Di era globalisasi seperti sekarang, banyak orang melakukan transaksi internasional termasuk mengirim uang ke luar negeri. Beberapa alasan kirim uang ke luar negeri diantaranya adalah mengirim uang untuk keluarga, membeli barang dari negara lain, membayar biaya kuliah atau sekolah, membayar gaji karyawan remote dan lainnya. Kalau kamu sedang mencari cara yang tepat untuk kirim uang ke luar negeri, kamu bisa cek beberapa opsi pengiriman uang secara internasional yang sudah coba ini!

1. Western Union

Western Union adalah salah satu agen pengiriman uang ke Luar Negeri yang paling mudah ditemukan di Indonesia karena biasanya berlokasi di kantor pos terdekat. Berikut adalah informasi yang bisa kamu ketahui tentang Western Union.

Biaya: Bervariasi. Biaya untuk transfer hingga $1.000 bisa di bawah $5 (atau lebih, bergantung pada sumber pendanaan dan metode pengiriman), tetapi markup tarif Western Union berkisar dari kurang dari 1% hingga lebih dari 13%, bergantung pada tujuan.

Kecepatan: Pengiriman pada hari yang sama dimungkinkan ketika kamu memiliki transfer yang dikirim ke lokasi pengambilan tunai dan menggunakan kartu debit atau kredit (atau membayar tunai secara langsung), meskipun kamu membayar lebih untuk pengiriman yang lebih cepat. 

Batas dan opsi transfer: Situs web Western Union memvariasikan batas transfernya menurut negara, seperti.Rp.10.000.000,00 hingga Rp.60.000.000,00 equivalent valuta asing. Sebagai salah satu penyedia transfer terbesar di dunia, keunggulan utama Western Union adalah jaringannya, terutama untuk pengiriman tunai secara langsung dan menyediakan opsi pengiriman pengambilan tunai.

Pengalaman pelanggan: Untungnya Western Union ada servis telepon dan obrolan langsung yang tersedia 24/7, tetapi situs web tidak memudahkan untuk membandingkan nilai tukar dan FAQ tidak mudah ditemukan.

Waktu aku terjebak di Argentina selama 5 bulan awal awal pandemi, aku setiap minggu harus kirim uang dari Western Union. Karena rate Western Union paling bagus! Selain itu aku juga sempat di transfer dana via Western Union waktu kumpulkan donasi sumbangan buku Traveling Aja Dulu ke pelosok Indonesia.

Cara kirim uang lewat Western Union:

  1. Cari lokasi agen di dekat lokasimu .
  2. Lengkapi formulir kirim uang.
  3. Berikan agen formulir yang sudah dilengkapi dengan dana yang berlaku (termasuk biaya transaksi) secara tunai.
  4. Setelah itu kamu akan mendapat nomor transaksi yang kemudian bisa kamu berikan pada pihak yang akan menerimanya.

2. Paypal

PayPal adalah salah satu cara paling populer untuk mengirim uang ke teman, keluarga, dan vendor, melalui aplikasi seluler atau situs webnya. Kalau kamu ingin mengirim uang ke teman atau anggota keluarga yang berada di luar negeri, kamu tidak perlu membayar banyak biaya. Kamu hanya butuh alamat email, nomor telepon, atau nama pengguna PayPal penerima,  dan rekening bank atau kartu kredit atau debit yang terhubung.

Biaya: Paypal adalah salah satu platform kirim uang ke luar negeri dengan biaya yang murah. Adapun biaya yang diperlukan untuk mengirim uang ke luar negeri dengan rekening PayPal atau bank adalah 4,99 dollar AS. Sementara jika menggunakan metode pembayaran dengan kartu kredit atau kartu debit adalah 4,99 dollar AS + 3.4 persen + 0,30 dollar AS

Kecepatan: Transfer PayPal standar membutuhkan waktu sekitar 1-3 hari untuk sampai ke rekening bank. Namun, jika kamu memiliki saldo PayPal, kamu dapat melakukan transfer instan untuk memindahkan uang ke bank atau kartu debit hanya dengan waktu 30 menit dengan biaya tambahan.

Batas dan opsi transfer: Kalau kamu memiliki akun PayPal baru yang belum diverifikasi, jumlah uang yang dapat kamu kirim atau terima akan tergantung pada seberapa banyak pengaturan PayPal yang sudah diselesaikan. Sementara akun terverifikasi tidak memiliki batasan total jumlah yang bisa kamu kirim hingga $ 60.000 pada waktu tertentu, meskipun mungkin dibatasi hingga $ 10.000 per transaksi. 

