Untuk menikmati bepergian dengan pesawat, tentu ada beberapa peraturan yang harus kamu patuhi. Salah satunya adalah barang bawaan, seperti ukuran koper bagasi dan kabin. Biar tidak lama-lama, langsung saja simak yuk ukuran koper yang tepat untuk kamu bawa dalam perjalanan liburanmu menggunakan jasa transportasi udara.

Ukuran Koper Kabin Yang Diperbolehkan

Saat ini kebanyakan orang lebih memilih bepergian dengan moda transportasi pesawat untuk berkunjung ke destinasi wisata pilihannya. Baik itu rute domestik maupun internasional, pesawat terbukti dapat memberikan kenyamanan dan mempersingkat waktu tempuh.

Saat traveling di pesawat, rasanya lebih nyaman kalau kita membawa satu koper saja untuk diletakkan di dalam kabin. Hal ini untuk mempermudah kita, karena tidak perlu repot-repot menunggu bagasi yang cukup memakan waktu liburan kita yang terbatas. Selain itu banyak pula maskapai penerbangan yang men-charge extra untuk koper.

Selain praktis, koper kabin juga lebih aman karena kita bisa mengawasi barang bawaan kita masing-masing secara langsung. Tidak perlu lagi takut koper hilang atau dibuka paksa seperti beberapa kasus koper yang diletakkan di dalam bagasi.

Yang wajib kamu ingat adalah, barang bawaan yang bisa masuk kabin tidaklah sembarangan. Perhatikan dulu beberapa syaratnya di bawah ini:

  1. Setiap penumpang hanya diizinkan membawa satu koper kecil saja dan satu tas tenteng pribadi seperti tas jinjing, kamera, atau laptop.
  2. Koper memiliki ukuran maksimal 18 inci (45 cm), 19 inci ( 45 cm), dan 20 inci (51 cm).
  3. Koper yang yang dibawa ke dalam kabin tidak boleh memiliki berat total ebih dari 7 kg. Walaupun koper milikmu tidak memiliki berat lebih dari 7 kg, tapi dimensinya di atas 22 inci, tetap saja harus masuk ke bagasi ya.airport travel

Aturan Ukuran Koper Di Kabin Pesawat Yang Wajib Kamu Tahu

Tidak semua barang bisa dibawa masuk ke dalam kabin, misal kamu menggunakan penerbangan dengan pesawat yang memiliki ukuran tidak terlalu besar, maka sudah pasti barang untuk perjalananmu selama beberapa minggu tidak akan bisa dimuat. Selain ukuran koper, dan peraturan barang, masih ada loh peraturan lainnya yang wajib kamu tahu. Apa saja? Simak dulu yuk.

Dilarang Keras Membawa Senjata Tajam

Peraturan pertama ini sepertinya sudah diketahui oleh kebanyakan orang. Membawa senjata tajam pasti dilarang untuk menghindari hal-hal berbahaya yang tidak diinginkan ya guys. Benda tajam tersebut antara lain gunting kuku, pisau, gunting, jarum, silet, pinset, dan tang. Walaupun terlihat sederhana, tapi tetap saja barang-barang tersebut dilarang keras masuk ke dalam kabin pesawat. Jika terpaksa membawa salah satu barang tersebut, kamu bisa menaruhnya di bagasi pesawat ya.

Tidak Membawa Zat Cair Lebih Dari 100ml

Cairan, jel, dan aerosol juga masuk ke dalam salah satu yang dilarang masuk ke dalam kabin pesawat. Bukan dilarang sepenuhnya ya, aturan yang diperbolehkan yaitu tidak lebih dari 100 ml. Jangan menggunakan kemasan yang bertuliskan 100 ml, walaupun isinya kurang dari 100 ml. Karena barang tersebut pasti akan disita karena wadah yang digunakan bertuliskan 100 ml.

Bawa saja cairan kurang dari 100 ml yang dijadikan satu dalam wadah plastik transparan. Setiap penumpang biasanya dibatasi satu kantong plastik dengan volume 1 liter dan dimensi tidak lebih dari 20 x 20 cm.

Kalau kamu tetap ngeyel membawa cairan lebih dari kapasitas yang ditentukan, bersiaplah untuk diminta membuangnya sampai batas maksimal kapasitas tercapai. Tapi masih ada pengecualian kokΒ  untuk perlengkapan bayi dan penderita penyakit tertentu yang harus meminum obat secara teratur.

