Kosta Rika adalah negara yang terletak di Amerika Tengah dan punya banyak destinasi menarik mulai dari gunung berapi, pantai, hutan awan, dan suaka satwa liar. Kosta Rika juga punya seretan pantai panjang yang jadi incaran para peselancar. Selain itu, kamu juga bisa nge cek ibukota San Jose, provinsi Guanacaste hingga daerah pedalaman yang punya pegunungan dengan hutan yang jadi rumah beragam satwa liar. Saya sendiri sudah tinggal di Kosta Rika selama 2 tahun dan sejauh ini berikut 13 tempat wisata Kosta Rika favoritku: 

1. San Jose

Ibukota Kosta Rika, San Jose mungkin tidak besar tapi bisa dikunjungi untuk belanja dan wisata budaya.. Kota ini  punya daya tarik seperti galeri seni, museum dan bangunan bangunan tua. Kamu bahkan bisa menemukan beberapa bangunan era Perang Dunia II masih berdiri. Di antara situs bersejarah di San José adalah Museum Nasional, yang berdiri pada tahun 1887.  Ada juga Museum Seni Kosta Rika, dengan koleksi lukisan dan patung karya seniman nasional dari tahun 1950 dan lainnya. 

wisata kosta rika

Tempat wisata lain yang tidak bisa kamu lewati adalah Jade Museum di gedung National Insurance Institute (INS). Museum ini punya berbagai koleksi keramik arkeologi dan potongan batu dari penduduk asli Kosta Rika. Kamu juga bisa mengunjungi bangunan simbolis seperti Gedung Pos dan Telegraf, Gedung Metalik, Gereja Our Lady of Mercy, Teater Nasional, dan Teater Populer Melico Salazar

2. Jaco Beach 

Jaco adalah pilihan yang tepat  kalau kamu ingin keluar dari San Jose tapi gak ingin perjalanan jauh karena jaraknya hanya 2 jam dari San Jose. Pantai di sini luas dan suasananya juga ramai. Berselancar dan berenang di sini juga  menyenangkan karena ombaknya lebih tenang daripada area lain di sepanjang bagian pantai ini. Kota pesisir di sepanjang bentangan Pasifik ini punya banyak apartemen, toko modern, termasuk restoran dan hotel dengan fasilitas lengkap. Yang paling saya sukai di Jaco adalah melihat sunset dari atas bukit! 

 

3. Monteverde

Kota ini bisa kamu jangkau dengan sekitar tiga jam perjalanan dari San Jose melalui jalan darat apabila berkendara dengan mobil pribadi atau lima jam dengan bus publik. Udara di kota ini cukup dingin karena terletak di wilayah pegunungan. Monteverde pastinya bakal jadi tempat terbaik untuk kamu kunjungi karena punya beberapa spot pemandangan indah dan alam yang alami.. Hutan Awan (cloud forest) Monteverde adalah kawasan keanekaragaman hayati yang sangat populer di dunia dengan flora dan fauna endemik yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain.

Kekayaan alam di Monteverde menyumbang 2,5% dari keanekaragaman hayati dunia. Ada dua cagar utama dapat kamu kunjungi di sini. Salah satunya adalah Cagar Hutan Hujan Monteverde, yang membentang sepanjang 10.500 hektar. Habitat ini adalah rumah bagi 400 spesies burung, lebih dari 100 spesies mamalia, dan 2.500 spesies tanaman. Kamu bisa menikmatinya dengan berjalan-jalan di jalur sepanjang 13 km.

4. Puerto Viejo

Terletak di pantai Karibia dekat Panama, Puerto Viejo populer di kalangan anak muda dan backpacker karena pantainya yang bagus, selancar, dan banyak party. Kota ini sangat ramai dan selalu ada event seru setiap malam. Di Puerto Viejo ada  banyak hotel di tepi pantai, asik banget baca buku di sini sambil tidur-tiduran. Kamu juga bisa mengunjungi pusat penyelamatan jaguar  yang merehabilitasi semua jenis satwa liar setempat dan melepaskannya kembali ke alam liar. Kalau saya pribadi kegiatan favorit adalah ikutan Coffee tour!