Pengalaman pelanggan: Tersedia layanan chat dan email untuk bantuan pelanggan. Pengguna juga bisa mengetahui rate mata uang yang digunakan untuk mentransfer dan berapa yang akan didapat oleh penerima.

Cara kirim uang ke luar negeri dengan Paypal :

  1. Pilih penerima. Masukkan nama penerima, nama pengguna PayPal, email, atau nomor ponsel Anda.
  2. Masukkan jumlah yang ingin kamu kirim dan pilih mata uang. Kamu bahkan dapat menambahkan catatan yang dipersonalisasi.
  3. Pergi. Pilih “Kirim” dan segera pembayaran kamu sedang dikirim.
kirim uang ke amerika

sejak tinggal di Kosta Rica bulan Desember 2022 sering banget kirim uang ke luar negeri!

3. Transfer dengan Bank

Saat ini mengirim uang ke luar negeri juga bisa dilakukan dengan transfer dengan bank. Bank bisa menjadi pilihan untuk kirim uang ke luar negeri, khususnya untuk kamu yang ingin mengirim uang dalam mata uang dolar Amerika Serikat (USD) ke berbagai negara. Lewat layanan remittance atau wire transfer, nasabah dapat mengirim uang ke rekening lain di luar negeri. 

Biaya:  Biaya yang dikenakan oleh bank tergantung dengan nominal uang yang dikirim ke luar negeri.namun rata-rata biaya Swift atau transfer yang dikenakan untuk jumlah minimal adalah Rp 25.000.

Kecepatan: Kecepatan pengiriman tentu akan bergantung pada proses yang diperlukan di negara tujuan, serta bank yang dipilih. Proses bisa memakan waktu hingga tiga hari kerja.

Batas dan opsi transfer: Untuk nilai maksimum dari jasa pengiriman uang yang ditetapkan tiap negara berbeda-beda, di Indonesia sendiri batas transaksi pengiriman uang valuta asing termasuk di bank setara dengan Rp. 100.000.000 per bulan per nasabah. Transfer biasanya dilakukan dengan metode remittance atau mengirim uang dengan valuta asing atau wire transfer yakni metode pengiriman uang antar bank yang terjadi antara satu negara dengan negara lainnya. 

Pengalaman pelanggan: Saya sendiri tidak pernah mengirimkan dana ke luar negeri via Bank. Namun pada saat di luar negeri saya  suka pakai kartu ATM Debit Bank BTPN Jenius karena dana saya bisa di buat di berbagai mata uang mulai dari USD/Euro/AUD/Singapore Dollar hingga Yen.

Diskon/Referal Code: Masukkan kode referal $odianina pada saat download aplikasi Jenius untuk bonus dana Rp.25.000 ribu.

Cara kirim uang ke luar negeri lewat transfer bank

Jika ingin kirim uang ke luar negeri melalui transfer bank, kamu bisa langsung mendatangi bank pilihan dan mengisi formulir yang diperlukan. Setelah formulir ini diberikan kepada petugas, transaksi akan langsung diproses selama beberapa hari.

Uang Armenia

Unsplash

4. Flip 

Flip Globe adalah fitur dalam aplikasi Flip untuk mengirim uang ke luar negeri. Pengiriman uang ke luar negeri menggunakan Flip relatif mudah karena bisa dilakukan melalui aplikasi. Kamu tidak perlu khawatir untuk mentransfer uang ke luar negeri menggunakan Flip karena lebih murah dan hemat dibandingkan yang lain.

Biaya: Saat ini, Flip Globe melayani pengiriman uang ke 55 negara, termasuk Korea Selatan, Inggris, Jepang, dan Turki. Biaya yang ditampilkan selama transaksi hanyalah biaya yang dibebankan oleh Flip, dan tidak ada biaya teleks, biaya, korespondensi bank, dan lainnya. Kamu dapat mengecek status transaksi secara real-time melalui aplikasi Flip atau update melalui email. Biaya transfer berkisar antara RP 50.000 hingga Rp 170.000 terhantung negara tujuan transfer.

Kecepatan: Lama proses dan biaya transfer ke setiap negara berbeda-beda. Info terkait keduanya dapat dilihat di menu Flip Globe di aplikasi Flip. Transaksi bisa berlangsung Real Time atau hingga H+3 tergantung negara yang dituju.

Batas dan opsi transfer: Nominal minimal transaksi adalah 1 (sesuai mata uang masing-masing negara), kecuali Korea Selatan (minimal 30.000 KRW) dan Filipina (minimal 50 PHP). Nominal maksimal transaksi adalah Rp 99.000.000 untuk semua negara.

