering kelupaan membawa benda saat traveling, kamu bisa membuat daftar prioritas benda yang akan kamu bawa selama perjalanan. Beberapa hal yang harus ada dalam daftar priorotas di antaranya paspor dan visa, yang tak boleh ketinggalan jika kamu berencana pergi ke luar negeri. Setelah itu, baru benda-benda lainnya seperti laptop. Ponsel, kamera, pakaian dan lainnya menyusul. Jangan sampai perjalananmu jadi gagal dan tidak nyaman tanpa adanya benda-benda penting tersebut!

Itulah beberapa tips membawa isi koper yang bisa kamu terapkan saat akan mengemas kopermu sebelum traveling. Selain koper, kamu juga harus melalukan persiapan keuangan sebelum berangkat ke luar negeri. Kira-kira tips yang mana yang paling bermanfaat buat kamu? Tulis di komentar ya.