Coffee tour di Puerto Vierjo Kosta Rika

5. La Fortuna – Arenal Volcano

Arenal Volcano adalah tempat wisata Kosta Rika yang tidak boleh kamu lewatkan. Tempat ini adalah titik tertinggi di La Fortuna, yang terkenal karena memiliki kerucut vulkanik yang hampir sempurna. Di daerah sekitarnya, kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Gunung Api Arenal, Danau Arenal, dan Air Terjun La Fortuna. Kamu  juga akan menemukan mata air panas di sungai seperti yang saya dan teman teman lakukan di bawah.

ramai ramai dengan teman ke sungai air panas di La Fortuna

Kalau kamu pecinta kopi, jangan lewatkan North Fields Café yang menyediakan demonstrasi unik tentang cara tradisional menanam kopi. Jika yang kamu cari adalah petualangan di alam, Taman Mistico adalah tempat untuk kamu kunjungi. Taman ini adalah cagar yang menjadi rumah bagi spesies satwa liar. Kamu juga dapat menikmati kegiatan seperti naik perahu, menunggang kuda, berenang di sungai dan melihat Gunung Api Arenal dengan segala kemegahannya.

6. Manuel Antonio

Terletak di selatan Quepos di Pantai Pasifik, Manuel Antonio adalah kawasan gabungan hutan hujan, terumbu karang, dan pantai. Daya tarik utamanya adalah Taman Nasional Manuel Antonio, yang terpilih oleh majalah Forbes pada tahun 2011 sebagai salah satu dari 12 taman terindah di dunia. Kawasan ini juga merupakan taman nasional yang paling banyak mendapat kunjungan di Kosta Rika, dengan lebih dari 360.000 kunjungan per tahunnya.

Daerah dengan luas 1.625 hektar tanah dan 55.000 hektar laut, ini adalah kawasan tropis yang punya flora dan fauna yang terancam punah. Pecinta snorkeling harus datang ke Manuel Antonio karena keindahan fauna laut dan terumbu karang yang sayang untuk dilewatkan.

7. Tortuguero

Tortuguero (yang berarti ‘Tanah Penyu’) adalah hutan hujan Amazon versi Kosta Rika. Kawasan ini mendominasi pantai utara, dengan Taman Nasional Tortuguero membentang lebih dari 77.000 hektar. Daerah yang sangat luas ini punya rangkaian sungai dan kanal yang melintasi hutan.

Daya tarik terbesarnya adalah banyaknya penyu (sesuai namanya) yang bersarang di sepanjang garis pantai. Waktu terbaik untuk melihat mereka bersarang adalah pada bulan April dan Mei. Akan tetapi jika kamu berkunjung selama musim sepi, kamu masih dapat mendaki gunung atau ikut tur kapal pesiar kanal. Tidak hanya melihat penyu, kamu juga bisa melihat berbagai satwa lain seperti kura-kura darat, monyet, buaya, dan caiman, serta beberapa burung dan hewan lainnya.

8. Taman Nasional Corcovado 

Taman ini berada di Semenanjung Osa yang terpencil di barat daya Kosta Rika. Didirikan pada tahun 1975, taman ini meliputi area seluas 163 mil persegi (424 kilometer persegi), menjadikannya taman terbesar di negara ini.

Wisata

Meskipun saat ini sudah lebih populer daripada dulu, kawasan ini masih merupakan tujuan yang sangat sulit dijangkau, dan terpencil di Kosta Rika. Semenanjung ini tidak mudah dijangkau yang membuat para turis jarang datang ke tempat ini. Kalau kamu ingin menemukan suasana pantai yang sepi dengan satwa liar atau Jika kamu ingin mendaki maupun berkemah dengan suasana yang tenang kamu bisa datang ke tempat yang satu ini.

9. Air Terjun Nauyaca

Terletak di pedalaman Playa Dominical, Air Terjun Nauyaca terdiri dari dua air terjun  yang jadi pemandangan paling mengesankan di Kosta Rika. Daerah ini punya lingkungan hutan yang dihuni oleh monyet dan macaw. Kamu dapat mencapai air terjun ini dengan mendaki,  menunggang kuda, atau menumpang di belakang pick up.