Batasan nominal dapat dilihat  dengan mengklik simbol “i” di samping menu NOMINAL YANG DITERIMA TUJUAN pada saat membuat transaksi, Flip Globe melayani pengiriman uang dengan tujuan rekening perseorangan atau rekening perusahaan. Tujuan rekening perusahaan/badan usaha sudah tersedia di beberapa negara. Kamu bisa mentransfer uangmelalui rekening Bank ke Flip, kartu kredit atau debit dan lainnya. 

Pengalaman pelanggan:  Flip memiliki fitur Help Center akan mengarahkan pengguna untuk menghubungi tim support dari Flip melalui fitur live chat dan juga telepon jika belum mendapatkan solusi dari masalah yang dihadapi. Layanan langsung dengan tim tersedia mulai pukul 07.00 hingga 20.00 WIB setiap harinya.

Saya sendiri pernah salah nomor rekening pengiriman dan reaksinya cepat sekali. So far udah hemat banyak dengan pakai flip

 

Diskon/Referal Code: klik link berikut untuk dapatkan gratis biaya pengiriman uang untuk pemakai pertama kali dengan Flip  https://flip.id/s/rhdle2680 atau masukkan kode referal HDLE2680 pada saat download aplikasinya.

transfer uang luar negeri flipCara Kirim Uang ke Luar Negeri dengan Flip 

  1. Masuk ke aplikasi Flip, lalu pilih menu Flip Globe.
  2. Pilih negara tujuan. Sistem akan secara otomatis menampilkan nilai tukar saat ini.
  3. Isi nominal untuk mengirim uang. Kamu dapat mengisi nilai nominal dalam Rupiah atau mata uang negara tujuan. Sistem akan secara otomatis menampilkan biaya transfer yang harus dibayarkan. Jika sudah, klik CONTINUE
  4. Putuskan apakah kamu akan mengirim uang ke akun bisnis atau pribadi.
  5. Pastikan kamu telah membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku, lalu klik AGREE AND CONTINUE.
  6. Pilih Bank Penerima kemudian isi nomor rekening penerima, lalu klik CONTINUE.
  7. Isi nama lengkap penerima dan alamat lengkap. Jika sudah, klik CONTINUE.
  8. Pilih Sumber Dana Pengirim.
  9. Pilih Persyaratan Pengiriman Uang.
  10. Klik Simpan Data Penerima di bagian bawah jika diperlukan, lalu klik CONTINUE.
  11. Periksa kembali detail transaksi Anda. Jika sudah sesuai, klik CONTINUE.
  12. Pilih Metode Pembayaran yang akan digunakan.
  13. Transfer ke rekening Flip yang tertera melalui ATM, internet banking, atau mobile banking sebelum batas waktu yang ditentukan. Jika tidak, transaksi Anda akan otomatis dibatalkan oleh sistem. 
  14. Pastikan Total Nominal Transfer sesuai dengan 3 digit terakhir. Jangan khawatir, kode unik yang kamu transfer akan dikembalikan melalui Flip Coin.
  15. Setelah melakukan transfer, jangan lupa konfirmasi dengan menekan tombol I HAVE TRANSFER . Flip tidak akan memproses transaksi yang belum dikonfirmasi.
  16. Flip akan memeriksa dan memproses transaksi. Kamu dapat memantau status transaksi lewat aplikasi.
  17. Setelah transaksi berhasil diproses, Flip akan menampilkan bukti transfer dan mengirimkannya ke emailmu.

5. Wise

Platform transfer uang Wise juga menjadi salah satu agen kirim uang luar negeri yang paling nge trend belakangan. Sejujurnya platform erpercaya dan bisa diandalkan. Berikut adalah informasi tentang Wise yang bisa kamu ketahui.

Biaya: Salah satu layanan termurah. Wise, sebelumnya TransferWise, menawarkan beberapa nilai kamu terbaik yang bisa kamu temukan, dan biaya di muka cenderung paling rendah jika Anda menggunakan rekening bank untuk mendanai transfer Anda, biasanya kurang dari 1% dari jumlah transfer.

Kecepatan: Transfer bank cenderung memakan waktu berhari-hari, tetapi pengiriman pada hari yang sama dimungkinkan untuk pengiriman ke beberapa negara. Transfer menggunakan kartu debit atau kredit dapat tiba dalam hitungan detik, sedangkan transfer menggunakan rekening bank dapat berlangsung dari hanya beberapa detik hingga dua hari kerja, tergantung tujuan.

