Liburan bergaya backpacker memang memiliki tantangan tersendiri. Dengan budget yang terbatas, kamu ditantang untuk membuat pengeluaran seefektif mungkin demi liburan impian. Berbagai hal harus dipersiapkan demi memuluskan jalan menjadi backpacker sejati. Nah, berikut 5 tips persiapan backpacking ke luar negeri yang efektif untuk mewujudkan liburan impian kamu.

Siapkanlah Tiket Sejak Jauh-Jauh Hari

Bisa jadi transportasi memakan porsi pengeluaran terbesar kamu, dan untuk membuatnya lebih efektif ada baiknya untuk merencanakan liburan sejak jauh-jauh hari. Setidaknya dengan membeli tiket jauh sebelum hari keberangkatan, kamu dapat memperoleh harga seat termurah. Baik pergi menggunakan moda transportasi udara maupun kereta.

traveling maroko

Hindari Liburan Pada Tanggal Merah Atau Musim Liburan

Kebanyakan orang akan pergi berlibur ketika tanggal merah atau musim liburan. Mulai dari tempat wisata, hingga tempat transit bandara dan stasiun umumnya akan penuh dengan wisatawan. Jika tempat tujuan terlalu ramai pengunjung, tentu liburan impian kamu, terasa kurang mengasyikkan bukan? Karena itulah, kamu harus cermat dalam menentukan tanggal liburan kamu. Bukan hanya tempat wisata yang ramai wisatawan, hotel hingga restoran biasanya juga mematok ahrga lebih tinggi dari biasanya ketika memasuki musim liburan loh.

tips travel

Liburan pada musim dingin di Polandia lebih murah daripada musim panas.

Bergabung Dengan Komunitas Backpacker

Untuk menambah pengetahuan mengenai dunia backpacker tidak ada salahnya untuk bergabung di komunitas. Ada banyak sekali pengalaman hingga cerita yang dibagikan oleh orang lain yang bisa menjadi ajak pembelajaran. Selain menjadi sarana untuk menambah wawasan, kamu juga bisa menambah teman baru dari komunitas ini. Siapa tahu kamu akan diajak untuk backpacker-an bersama dengan mereka? Atau bisa jadi, ada teman dalam komunitas yang membantu kamu ketika sedang kesulitan dalam perjalanan. Tidak menutup kemingkinan juga jika ada kenalan yang mau memberi tumpangan untukmu ketika berkunjung ke daerahnya. Asyik bukan?

backpacking ke luar negeri

Traveling sendiri ke Petra, Jordan tapi di jalan ketemu banyak teman melalui situs Couchsurfing.

Tentukan Tempat Dan Tujuan Backpacking ke Luar Negeri

Persiapan jalan jalan ala backpacker yang tak kalah pentingnya adalah menentukan tempat dan tujuan.Kamu bisa membuat daftar tempat mana saja yang akan kamu kunjungi nantinya. Jika dari awal saja tidak memiliki arah tujuan, tentu akan sulit untuk kamu untuk mencapai liburan yang seru sekaligus berkesan.

traveling malta

Liburan di Malta memang sudah jadi target saya karena tempatnya hangat dan murah di banding negara Eropa lainnya.

Lakukanlah Riset Tempat Tujuan Backpacking ke Luar Negeri

Setelah membuat bucket list tempat yang ingin dikunjungi, mulailah browsing dan cari tahu tempat tujuan kamu lebih teliti lagi. Cari tahu informasi tersebut sebanyak-banyaknya, mulai dari harga tiket, transportasi, kuliner, tempat wisata yang seru, penginapan, hingga bahasa yang digunakan oleh orang lokal di sana. Yang tidak kalah penting lagi adalah dokumen yang kamu perlukan seperti visa. Kalau mau gampang kamu bisa traveling di negara yang bebas visa di bawah:

Daftar Negara Bebas Visa Paspor Indonesia

Kamu juga perlu mengenal adat istiadat dan budaya yang ada di tempat tujuan. Contohnya seperti kebiasaan masyarakatnya, u. Pokoknya, semakin banyak yang kamu ketahui, pasti akan memudahkan perjalanan kamu menjadi seorang backpacker.

Jangan lupa untuk tetap mawas diri dan berhati-hati setiap kali berkunjung dan bertemu dengan orang baru. Jangan sampai lupa untuk menjaga keamanan diri sendiri karena terlalu asyik jalan-jalan. Cek juga artikel cara bisa traveling ke luar negeri sambil hemat.

Hhmm mau backpacking ke mana liburan tahun ini? Sharing di kolom komen ya!

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba