Saya sering ketemu orang yang walaupun traveling tapi sambil kerja. Isitilah kerennya digital nomad. Setelah saya telusuri lebih lanjut, ternyata ada 6 pekerjaan freelance online yang bisa kamu lakukan sambil traveling. Bisa di bilang pekerjaan ini yang membawa kamu traveling keliling dunia karena pekerjaan ini menafkahi kamu ketika sedang traveling. Nah ini dia daftar kerja online yang lagi nge trend di tahun 2020.  Semoga bisa ikutan traveling sambil kerja ya eh atau kerja sambil traveling?

Pekerjaan FreelanceKerja Online 2020 bisa kamu kerjaan di rumah dan bahkan sambil traveling. Sebagian besar kerjaan ini berhubungan dengan bisnis online karena sekarang trendnya semakin digital jadi semakin banyak bisnis yang membuatkan bantuan untuk memaksimalkan produk atau servisnya secara online.

1. Programmer

Ini pekerjaan freelance 2020 terfavorit karena ini demand nya banyak banget dan trendnya terus naik. Sebagian besar programmer memang kerjaannya di rumah (remote worker). Bahkan sebelum WFH nge trend, programmer udah duluan banyak yang WFH (Work From Home). Dari pengamatanku pribadi pekerjaan freelance programmer yang paling tinggi demand-nya termaksud dari luar negeri. Selain itu, gajinya juga umumnya yang paling banyak.

2. Digital Marketer

SEO (Search Engine Optimization), SMM (Social Media Marketing), SEM (Search Engine Marketing), Email Marketing, Content Marketing, Landing Page Optimization dan lain lain, you name it! Ada berbagai niche dari digital marketing. Pekerjaan freelance marketing ini nge trend banget karena seperti aku bilang sebelumnya trend sekarang beralih ke digital yang artinya semakin banyak bisnis yang penjualannya beralih ke online. Dikedepannya besar kemungkinan permintaan untuk

3. Pekerjaan Freelance Graphic Designer

Artinya kamu membuat ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis untuk digital dan print design. Produknya bisa berupa  posters, billboards, dan marketing marketing lainnya seperti feed di Instagram dan facebook.  Selain punya client khusus, ide creatif kamu bisa kamu jual di berbagai platform seperti Etsy. Sementara portfolio kamu bisa kamu tampilkan di www.behance.com

4. Pekerjaan Freelance Copywriter

Kamu nulis keterangan soal booklet atau promo produk. Atau nulis konten promo di masukkan di blog atau di paid media seperti di news portal, di social media atau di banner iklan. Yang mirip dengan copywritter adalah penulis. Kamu bisa menulis dimanapun dan mempublikasikan karyamu melalui penerbit major ataupun menerbitkannya sendiri

5. Translator

Pasti udah tau dong apa. Kamu menawarkan jasa untuk menerjemahkan dokumen misalnya Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia vice verse. Kamu bisa menawarkan jasa kamu di situs www.freelancer.com atau www.upwork.com.  Selain itu ada juga situs Indonesia seperti www.sribulancer.com dan www.project.co.id.

6. Photographer/ videographer

Bagi kamu yang memang hobby fotografi dan videografi, ini hobby yang sangat bisa di monetisasi. Kamu bisa dapat client untuk photoshooting atau videoshooting. Kalau sedang tidak ada client, kamu bisa jual hasil karya kamu pribadi di berbagai platfrom termaksud www.shutterstock.com. Kalau lagi kreatif kamu juga bisa masukkan karya kamu di Youtube untuk selanjutnya di monetisasi.

Saya sendiri sebenarnya gak mengambil satu pun dari pekerjaan tersebut, namun saya bisa traveling keliling dunia dengan bisnis sewa menyewa properti via Airbnb. Pengalaman saya (termaksud kira-kira pendapatan saya perbulan) bisa kamu liat di artikel ini.

Kamu bisa nonton penjelasanku lebih detail soal pekerjaan diatas di video Youtube ku di bawah, jangan lupa subscribe ya!