Tampil cantik, segar, dan sehat selalu menjadi prioritas perempuan dalam berbagai situasi. Agar kondisi kulit tetap terjaga keindahannya, rutinitas skincare tidak boleh putus meski sedang di tengah agenda travelling. Salah-salah kamu bisa mengalami masalah kulit sepulangnya travelling. Bukannya siap kembali bekerja setelah liburan, yang ada kamu direpotkan dengan usaha memperbaiki kulit pasca perjalanan. Oleh karena itu, travel skincare perlu kamu persiapkan dengan baik.

Mungkin kamu masih berpikir, hal terburuk apa yang mungkin terjadi hanya karena bolos skincare selama 3 hingga seminggu? Berikut berbagai masalah kulit yang mungkin muncul saat kamu sedang traveling.

travel skincare

Masalah Kulit yang Kerap Muncul di Saat Traveling dan Penyebabnya

1. Kulit Berminyak

Kulit berminyak bermula dari membukanya pori-pori kulit wajah. Pori-pori yang membuka disebabkan oleh faktor iklim, liburan di lokasi tropis seringkali menyebabkan kulit menghasilkan minyak lebih cepat. Agar kulit wajah lebih kesat dan tidak cepat berminyak, kulit wajah harus terjaga kesegaran dan kelembaban (jangan terlalu lembab). Travel skincare seperti facial wash, toner, dan moisturizer water-based bisa mengatasi masalah kulit satu ini

2. Kulit Kering

Jika kulit berminyak adalah momok saat liburan di daerah tropis, masalah kulit kering biasanya dialami ketika kamu liburan ke daerah dingin. Kulit kering pastinya membuat kamu tidak nyaman dan mudah menimbulkan guratan yang merusak penampilan. Kalau masalah ini cukup simple mengatasinya, kamu perlu rajin menggunakan moisturizer cream, sekalian lip balm untuk menghindari bibir yang ikutan kering. Moisturizer cream (tanpa manfaat extra seperti anti aging) aman digunakan beberapa dalam sehari jika kamu berada di daerah yang sangat dingin.

3. Kulit Gelap dan Kusam

Kulit gelap dan kusam identik dengan masalah ketika kamu liburan ke pantai atau daerah tropis. Namun jangan salah, singgah di daerah dingin juga bisa menyebabkan kulit gelap dan kusam lebih cepat, lho! Hal tersebut bisa terjadi ketika iklim dingin namun masih ada sinar matahari yang cukup terang. Meski telah menggunakan outwear menutupi seluruh bagian tubuh, wajah kamu menjadi satu-satu kulit yang terpapar sinar matahari berpadu dengan udara dingin. Kulit wajah akan terlihat kusam dan gosong jika tidak dirawat dengan baik. Menggunakan krim pelembab dan sunblock bisa menghindari masalah kulit satu ini.

4. Muncul Jerawat

Jalan-jalan seharian keliling objek wisata bisa bikin capek sesampainya kembali ke penginapan. Tapi hal tersebut tidak bisa jadi alasan malas membersihkan makeup! Kebiasaan ini bisa menimbulkan jerawat, apalagi setelah keluar seharian, wajah kamu juga pasti sudah terpapar debu yang harus dibersihkan. Bersihkan makeup secara maksimal dengan micellar water, kemudian cuci muka sekalian mandi. Baru deh, kamu bisa istirahat dengan lebih nyaman.

5. Kulit Mengelupas

Kulit mengelupas termasuk salah satu masalah yang jarang dialami, namun bisa terjadi ketika kamu sedang beradaptasi dengan iklim tertentu. Misalnya ketika kamu dari kota kemudian berlibur ke daerah pegunungan yang dingin, atau kamu baru sampai di luar negeri. Kemudian adaptasi dengan jenis air yang berbeda dari rumah, biasanya hal ini bisa menimbulkan kulit mati tipis mengelupas. Meski tidak sakit, tetap saja mengganggu penampilan. Tak perlu panik, kamu bisa oleskan cream pelembab dengan rajin dan bertahap, nanti juga kulit akan kembali normal.

jalan jalan Brazil

Sehabis berkegiatan di luar wajib banget untuk bersihkan muka dengan perawatan yang tepat.

Produk Travel Skincare dan Tips Urutan Perawatan Kulit Wajah

Yakinlah bahwa skincare lebih penting dari makeup! Jika kulit wajah naturalmu bersih, cerah, dan bebas jerawat, kamu akan selalu tampil cantik tanpa makeup tebal. Agenda jalan-jalan dan menelusuri spot wisata outdoor juga lebih nyaman dilakukan dengan pakaian casual dan wajah natural. Kamu jadi lebih leluasa menyeka wajah kapanpun tanpa takut maskara belepotan. Berikut aneka produk skincare wajib kamu bawa untuk menjaga kecantikan kulit wajah selama traveling.

