Kondisi finansial kadang membuat rencana liburan seringkali tertunda. Apalagi kalau kita kerja di Indonesia dengan gaji rupiah. Waktu traveling ke luar negeri, nilai tukar rupiah kita gak ada apa-apanya sama harga-harga barang di luar negeri. Makanya kita harus pintar untuk siasati cara  untuk bisa mewujudkan liburan impian keliling Asia bahkan Eropa. Gimana sih caranya traeling murah ke luar negeri? Simak tips dan trik traveling murah ke luar negeri  yang sudah ku praktekkan di bawah ini.

Traveling Murah Luar Negeri Saat Musim Dingin             

Kalau kamu memilih negara dengan empat musim sebagai destinasi liburan, maka waktu terbaik untuk berangkat adalah ketika musim dingin. Kenapa? Karena biasanya harga tiket pesawat hingga penginapan sangat murah. Jadi kamu bisa menghemat pengeluaran lebih banyak dibanding liburan ketika musim panas. Biasanya musim dingin berlangsung selama 2 sampai 3 bulan, jika kamu ingin merasakan dinginnya musim salju dan merasakan salju itu sendiri, datanglah ketika puncak musim dingin yang biasanya berlangsung di bulan ke dua.

Traveling Musim Dingin, Wajib bawa banyak baju!

Traveling Musim Dingin, Wajib bawa banyak baju!

Tukarkan Poin Dengan Promo Menarik

Kamu punya kartu kredit? Kalau iya, rajin-rajinlah mengumpulkan poin kartu kredit. Karena poin yang sudah terkumpul bisa ditukarkan dengan berbagai promo menarik, termasuk promo potongan tiket pesawat. Selain promo tiket pesawat, kamu juga bisa mendapat potongan harga penginapan dan tempat makan selama berada di negara yang dikunjungi. Dengan begitu, kamu bisa memangkas pengeluaran liburan menjadi lebih kecil.

Pemandangan Irlandia

Ajak Teman Untuk Traveling Bersama

Dengan mengajak teman berlibur bersama, ternyata bisa loh meminimalkan pengeluaran. Semakin banyak teman yang kamu ajak untuk traveling bersama, semakin kecil pula pengeluaran yang kamu butuhkan. Contohnya kamu bisa sharing kamar penginapan dan membayarnya secara patungan. Tidak punya teman atau keluarga yang mau diajak liburan bersama? Kamu bisa kok gabung ke komunitas backpacker. Selain bisa serua-seruan bareng, kamu bisa mendapat teman baru dan memperluas jaringan pertemanan di kalangan traveller.

Berburu Fasilitas Gratis     

Kalau ingin liburan murah (ke luar negeri) jangan malu untuk berburu fasilitas gratis. Contohnya memanfaatkan fasilitas air gratis atau Wi-fi gratis.

Kalau aku sering mencari fasilitas gratis Wi-fi di McDonalds atau di cafe/restoran sewaktu lagi makan. Pada saat jalan-jalan keluar negeri, aku lebih suka kalau bisa observasi dan berbicara dengan warga sekitar sehingga aku meminimalisir penggunaan internet.

Ada kalanya aku bahkan tidak beli kartu SIM sama sekali ketika di luar negeri. Selain hemat aku jadi bisa melatih skill ku untuk berkomunikasi dengan orang lain yang aku ketemu di jalan dan melatih cara membaca map secara manual (tidak mengandalkan Google Maps)

Untuk air putih, banyak negara-negara di Eropa, Amerika dan Australia yang menyediakan fasilitas publik, water fountain. Jadi aku usahakan bahwa botol minuman sendiri ketika traveling dan isi di water foundation. Selain hemat duit juga ramah lingkungan karena mengurangi konsumsi plastik sekali pakai.

Water Foundation Europe

Water Foundationnya bukan kayak yang di belakangku ya teman-teman! Biasanya kecil kayak di ariport 🙂

Dengan memanfaatkan fasilitas gratis tersebut, pengeluaranmu selama liburan di luar negeri akan berkurang hingga 20% loh.

Tetapkan Budget Selama Di Luar Negeri

Sebelum berangkat ke negara tujuan, tetapkan dulu budget per hari yang akan kamu habiskan di sana. Apakah itu Rp 200.000 per hari atau lebih, karena dengan menetapkan budget seperti itu kamu dapat memiliki gambaran kasar mengenai besar kecilnya pengeluaran selama liburanmu. Apabila negara tujuanmu termasuk memiliki biaya hidup yang tinggi, sebaiknya kamu perlu berhemat. Salah satunya dengan dengan menggunakan angkutan publik.

Traveling Murah Luar Negeri dengan Berkunjung Ke Negara Tertentu

Kalau kamu ingin travelingmurah ke luar negeri ada baiknya untuk melihat dulu daftar negara dengan biaya murah berikut ini.

  1. Laos

Negara Laos menawarkan biaya hidup yang lebih rendah jika dibandingkan dengan negara di Asia Tengga lainnya. Negara ini non-mainstream banget karena negara tetangganya yakni Bangkok dan Vietnam yang bisasa lebih di incar untuk dijelajahi. Namun begitu, Laos sebenarnya menyajikan keindahan alam yang gak kalah indah lho!

  1. India

Salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia ini menawarkan biaya hidup yang ramah dikantong. Dengan biaya yang bisa dikatakan tidka terlalu mahal tersebut, kamu bisa menyaksikan beragam pesona, seperti Taj Mahl hingga Benteng Agra yang megah.

  1. Irlandia

Ingin taveling ke negara Eropa? Yuk ke Irlandia! Berbeda dengan negara Eropa pada umumnya, kamu bisa traveling ke Irlandia tanpa bayar visa lho alias gratis. Asalkan  ketentuan visanya di lengkapi terlebih dahulu online dan dokumen yang dibutuhkan di kirimkan ke kedutaannya di Jakarta.

Meskipun begitu, akomodasi dan makan di Irlandia bisa mahal juga lho, kamu harus pintar mensiasatinya.

Sudah siap liburan? buat listnya dulu yuk! Mulai dari budget hingga penginapan dan tempat wisata yang dituju. Hal tersebut perlu dilakukan untuk membuat liburan impianmu bukan saja terwujud tapi juga berkesan.

Punya tips dan trik traveling murah ke luar negeri? Share di komen yuk.