Kalau kamu memilih untuk mendaki ke air terjun, perhatikan satwa liar di sepanjang jalan. Sesampainya di kawasan air terjun kamu bisa berenang di bawah air terjun yang lebih rendah. Kamu bisa datang lebih awal untuk menghindari keramaian dan kamu bisa menikmati air terjun secara maksimal.  Kalau kamu ingin naik kuda ke air terjun, pesan lebih awal, karena biasanya persewaan kuda punya jadwal yang penuh.

10. Samara

Samara terletak di Provinsi Guanacaste di pantai Pasifik utara. Jaraknya sekitar dua jam dari Bandara Internasional Liberia (LIR). Salah satu daya tarik utama Samara adalah pusat kotanya yang berbatasan dengan pantai dan penuh dengan restoran, toko butik trendi, operator tur, dan beberapa hotel kecil.

Wisata Kosta Rika

Kota pesisir Sámara yang sepi sering kali jadi pilihan utama untuk liburan keluarga di Kosta Rika. Terletak di Semenanjung Nicoya, teluk Sámara punya ombak yang jauh lebih tenang daripada pantai di kota-kota terdekat seperti Nosara dan Santa Teresa. Suasana kota yang aman, semakin menarik perhatian turis dan membuat orang banyak berkunjung. Selain itu, Sámara juga punya hal menarik untuk dilihat dan dilakukan. Kamu bisa menjelajahi air terjun di pegunungan, berselancar, snorkeling melihat kehidupan laut atau menikmati koktail di kapal pesiar saat matahari terbenam. 

11. Nosara

Nosara yang juga terletak di provinsi Guanacaste memiliki pantai panjang yang indah, resor mewah, dan hotel butik, serta suasana yang tenang, Nosara cocok untuk kamu yang ingin liburan di pantai yang di kelilingi hutan Kosta Rika. Kamu juga bisa menemukan bank, restoran, toko, resor, dan kamp selancar dengan mudah, jadi tak perlu khawatir untuk menghabiskan waktu di Nosara.

Saat matahari terbenam, pantai di Nosara dipadati pengunjung dan penduduk lokal yang datang untuk menyaksikan matahari terbenam dan para peselancar berbakat.  Ada ombak untuk berselancar sepanjang tahun. Namun, waktu terbaik untuk berselancar di Nosara adalah pada bulan Maret hingga November. Kamu juga bisa menyaksikan Arribada: sebutan masyarakat lokal untuk fenomena dimana ketika ratusan penyu datang ke pantai untuk menggali dan bertelur sekaligus di pantai Playa de Ostinal, Nosara. 

12. Uvita

Uvita adalah kota kecil yang terletak di Pantai Pasifik Kosta Rika, dekat dengan Taman Nasional Manuel Antonio. Saat mengunjungi Uvita, kamu bisa jelajahi taman nasional yang menakjubkan, pantai yang indah, penduduk yang ramah, dan tentu  satwa liar yang hidup di Kosta Rika. Terkenal dengan “Ekor Paus” nya, Uvita, Kosta Rika, adalah tujuan wisata yang sedang naik daun di negara ini lho! 

Meski saat ini sudah  cukuppopuler, kota ini masih tetap bisa disebut hidden gem karena suasananya yang tak begitu ramai. Ada banyak hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan di Uvita mulai dari menjelajahi air terjun tersembunyi hingga bersantai di pantai, kamu tidak akan bosan berada di Uvita.

Wisata Kosta Rika

Di Uvita, mengamati paus juga jadi salah satu itinerary terbaik untuk dilakukan – terutama kalau kamu suka satwa liar. Dengan ikut tur di Taman Nasional Marino Ballena ini, kamu bisa naik perahu untuk melihat paus. Selama lebih dari 3 jam, kamu akan diajak menjelajahi garis pantai sampai ke Pulau Caño. Sepanjang jalan, kamu punya peluang besar untuk melihat paus, lumba-lumba, dan bahkan penyu.

Itulah beberapa tempat wisata Kosta Rika yang bisa kamu kunjungi jika kamu datang ke negara di Amerika Tengah ini. Selamat menjelajahi Kosta Rika!