Jangan Membawa Senjata Api Dan Gas

Penumpang sipil dilarang membawa senjata api dan bahan peledak, apalagi kalau barang tersebut dibawa ke dalam kabin. Senjata api dan gas seperti bahan peledak tentu sangat berbahaya bukan bagi keselamatan para penumpang pesawat? Apa saja benda yang mengandung gas itu? Seperti gas oksigen, cat semprot, aerosol, dan benda lain yang di dalamnya mengandung gas.

Kenapa ya kok dilarang masuk ke dalam kabin pesawat? Ternyata, gas bisa memacu ledakan yang dikarenakan tekanan udara tinggi apabila pesawat sudah dalam perjalanan. Bahaya sekali kan?

travel suitcase

Tips Memilih Koper Kabin Yang Tepat

Memilih koper yang tepat sebenarnya bergantung pada kebutuhanmu, agar lebih jelas, simak dulu yuk tips memilih koper yang tepat di supaya kamu tidak salah pilih.

  1. Material Koper

Umumnya, koper terdiri dari dua jenis material yaitu soft case dan hard case. Koper berjenis soft case biasanya mampu menyerap guncangan lebih baik jika dibandingkan dengan koper hard case. Namun kalau kamu takut koper rusak atau basah, koper berjenis hard case bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memberikan perlindungan optimal.

  1. Jumlah Roda Koper

Jumlah roda pada koper adalah faktor lain yang tak kalah pentingnya dalam pemilihan koper. Koper dengan dua roda biasanya lebih awer dan bisa diandalkan ketika harus digeret pada permukaan yang tidak rata, seperti trotoar. Kekurangannya, koper jenis ini agak menyusahkan kalau kamu harus membawa tas lain.selain itu, ketika menarik koper jenis ini juga akan memberi tekanan pada sendi yang bisa menyebabkan cedera bahu.

  1. Lebih Aman Dengan Gembok TSA

Kalau kamu pernah ke Amerika atau punya rencana liburan ke sana, mungkin sudah tidak asing dengan kata TSA Lock. Gembok TSA dibuat sesuai dengan standar yang ditentukan oleh TSA dan dikeluarkan oleh perusahaan yang khusus bekerjasama dengan TSA. Gembok ini berbeda dengan gembok-gembok lain pada umumnya karena memiliki kunci khusus.

hand-lugage

Penyimpanan Dalam Bagasi Pesawat

Kamu bisa menyimpan barang-barang yang tidak dibutuhkan selama perjalanan di dalam bagasi pesawat. Pengaturan bagasi pesawat ini biasanya ada saat proses check in, dimana setiap penumpang biasanya diberi bagasi gratis 20-30 kg. Kalau barang yang kamu bawa lebih dari 30 kg, maka akan dikenai biaya tambahan yang dihitung per-kg.

Kalau kamu menggunakan penerbangan dari maskapai Singapore Airlines Group, Scoot yang beroperasi ke lebih dari 20 destinasi di Asia dan Australia misalnya, opsi bagasi sudah didaftarkan ke dalam tarif.Β  Untuk fly bag atau flay bag eat dengan kuota seberat 20 kg, ScootBiz menyediakan kuota hingga 30 kg. Tapi, kalau tidak mau membayar lagi, kamu bisa beli kuota bagasi sampai 40 kg secara online di luar bundel tarif. Kalau melampaui kuota, kamu akan dikenai baya tambahan yang dihitung setiap kg. Scoot adalah maskapai favorit saya traveling dari Singapura ke Eropa (karena harganya murah!

Meletakkan barang di bagasi pesawat ini tentu memberi banyak keuntungan, tapi tetap saja kamu harus ekstra waspada. Karena meskipun dibilang aman, tidak sedikit loh penumpang yang pernah kehilangan barang di bagasi pesawat. Karena itulah, hindari meninggalkan barang berharga di dalam tas yang dimasukkan ke dalam bagasi, karena petugas maskapai tidak akan bertanggung jawab jika ada kasus kehilangan atau kerusakan.

Sebelum kamu berangkat liburan atau bepergian ke luar negeri menggunakan jasa penerbangan, pastikan barang-barang yang akan dibawa sudah dipisahkan sesuai dengan tempatnya.

Jangan sampai kamu kebingungan mana yang akan kamu bawa ke kabin dan mana yang akan disimpan ke dalam bagasi. So, sudah punya tujuan destinasi yang akan dituju? Atau kamu punya trik dan tips untuk menghemat ruang penyimpanan dalam koper? Komen di kolom kementar yuk.

Jangan lupa cek juga tips travelingku yang lain ya!

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba