Korea Selatan masih menjadi destinasi wisata terfavorit bagi traveller Indonesia. Lepas dari minat akan musik K-pop maupun berbagai budaya popnya, Korea Selatan merupakan pilihan negara wisata yang aman, indah, dan memiliki banyak fasilitas memudahkan bagi turis mancanegara. Sebagian besar tempat wisata Korea Selatan sangat mudah ditemukan dengan GPS dan informasi lengkapnya di internet. Begitu pula akses transportasi Korea Selatan yang juga sudah berbasis online, khususnya di kota-kota besar. Baik jalan-jalan di Seoul hingga berkunjung ke wisata alam seperti Pulau Jeju, dijamin agenda liburanmu akan terasa nyaman dan sangat mudah memenuhi kebutuhan.

Agar liburanmu semakin maksimal, berikut informasi panduan wisata Korea Selatan terlengkap. Sebelum kamu lanjut baca, simak juga cara apply visa Korea Selatan ini.

Bahasa yang Digunakan di Korea Selatan

Korea Selatan merupakan salah satu negara dengan masyarakat majemuk, asli Korea. Oleh karena itu, bahasa Korea merupakan bahasa resmi yang digunakan oleh seluruh masyarakat, dan berlaku pada papan informasi serta petunjuk arah. Huruf yang digunakan oleh Korea Selatan disebut ‘hangul’ (hangeul), sementara Korea Utara menggunakan ‘choson gul’.

Namun tak perlu khawatir jika tidak bisa berbahasa Korea, beberapa kota besar seperti Seoul juga ramah turis dengan keterangan dalam bahasa Inggris. Terutama untuk tempat umum seperti bandara dan hotel. Banyak tempat wisata Korea Selatan juga telah dilengkapi dengan fasilitas keterangan maupun staff yang bisa bahasa Inggris untuk mempermudah agenda jalan-jalan kamu.

wisata korea selatan hanbok

Mata Uang & Penukaran Uang di Korea Selatan

Mata uang yang berlaku di Korea Selatan adalah won. Sebetulnya bisa saja kamu menukar uang rupiah ke won melalui bank di Indonesia. Namun, ada baiknya tukar seperlunya saja untuk kebutuhan yang esensial. Perlu kamu ketahui, bahwa nilai tukar rupiah ke won akan menghabiskan biaya tambahan lebih. Padahal ketika kamu menukar won ke rupiah, nilai tukarnya akan jatuh lebih murah. Oleh karena itu, disarankan pakai uang won kamu selama di Korea Selatan, jangan sampai tersisa dan harus ditukar ke rupiah lagi. Dengan begitu lebih baik tukar seperlunya saja, bukan?

Atau alternatif lainnya adalah dengan menukar rupiah ke dollar, baru sesampainya di Korea Selatan tukar menjadi won. Sangat penting untuk menukar uang di tempat penukaran resmi untuk menghindari penipuan dan nilai tukar yang rendah.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Pilihan Transportasi di Korea Selatan

1. Subway

Subway merupakan transportasi kereta bawah tanah yang paling banyak digunakan oleh penduduk lokal maupun turis. Untuk mengetahui jadwal dan berbagai informasi seputar Subway di Korea Selatan, kamu bisa men-download aplikasi “Subway Korea”. Subway di Korea Selatan juga memiliki petunjuk dan papan informasi bilingual; Korea dan Inggris. Subway ini bisa kamu temukan di kota Seoul, Busan, Daegu, Daejeon, dan Gwangju.

2. Aneka Jenis Bus di Korea Selatan

Alternatif transportasi umum di Korea Selatan yang bisa kamu gunakan adalah bus kota. Ada beberapa jenis bus yang perlu kamu ketahui; Intra City Bus, Inter City Bus, dan Bus Express. Intra City Bus merupakan bus antar dalam kota saja, biasanya cuma ada di kota-kota besar. Sementara Inter City Bus merupakan bus antar kota. Jika kamu menuju kota yang jauh, Bus Express memiliki kecepatan laju yang cepat agar lebih hemat waktu. Kamu bisa memesan tiket bus secara online maupun mesin bus di stasiun, atau memanfaatkan kartu T-Money untuk pembayaran yang praktis dan lebih hemat.