Batas dan opsi transfer: Batas pengiriman naik hingga $1 juta per transfer, jika menggunakan transfer kawat untuk membayar Wise. kamu juga dapat membayar dengan kartu debit, kartu kredit, Apple Pay, Google Pay, atau debit langsung (atau transfer ACH) dari rekening bank yang kamu miliki. Penerima harus memiliki akun Wise atau rekening bank untuk menerima uang, terlepas dari bagaimana cara kamu mendanai transfer tersebut.

Pengalaman pelanggan: Dukungan telepon terbatas pada hari kerja, tetapi aplikasi seluler Wise menerima peringkat pengguna yang tinggi dan FAQ situs webnya mudah ditemukan.

Saya sendiri karena punya arisan Ibu ibu Batak yang nikah sama orang Belanda di Belanda, saya sering pakai Flip untuk kirim uang ke group arisan di Belanda. Sejauh ini Wise favorit saya karena biayanya murah. Selain itu kamu juga bisa pesan kartu debit Wise yang bisa kamu gunakan di seluruh dunia dengan berbagai mata uang!

Diskon/Referal Code: klik link berikut untuk dapatkan gratis biaya pengiriman uang untuk pemakai pertama kali dengan Wise https://wise.com/invite/ua/oliviap539

Cara Kirim Uang lewat Wise:

  1. Mendaftar atau membuat akun Wis dengan alamat email, atau hubungkan akun google maupun facebook. 
  2. Buka Beranda di situs web dan pilih Kirim uang, atau ketuk Kirim di aplikasi, untuk menyiapkan transfer kemudian ketik berapa banyak yang ingin kamu transfer.. Jika penting bagi penerima untuk mendapatkan jumlah yang tepat, ketikkan jumlah tersebut ke dalam kotak berapa yang didapat penerima. Kamu akan secara otomatis mendapat informasi tentang  berapa banyak yang perlu kamu kirim.
  3. Beri tahu jenis transfer yang lakukan.
  4. Isi detail pribadi seperti alamat..
  5. Isi data penerima uang termasuk detail rekening Bank atau alamat email akun Wise yang terdaftar.
  6. Tinjau detail transfer dan pastikan semuanya sudah sesuai. 
  7. Pilih jenis transfer dan cara pembayarannya, klik dan selesai.

Hal yang Perlu Kamu Ketahui saat Kirim uang ke Luar Negeri

Setelah mengetahui beberapa cara mengirim uang menggunakan platform di atas, kamu juga mesti paham bagaimana cara mengirim penyedia atau platform pengiriman uang yang tepat. Sebelum mengirim uang, ketahui cara kerja nilai tukar dan cara menemukan yang terbaik. Salah satu cara penyedia pengiriman uang menghasilkan uang adalah melalui markup nilai tukar. Sebagian besar penyedia transfer tidak akan memberi informasi nilai tukar yang temukan di platform pertukaran mata uang. 

Saat kamu memeriksa nilai tukar untuk transfer internasional dengan layanan seperti Western Union, fokuskan pada markup nilai tukar dengan melihat jumlah mata uang asing. Semakin tinggi, semakin rendah markupnya, dan semakin banyak uang yang diterima penerima dana yang kamu kirimkan.

Wisata Serbia

Jangan lupa untuk bandingkan juga total biaya transfer di beberapa penyedia. Ada dua jenis biaya: biaya di muka dan markup nilai tukar. Temukan penyedia yang memiliki biaya terendah dikombinasikan dengan nilai tukar terbaik yang bisa kamu dapatkan. Biasanya penyedia non bank online menawarkan transfer yang lebih murah daripada bank.

Itulah beberapa cara kirim uang ke luar negeri yang bisa kamu pilih. Pastikan kamu memilih metode pengiriman yang tepat agar lebih hemat dan tentunya dana terkirim sesuai harapan.

Informasi Berguna!

  • Untuk penginapan di luar negeri, aku saranin pesan via Booking.com, selain  pilihannya banyak mulai dari yang termurah hingga terlengkap, ada opsi untuk pembatalan gratis juga! Ini berguna banget kalau pesawata dan visa kamu bermasalah.
  • Kalau nyari tiket pesawa murah, aku selalu pakai di Skyscanner, karena gampang ketemu pilihan pesawat paling murah dan paling cepat sampai tujuan.
  • Kalau masih belum ketemu tiket pesawatnya tapi butuh jaminan pesawat untuk visa, kamu bisa pesan tiket sementara dengan harga murah di situs Dummy Tiket.
  • Dan kalau semuanya udah OK, pesawat, hotel dan visa, kamu ready berangkat, bisa pesan koper ukuran paling pas di pesawat di link Shopee.