Siapa yang gak demen di perlakukan ekstra VIP dengan duduk di kelas bisnis? Saya mah doyan. Pertama kali saya naik pesawat kelas bisnis waktu penerbangan singkat dari Canberra ke Melbourne dan harganya? Gratis!

Gimana caranya coba traveling kelas bisnis gratis?

Banyak yang menyarankan berbagai macam metode mulai dari berpakaian rapi supaya di upgrade dari kelas ekonomi ke kelas bisnis, berpelaku sopan kepada counter check in-nya supaya mereka โ€˜softโ€™ dan mau upgrade sampai check in paling terakhir karena siapa tau pesawatnya overbooked jadi kamu di oper ke kelas bisnis.

Pengalaman saya traveling ke luar negeri selama 11 tahun dan ribuan pesawat yang dinaiki, belum pernah sekalipun saya dapatkan upgradate gratis kelas bisnis melalui metode tersebut gak peduli seberapa lebar senyum saya dan seberapa ramah saya ke petugas check in nya.

Lounge Kelas Bisnis Australia

Lounge Kelas Bisnis di Canberra

Bergabung dalam program loyalitas pelanggan maskapai

Ini adalah cara ampuh saya untuk mendapatkan penerbangan gratis! Di tahun 2017 sewaktu saya masih tinggal di Australia, tepatnya di Canberra. Saya rencana mau kunjungi Melbourne untuk merayakanan Valentine dengan pacar (yang sekarang udah jadi mantan) sekaligus ketemu calon mertua.

Disini kita gak ngebahas cerita cinta saya yang kandas (karena saya tidak peduli lagi dan sudah ketemu yang baru juga gak lama sesudah putus hahahaa), tapi lebih fokus ke penerbangannya.

Cara paling murah traveling dari ibukota Australia, Canberra ke Melbourne adalah via bus. Tapi perjalanan 8 jam! Saya yang suka motion sickness ini ogah dong traveling selama itu.

Akhirnya saya cari alternatif penerbangan. Dan karena saya terbangnya besoknya kebayanyakan penerbangan udah mahal, diatas 100 AUD. Yaiyalah.. last minute.

Tapi saya yang hopeless romantic ini udah niat banget buat surprice si mantan dengan datang ke kotanya.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Saya teringat bahwa saya punya banyak miles dari penerbangan Virgin Airlines saya. Bahkan membersip saya langsung silver gak pakai tahap Bronze. Karena saya sempat menghadiri kompetisi mewakili kampus saya ke Beijing. Jadi saya sempat naik Virgin Airlines Canberra-Sydney-Beijing PP yang hasilnya saya dapat banyak miles (penerbangannya sih disponsori kampus karena kita mewakili nama kampus).

Setelah utak atik website ternyata saya bisa dong terbang ke Melbourne besoknya. Danโ€ฆ pakai kelas bisnis segala! Saya cuma perlu bayar airport tax yang gak seberapa! Cuma AUD 4.16 (sekitar Rp.40 ribu perak).

Pesawat kelas bisnis

Nih cuma bayar ekstra 4 dollar Aussie doang

Perlakuan Extra di Pesawat Kelas Bisnis

Begitu sampai di airport check in, saya di persilahkan untuk ke lounge area. Di lounge area kita bisa ambil makanan apa aja, minuman apa aja, unlimited! Gak mau rugi, saya minum champagne rose.

Begitu udah boarding, saya di persilahkan untuk naik pesawat duluan, kursi saya di buat 1A dan pramugarinya attentive banget ke saya. Extra lah pokoknya.

tiket pesawat kelas bisnis

Tiket pesawat kelas bisnis no 1A

Ditanya saya mau makan apa. Padahal yang ekonomi gak di kasi pilihan makanan kayak saya, cuma snack doang. Saya pilih menu lasanga. Setelahnya pramugarinya tanya, apakah saya mau chips juga? Saya bilang gak usah. Doi terus nawarin untuk di bawa aja turun pesawat kalau lapar. Berasa eksklusif BGT. Padahal waktu itu statusnya masih mahasiswa S2 doang! Hahaha

Biar agak keren, saya juga ikutan sibuk baca buku kayak penumpang bisnis lainnya biar kelihatan intelligent. Hahaha

Lounge Canberra Airport

Suasana Airport Canberra

Total penerbangan adalah 1 jam 10 menit tapi cukup merasa saya di perlakukan extra VIP. Selain itu di penerbangan itu hanya ada 4 tamu bisnis jadi full attention dong ke saya dan tiga tamu lainnya.

Pengumpulan miles juga saya kerap gunakan untuk mendapatkan penerbangan gratis yang akan saya bahas di tulisan berikutnya. Jangan lupa subscribe ya.

Cek juga pengalaman saya kuliah di Australia selama 3 tahun!

Klook.com