3. Kereta Express

Untuk pilihan transportasi yang cepat, kamu bisa naik kereta express. Ada dua jenis kereta express di Korea Selatan; Korea Train Express (KTX) dan Intercity Train Express (ITX). KTX dengan kecepatan 300 km/jam bisa menjadi transportasi antar kota yang sangat cepat untuk menuju berbagai tempat wisata Korea Selatan di berbagai kota. Sementara ITX dengan kecepatan 180 km/jam berbagai lokasi dalam kota.

wisata korea selatan

Rekomendasi Tempat Wisata Korea Selatan

1. Istana Gyeongbokgung, Seoul

Selagi berada di Seoul, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Istana Gyeongbokgung. Istana ini merupakan istana terbesar di Korea Selatan, peninggalan Dinasti Joseon. Mengelilingi kompleks istana ini bisa memakan waktu sekitar setengah hari jika kamu menelusuri setiap bagiannya. Biar makin seru, kamu bisa keliling istana dengan mengenakan hanbok yang disewakan! Jadi dapat banyak foto menarik dengan baju tradisional Korea di situs bersejarah paling megah.

hanok-korea selatanjpg

2. Everland Theme Park

Masih di Seoul, kamu bisa berkunjung ke Everland Theme Park, taman hiburan terbesar dan terindah di Korea Selatan. Taman hiburan satu ini mengusung arsitektur ala negeri dongeng kebarat-baratan. Dengan gedung klasik Eropa warna-warni dan taman bunga dengan aneka warna yang mempesona. Lokasi ini bisa menjadi tempat wisata Korea Selatan yang seru sekaligus romantis untuk dikunjungi bersama pasangan.

korea selatan pengalaman

3. Haedong Yonggungsa, Busan

Beralih ke Busan, kota satu ini terkenal dengan pesona pantai dan pemandangan lautnya yang membentang indah. Salah satu spot untuk melihat panorama alam Busan terbaik adalah dengan mengunjungi Haedong Yonggusa, sebuah kuil Buddha yang berdiri di pinggir laut, di atas tebing batu karang yang indah secara alami. Selama berada di Busan, ada banyak tempat wisata Korea Selatan lainnya yang bisa kamu kunjungi seperti Pantai Haeundae, Pantai Gwangalli, dan masih banyak lagi.

4. Pulau Jeju

Pulau Jeju merupakan objek wisata dengan keindahan alam menawan yang sayang jika dilewatkan saat travelling ke Korea Selatan. Pulau ini memang terkenal sebagai objek wisata, ada banyak tempat wisata unik yang bisa kamu kunjungi seperti ALICE into the Rabbit Hole Exhibition dan Teddy Bear Safari Museum. Begitu pula lokasi-lokasi dengan keindahan alam Jeju seperti Seongsan Sunrise Peak, Saryeoni Forest Tail, Camellia Hill, dan masih banyak lagi.

jeju island wisata korea selatan

5. Pulau Nami

Untuk destinasi wisata pulau yang lebih tenang dan alami, Pulau Nami memiliki keindahan yang berbeda pada setiap musim. Pada musim semi, kamu bisa berjalan di antara bunga sakura yang bermekaran. Pulau Nami juga tetap indah pada musim dingin dengan nuansa hutan yang tenang, menampilkan keindahan simetris pohon-pohon berdaun kemerahan yang siap gugur.

Wisata Kuliner Street Food di Korea Selatan

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai makanan khas Korea Selatan pada umumnya. Negara juga terkenal dengan wisata kuliner street food-nya. Daripada bingung karena ada banyak sekali menu jajanan yang dijual, berikut rekomendasi menu street food Korea yang wajib kamu coba.

  1. Tteokbokki: Makanan ini terbuat dari tepung beras dengan tekstur yang kenyal dan lengket. Dihidangkan dengan saus gochujang yang pedas manis, paling enak disantap selagi panas.
  2. Bindaetteok: Sejenis pancake gurih dengan isian kacang mung. Kamu juga bisa mencoba yang diisi dengan potongan seafood atau kimchi.
  3. Hweori Gamja: Siapa yang tak suka jajanan kentang krispi? Jangan lewatkan kesempatan mencicipi kentang tornado dengan bumbu gurih yang terkenal di street food Korea Selatan.
  4. Korean Fried Chicken: KFC, tapi bukan dari Kentucky melainkan Korea. Ayam goreng Korea terkenal memiliki cita rasa lain dibandingkan dengan ayam goreng pada umumnya, wajib dicoba, nih!
  5. Boong Uh Ppang: untuk hidangan manis, Boong Uh Ppang adalah pastry khas Korea dengan bentuk ikan mas, isiannya adalah apple atau mangga.

korean street food

Itu tadi panduan lengkap dan rekomendasi tempat wisata korea selatan yang sayang jika kamu lewatkan. Masih banyak lagi pesona objek wisata dan kuliner Korea Selatan yang bisa kamu temukan. Kira-kira tempat wisata apa dan makanan apa yang akan kamu coba duluan? Selamat berlibur!

Konsultasi Traveling Aja Dulu Olivia