Saat ini saya sedang di negara Argentina dalam misi keliling Amerika Selatan. Pada saat saya tiba di Amerika Selatan tepatnya Brazil dan kemudian pindah ke Argentina di bulan Februari 2020, virus Corona atau COVID 19 belum sampai ke benua ini. Namun ketika ditemukan kasus postif Corona di Argentina, pemerintah Argentina langsung bertindak tegas dengan membatalkan penerbangan masuk dan keluar. Pemerintah juga mengeluarkan kebijakan lockdown dan karantina total untuk pecegahan penyebaran virus Corona per hari ini tanggal 20 Maret 2020. 

Suasana di ibukota Argentina, Buenos Aires  hari pertama lockdown sangat sepi. Ada beberapa penduduk yang keliling dengan tas belanja karena masyarakat diizikan untuk keluar hanya untuk kebutuhan mendasar seperti supermarket dan farmasi. Selain itu dibatasi maksimal orang untuk masuk satu toko. Misalnya di toko farmasi 24 jam dekat rumah maksimal adalah 10 orang dan di toko grocery adalah 4 orang.

Selain di larang untuk keluar, toko-toko juga ditutup termaksud restaurant dan bar. Hanya sedikit restaurant yang beroperasi dan sebagian besar hanya melayani takeaway.

Sehari sebelum total lockdown, masyarakat mengantri di supermarket untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari. Untungnya antriannya sangat rapi dan tertib. Saya salut sama masyarakat Argentina yang tertib ngantri. 

Saya sendiri 24 jam hanya berada di kamar, keluar balkoni untuk memandangi pemandangan kota. Untungnya suasana sunset di Buenos Aires sangat indah membuat saya lupa kalau sekarang sedang lockdown.

Sunset Buenos Aires

Suasana sunset Buenos Aires

Saya sempat megambil foto suasana sepi Buenos Aires yang  yang penduduknya sekitar 15 juta.

jalanan sepi Buenos Aires

Jalanan sepi di kota Buenos Aires

Pemandangan Kota Buenos Aires

Pemandangan Kota Buenos Aires yang sepi

Kamar Stay Akibat Virus Corona Argentina

Kamar saya yang saya sewa di Airbnb

Saya sendiri masih di Buenos Aires karena tidak bisa melanjutkan penerbangan saya selanjutnya ke Chile di cancel karena perbatasan Chile di tutup per tanggal 18 Maret 2020. Sementara penerbangan saya ke Eropa juga di cancel mengingat situasi di Eropa sangat tidak kondusif dengan tingginya angka kasus virus Corona dibanding di Amerika Selatan. Selain itu banyak perbatasan di Eropa juga ditutup untuk orang asing.

Buenos Aires Virus Corona

Di atas apartement saya di Buenos Aires

 

Berikut saya sharing pengalaman saya berada di Argentina karena karantina untuk pecegahan virus Corona. Silahkan subscribe ya untuk update

Tour apartemen saya di Buenos Aires, Argentina setelah 2 bulan tinggal di sini akibat Corona.

Bagaimana pengalamanmu lockdown dan karantina di tempat masing-masing? Sharing ya di kolom komentar.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba