Bepergian keliling dunia tentu jadi impian setiap orang terutama mereka yang hobi traveling. Nah, sebagai seorang traveler kamu tentu mesti tahu trik berburu tiket pesawat murah jika ingin mengunjungi suatu destinasi terutama ke negara lain. Sebenarnya ada banyak trik untuk mendapatkan tiket pesawat murah mulai dari menggunakan aplikasi tertentu, pemilihan maskapai hingga penentuan waktu perjalanan yang tepat.

Ini 5 tips utama dari saya yang diambil dari pengalaman sendiri setelah mengarungi 50 negara lebih untuk bisa dapatkan tiket pesawat murah ke luar negeri! Favorit pribadi saya no.3!

1. Gunakan Webiste dan Aplikasi Pencari Tiket Pesawat Murah

Saat ini sebenarnya kamu tak perlu pusing-pusing mengecek harga tiket dan promo tiket pesawat murah karena kamu bisa langsung mengeceknya di berbagai tiket pemesanan tiket seperti Skyscanner, Kayak dan Momondo. Selain website tersebut, beberapa aplikasi mobile juga bisa dimanfaatkan jika kamu ingin menemukan tiket pesawat dengan mudah seperti Hoopers dan Cheapflights.

2. Pilih Maskapai Penerbangan Sesuai Wilayah

Di dalam aplikasi dan website pencarian tiket, kamu bisa menemukan banyak maskapai penerbangan yang menawarkan tiket dengan beragam harga. Kamu bisa memilih maskapai sesuai dengan area atau wilayah yang akan dikunjungi misalnya jika traveling ke negara Asia, kamu bisa gunakan AirAsia yang terkenal murah dan menawarkan berbagai promo menarik.

Jika kamu akan berencana berkunjung ke Australia, kamu bisa pilih Jetstar atau Tiger Air sementara di Eropa beberapa maskapai yang menawarkan harga murah diantaranya adalah Ryan Airline, Wizzair dan Easy Jet.

tiket pesawat murah

3. Pilih Maskapai dengan Fasilitas City Tour

Berbeda jika kamu ingin bepergian ke negara antar benua seperti Eropa kamu bisa memilih dua maskapai seperti Turkish Airline atau Qatar Airline. Dua maskapai ini bisa jadi pilihan karena fasilitas City Tour gratis. Turkish Airline memberikan City Tour gratis saat transit selama 12 jam di Turki sedangkan Qatar Airlines juga menawarkan keliling kota Doha gratis saat transit selama 5 jam. Jangan khawatir soal Visa karena di kedua Negara tersebut kamu bisa menggunakan Visa VoA.

Kalau kamu berencana menggunakan rute Australia – Amerika Serikat, kamu bisa gunakan Hawaiian Airlines yang pastinya akan singgah di Hawaii saat transit. Sementara untuk rute Australia – Asia beberapa maskapai yang bisa jadi pilihan antara lain AirAsia, ScottAirlines ataupun Garuda dan Qantas yang juga dibanderol dengan harga murah jika sedang mengadakan promo.

4. Jadi Member Suatu Maskapai atau Aliansi

Selain memilih maskapai yang memberikan promo dan harga murah, kamu juga bisa mendapatkan tiket dengan harga miring dengan menjadi member dan mendapatkan kartu Frequent Flyer Program dari suatu maskapai. Biasanya suatu maskapai punya loyalty program untuk pelanggan setianya. Berbagai keuntungan bisa kita dapatkan dengan menjadi member suatu maskapai misalnya dengan mengumpulkan poin dari setiap pemesanan tiket.

Poin yang dikumpulkan bisa ditukarkan dengan tiket gratis atau upgrade ke kelas bisnis tergantung level loyalty program dari masing-masing maskapai. Jangan lupa untuk menunjukkan nomor Frequent Flyer saat memesan tiket atau saat akan check in pada maskapai dimana kamu menjadi member atau pada maskapai lainnya yang masih satu aliansi dengan maskapai tersebut.

Perlu kamu ketahui bahwa saat ini ada tiga aliansi maskapai penerbangan di dunia yakni Star Alliance, SKYTEAM, dan One World. Salah satu maskapai Indonesia, Garuda tergabung dalam aliansi Skytema, sehingga Frequent Flyer Program dari Garuda juga bisa kita manfaatkan pada maskapai di aliansi yang sama seperti KLM, Royal Dutch Airline. Intinya, untuk mendapatkan loyalty program kamu tidak harus menjadi member setiap maskapai. Cek daftar maskapai dalam satu aliansi jika kamu ingin mendapatkan keuntungan ini ya!

5. Pilih Waktu yang Tepat untuk Traveling

Ini hal penting lainnya yang mesti kamu pertimbangkan saat akan membeli tiket pesawat, yakni memilih season atau waktu yang tepat. Untuk mendapatkan tiket yang murah, kamu bisa memilih waktu-waktu saat Low Season dan menghindari High Season dimana harga tiket pesawat bisa naik hingga dua kali lipat.

Beberapa benua punya waktu High Season yang berbeda misalnya Eropa yang ramai saat musim Panas atau sekitar bulan Juni-Agustus. Musim panas adalah musim liburan di Eropa sehingga banyak wisatawan berkunjung. Tak hanya musim panas, akhir tahun dan hari besar juga masuk kategori High Season di berbagai negara. Kalau ingin mendapatkan tiket pesawat murah, kamu bisa mencari penerbangan yang dilakukan saat weekdays atau saat Low Season yakni di bulan Februari hingga Mei dan September hingga November.

Traveling memang butuh pengetahuan dan kalau kamu jeli, kamu bisa menerapkan berbagai trik mendapatkan tiket pesawat murah.

Terkahir, jangan lupa untuk mengundug aplikasi free guide seperti Pocket Guide, Trip Advisor atau City Maps2Go di smartphone untuk membantumu menemukan tempat wisata yang menarik dan menjadi unggulan di negara tersebut selama traveling.

Untuk tips menghemat uang saat traveling, kamu bisa baca artikel ini.