Pulau Penang atau Pinang memiliki ibukota bernama George Town, dan termasuk kedalam salah satu negara bagian federasi Malaysia. Wilayahnya terdiri dari Pulau Penang itu sendiri dan Seberang Perai dan terletak di sebelah abrat Semenanjung Malaysia. Banyak traveler yang memilih untuk menghabiskan waktu mereka di Pulau Penang saat merasa bosan jalan-jalan di Kuala Lumpur.

Perjalanan menuju Penang dapat diakses menggunakan jalur darat maupun udara. Nah, kira-kira aktifitas apa saja ya yang bisa dilakukan saat jalan jalan di Penang? Penasaran? Simak terus artikelnya di sini.

Menyusuri Landmark Pulau Penang

Penang Bridge adalah sebuah jembatan yang menjadi landmark dari Pulau Penang, selain sebagai ikon Pulau Penang, jembatan ini juga menjadi jembatan terpanjang di Asian Tenggara. Jembatan tersebut terdiri dari dua bagian, yang pertama adalah Penang Bridge yang memiliki panjang 13,5 km dan Penang Second Bridge yang membentang sepanjang 23,5 km.

Jembatan kedua ini kemudian diberi nama Jembatan Sultan Abdul Halim Muadzam Shah, yang merupakan nama dari kepala negara Malaysia saat itu. Karena panjangnya, jembatan tersebut berhasil memecahkan rekor sebagai jembatan terpanjang seAsia Tenggara sekaligus menjadi ikon Pulau Penang.

penang view

Berkeliling Menikmati Bangunan Tua Di George Town

George Town terletak di sisi timur Pulau penang yang juga merupakan ibukota dari pulau ini. Begitu menginjakkan kaki di kota ini, wisatawan akan diajak untuk kembali ke masa lalu. Tempat ini sangat cocok bagi traveler yang menyukai wisata sejarah.

Bangunan-bangunan tua yang bahkan telah berusia ratusan tahun namun masih berdiri dengan kokoh, kini difungsikan menjadi sekolah, museum, bank, bahkan juga hotel. Traveler yang datang bukan hanya disuguhi suasana kota tempo dulu, namun juga arsitektur bangunannya yang beragam. Mulai dari yang bergaya India, China, hingga kolonial Inggris, jadi tidak heran mengapa George Town (bersama Melaka) sejak tahun 2008 ditetapkan sebagai salah satu situs warisan budaya dunia UNESCO.

Berburu Street Art Di Ibukota Pulau Penang

Selain dikenal kaya akan bangunan tuanya, ada magrnet lain yang selalu menarik traveler untuk datang ke George Town. Yaitu street art atau mural yang merupakan karya kreatif dari seniman bernama Ernest Zacharevic yang tersebar di beberapa titik di George Town. Dengan memadukan berbagai macam properti mulai dari sepeda, motor, hingga ayunan membuat karya dari Ernerst Zacharevic terkesan “hidup”. Tidak jarang, traveler yang jalan jalan di Penang mengambil beberapa foto dengan pose unik di depn mural-mural tersebut. Tertarik?

jalan jalan penang

Street Art di George Town Oktober 2019

Wonderfood Museum, Tempat Terbaik Untuk Belajar Sejarah Dan Perkembangan Dunia Kuliner

Wonderfood Museum menampilkan berbagai hal yang berkaitan dengan santapan sehari-hari orang Malaysia. Mulai dari bahan makanan, perkembangan teknologi untuk mengolah makanan tersebut, hingga replikai keda yang menjual aneka bahan makanan. Semua replika makanan yang ditampilkan di museum ini terbuat dari wax atau lilin yang dibentuk dan diwarna sedemian rupa sehingga terlihat sangat nyata seperti aslinya. Jadi, sebelum datang ke sini sebaiknya jangan biarkan perutmu kosong, yakin kuat menahan godaan setelah melihat replika makanan yang nampak lezat?

Menyaksikan Keindahan Pulau Penang Dari Penang Hill

Sedikit bergeser dari George Town, traveler bisa berkunjung ke Penang Hill atau yang terkenal juga dengan nama Bukit Bendera. Bukit ini memiliki ketinggian 700 mdpl, dan menjadi dataran tertinggi di Pulau Penang. Di Penang Hill wisatawan bukan hanya bisa menyaksikan keindahan Pulau Penang, tapi juga bisa berkunjung ke The Owl Museum.

Di dalam museum ini terdapat koleksi berupa pernak-pernik, lukisan, patung, dan segala hal mengenai burung hantu. Saat berada di sini, anda bisa melohat tulisan yang membuat siapapun merasa tidak akan pernah menyesal karena sudah datang ke sini. Tulisan tersebut adalah “ You’ve never been to Penang unless you’ve been to Penang Hill”. Yang sepertinya ada benarnya juga! Habis cantik banget pemandangan Penang dari atas bukit!

Menikmati Deburan Ombak Di Pantai Batu Ferringhi

Begitu sampai di sini, suasana nyaman dan tenang akan langsung terasa dengan hamparan pasirnya yang putih. Selain jalan-jalan di pantai, dan menikmati hembusan serta desiran ombak pantai, wisatawan bisa melakukan aktivitas olahraga air. Seperti banana boat, jet ski, dan parasailing, di sekitar pantai ini juga banyak foodcourt dan hotel yang bisa menjadi alternatif tempat istirahat selain di George Town.

pantai penang

Pemandangan pantai penang yang indah dari hotel saya, Hotel Hompton By The Beach

Entopia, Tempat Untuk Bermain Bersama Kupu-kupu Dan Serangga

Jalan jalan di Penang tidak lengkap tanpa berkunjung ke Entopia yang merupakan tempat pemeliharaan kupu-kupu dan serangga. Sebenarnya, tempat ini sudah ada sejak tahun 1986, lalu diperbaharui dan kembali diresmikan pada tahun 2016. Entopia berada di wilayah Teluk Bahang, yang letaknya diantara George Town dan Pantai Batu Ferringhi.

Tempat ini memiliki dua konsep, yaitu The Natureland dan The Cocoon, dimana The Natureland berkonsep outdoor yang menyatukan aneka ekologi dan koleksi binatang yang ada di sana. Sedangkan The Cocoon memiliki konsep indoor yang dimanfaatkan sebagai sarana edukasi dan tempat perkembangbiakan. Tertarik datang ke Entiopia?

Itu tadi beberapa hal menarik yang bisa dilakukan saat jalan-jalan di Penang. Cek juga artikel di bawah untuk tips tempat asik yang di kunjungi di Malaysia.

Simak juga video Youtube perjalananku di Penang, jangan lupa subscribe ya!