1. Micellar Water

Micellar water memiliki fungsi untuk membersihkan wajah dari partikel debu, minyak, dan makeup. Gunakan micellar water untuk membersihkan wajah sebelum mencuci wajah dengan sabun. Kamu bisa membeli micellar water dengan formula khusus, mulai yang khusus untuk kulit berminyak atau kulit wajah kering.

2. Facial Foam/ Facial Scrub

Setelah membersihkan wajah dengan micellar water, cuci muka dengan facial foam atau facial scrub. Perbedaan antara facial foam dan facial foam adalah kemampuan membersihkannya. Facial scrub lebih maksimal untuk deep clean, idealnya digunakan sekali dalam seminggu. Sementara facial foam memiliki tekstur yang lebih ringan dan ideal untuk digunakan setiap hari.

3. Travel Skincare Toner

Masih banyak yang berpikir toner dan micellar water merupakan skincare dengan fungsi yang sama. Padahal toner yang benar diaplikasikan ke wajah setelah mencuci muka dalam keadaan paling bersih. Toner membuat kulit wajah jadi lebih segar dan kesat.

Traveling di chefchaouen maroko

4. Moisturizer Cream

Setelah toner, baru kamu bisa aplikasikan moisturizer cream atau pelembab. Pelembab wajib dioleskan ke wajah agar kulit terasa lembut dan cerah, kamu bisa membeli pelembab dengan formula khusus meronakan wajah. Dengan begini, pake pelembab dan lip balm saja kamu sudah bisa terlihat segar.

5. Sunblock Cream

Sunblock cream pastinya gak boleh terlupakan dari daftar travel skincare kamu. Untuk keperluan tabir surya saat berlibur di pantai atau daerah tropis yang terik, kamu membutuhkan sunblock SPF 50. Sementara sunblock SPF 25 sudah cukup melindungi kamu dari paparan sinar matahari di daerah iklim sedang dan dingin.

6. Sheet Mask

Maintenance nutrisi pada kulit wajah kamu dengan siap sedia sheet mask. Sheet mask merupakan produk masker perawatan yang gak ribet untuk dibawa travelling. Kemasannya praktis, mudah diaplikasikan ke wajah, dan langsung dibuang setelah digunakan. Kamu cukup membawa satu atau dua sheet mask, tergantung berapa lama durasi liburanmu.

Rekomendasiku untuk travel skincare aman adalah produk Vmale Skincare yang formulanya sudah disesuaikan untuk kulit Asia dan paling cocok untuk perempuan usia 15-55 tahun. Bahan Vmale Skincare sudah teruji di lab dan bersertifikat BPOM dan Halal, jadi kamu gak perlu kwatir soal kandungannya.

Vmale Travel Skincare

Kalau kamu punya kulit sensitive atau berminyak, jangan kwatir karena produk Vmale Skincare bisa menyesuaikan dengan jenis kulitmu. Rangkaian produk Vmale Skincare juga lengkap lho mulai dari cream pagi, cream malam, toner dan serum yang memang cocok di pakai bersamaan.

Tips Packing Travel Skincare Praktis dan Aman

Nah sebelum traveling, ada baiknya kamu ikuti tips traveling dengan skincareku berikut supaya rangkaian Vmale Skincare mu tetap tersimpan dengan baik selama di jalan.

1. Manfaatkan Ziplock Bag untuk Menjaga Kondisi Produk Travel Skincare

Pisahkan skincare basah dengan yang kering. Produk seperti facial wash satukan dengan shampo, sabun, sheet mask, dan perlengkapan sikat gigi pada satu ziplock bag. Begitu pula dengan produk skincare seperti krim pelembab, toner, micellar water, sunblock cream. Pisahkan juga dari produk makeup kamu. Ketiga jenis bawaan ini harus di packing secara terpisah agar tidak merusak satu sama lain karena masing-masing memiliki material dengan kelembaban berbeda.

2. Bawa Skincare Secukupnya dengan Wadah Khusus Travel Skincare

Kamu pasti familiar dengan satu set wadah khusus menyimpan skincare saat travelling. Biasanya terdiri dari botol mini dan wadah jenis jar kecil berbahan plastik yang aman. Dengan begini skincare kamu lebih hemat tempat.

3. Bawa Travel Skincare Esensial Saja untuk Menjaga Kestabilan Kulit

Untuk travelling, kamu mungkin bisa absen dulu dari berbagai produk deep skincare routine seperti; serum, night cream, day cream, dan berbagai produk kecantikan lainnya yang bisa memakan banyak tempat. Yang penting adalah bagaimana menjaga kulit tetap bersih dan stabil tanpa masalah tertentu.

Itu tadi berbagai informasi seputar tips dan produk skincare yang kamu butuhkan selama travelling. Tetap cantik selama berlibur ya!