Malaysia merupakan salah satu negara terdekat yang bisa menjadi tujuan liburan pertama kamu di luar negeri. Selain jarak yang dekat, budaya Melayu yang kental akan membuat kamu masih berada di Indonesia. Namun pasti nya ada banyak tempat wisata di Malaysia yang ikonik dan tidak akan kamu temukan di negara lain.

Malaysia merupakan salah satu negara multikultural. Kamu bisa melihat berbagai macam corak budaya di setiap lokasi landmark di Malaysia. Mulai dari yang berbudaya lokal hingga yang percampuran dengan budaya luar.

Sebelum bahas tempat wisata, aku juga sempat volunteering di salah satu sekolah Malaysia. Di subscibe ya biar selalu update video perjalananku!

Berikut beberapa lokasi wisata di Malaysia yang ikonik dan wajib kamu kunjungi!

1. Menara Kembar Petronas

Sama halnya dengan turis yang wajib berkunjung ke Menara Eiffel saat mengunjungi Perancis, kamu wajib mengunjungi Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia. Menara Petronas sempat menjadi bangunan tertinggi di dunia sebelum ditandingi oleh Taipei pada tahun 2004. Namun, Petronas masih menjadi menara kembar tertinggi di dunia.

Kamu bisa masuk ke dalam menara dan menyaksikan pemandangan Kuala Lumpur dari ketinggian. Namun, jalan-jalan santai sambil selfie di area depan menara juga sudah cukup memuaskan dan hemat budget.

tempat wisata malaysia petronas

2. Georgetown

Melihat bangunan modern dan gemerlap kota Kuala Lumpur bukan satu-satunya pesona Malaysia. Kunjungi Georgetown, salah satu lokasi multikultural bergaya kolonial yang menarik untuk dikunjungi.

Berlokasi di sebelah utara-timur Pulau Penang, kamu bisa menghabiskan waktu seharian bersantai di area ini seperti orang lokal. Georgetown sendiri merupakan tempat tinggi untuk sebagian besar warga keturunan Tionghoa.

Lokasi ini terkenal dengan arsitektur kolonial klasiknya yang eye catching. Bisa kamu jadikan latar berfoto yang menarik dengan warna-warna cerah. Di sini juga tersedia banyak cafe dan restoran makanan lezat untuk wisata kuliner.

jalan jalan penang

Perjalanan saya di Georgetown September 2019

3. Pulau Manukan

Tempat wisata di Malaysia terkenal dengan daya tarik situs alam tropisnya yang eksotis. Salah satu pulau yang wajib kamu kunjungi adalah Pulau Manukan. Pulau satu ini masih menjadi bagian dari Tunku Abdul National Park, taman nasional maritim pertama di Malaysia.

Ada beberapa kegiatan air seru yang bisa kamu lakukan di pulau ini. Mulai dari scuba diving hingga snorkeling. Laut di pantai ini masih sangat terjaga kebersihannya dan keindahan terumbu karangnya.

Pulau manukan

4. Gua Batu (Batu Cave)

Satu lagi tempat wisata di Malaysia yang ikonik adalah Gua Batu. Gua Batu merupakan situs wisata religi umat Hindu paling terkenal di Malaysia. Terdiri dari tiga gua kapur utama dan sebuah kuil Hindu. Satu lagi daya tarik yang berada di lokasi ini adalah patung Dewa Hindu berwarna emas yang berdiri tinggi dan kokoh.

Hati-hati begitu masuk daerah ini karena kamu akan disapa oleh sekawanan monyet ketika sedang menaiki tangga. Selama kamu tidak mengganggu mereka, monyet-monyet ini bisa menjadi penampakan satwa yang menyatu dengan alam di sekelilingnya.

batu cave

batu cave

5. Bukit Bintang

Ini personal favorit saya! Berlibur ke Malaysia tanpa belanja dan membeli oleh-oleh pastinya akan terasa kurang. Kamu bisa belanja di Bukit Bintang, kawasan mall dan tempat belanja yang paling terkenal di Malaysia. Kawasan ini memiliki berbagai mall, salah satunya adalah Benaya Times Square. Mall ini merupakan salah satu mall terbesar di dunia.

Kamu bisa belanja berbagai barang branded maupun lokal sepuasnya di kawasan ini. Selesai belanja, kamu bisa bersantai di cafe maupun restoran berkelas. Kehidupan malam di kawasan ini juga seru untuk malam terakhir kamu di Malaysia.

Bukit-Bintang-At-Night

Itu tadi beberapa tempat wisata di Malaysia yang paling ikonik dan wajib kamu kunjungi. Cek juga tempat wisata untuk liburan di Penang. Selamat berlibur!

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba