Bali sudah tidak diragukan lagi merupakan lokasi wisata unggulan dan terfavorit di Indonesia. Ada banyak pesona situs alam Bali yang bisa kamu nikmati, mulai dari keramaian kota di malam hari yang semarak, pesona pantai yang bikin santai, hingga taman nasional yang lebih sejuk dan cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Salah satu cagar alam yang patut kamu kunjungi adalah Taman Nasional Bali Barat (TNBB). TNBB merupakan lokasi pelestarian alam terkomplit dan luas di Pulau Bali.

Ada banyak pilihan spot alam menarik yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Mulai dari kebun binatang, pantai, melihat keindahan terumbu karang di bawah laut, candi bersejarah, dan masih banyak lagi. Ada berbagai pilihan kegiatan seru dan menyajikan banyak hiburan edukatif bagi pengunjungnya. Tertarik untuk liburan ke Taman Nasional Bali Barat? Simak informasi lengkap berikut ini!

Lokasi & Akses Menuju Taman Nasional Bali Barat

TNBB berlokasi di ujung barat Pulau Bali, secara geografi berlokasi di dua kawasan; Buleleng dan Jembrana. Jaraknya sekitar 2 kilometer dari pelabuhan Gilimanuk Bali. jadi, jika kamu memulai perjalanan dari pelabuhan tersebut, kamu ambil jalur Jalan Raya Cekik > Seririt > Singaraja, dengan jarak tempuh 85 kilometer.

Buat kamu yang memulai dari Denpasar, ambil rute dari utara dengan memasuki Jalan Raya Gilimanuk menuju Singaraja. Jalur ini akan memakan waktu sekitar 3 jam dengan jarak tempuh 60 kilometer.

Jika kamu dari Pulau Jawa, naik feri dan turun di pelabuhan Gilimanuk, Bali yang memakan waktu sekitar 30 menit berlayar. Kemudian, kamu lanjutkan perjalanan darat ke Jalan Cekik dengan bus atau kendaraan pribadi. Kapal feri ini beroperasi selama 24 jam, jadi kamu bisa langsung kembali ke Pulau Jawa kapan pun.

Informasi Jam Buka & Harga Tiket

TNBB buka setiap hari mulai jam 08.00 hingga jam 18.00 WITA. Kamu cuma perlu membayar HTM sebesar Rp 2.500 saja! Sementara tiket untuk wisatawan asing Rp 20.000. Keuntungan kamu lebih besar sebagai warga lokal, bukan?

Spot Menarik dan Terindah di Taman Nasional Bali Barat

Dengan luas taman hingga berhektar-hektar, ada banyak spot yang bisa kamu jelajahi. Bingung mau mulai dari mana? Berikut beberapa spot terbaik yang patut kamu kunjungi di Taman Nasional Bali Barat.

1. Pantai Karang Sewu

Pantai Karang Sewu merupakan spot serbaguna yang bisa kamu temukan di TNBB. Sebagai lokasi pantai, pesisir pantai tidak terlalu panas dan nyaman digunakan sebagai lokasi piknik hingga berkemah. Pantai ini dikelilingi oleh hutan mangrove yang memberikan panorama tumbuhan hijau rimbun yang menyejukan di daerah tropis satu ini.

pantai di bali

2. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan merupakan lokasi paling populer di kawasan TNBB. hal ini karena banyak hal yang bisa kamu lakukan di pulau dengan panorama laut surgawi ini. Mulai dari berenang, menyelam, atau sekedar berperahu menikmati keindahan perairan Pulau Menjangan yang jernih.

3. Sumber Mata Air Panas Taman Nasional Bali Barat

Berkunjunglah ke lokasi Hutan Mangrove di Banyuwedang. Masih dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat, lokasi ini memiliki kolam sumber air panas. Menghabiskan waktu berendam di kolam air panas ini pasti akan sangat menyegarkan dan membuat badan jadi terasa bugar. Sumber air panas di kolam ini memiliki kandungan belerang yang diyakini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

4. Penangkaran Jalak Bali

Selain menikmati panorama alam Bali yang indah di TNBB, jangan lewatkan kesempatan melihat fauna eksotik khas Bali yaitu Burung Jalak Bali. Taman Nasional ini memiliki penangkaran khusus burung Jalak Bali. Di lokasi ini, burung-burung dibudidayakan dalam sangkar besar yang menyatu dengan alam sekitar.

5. Teluk Brumbun

Satu lagi spot terbaik untuk melihat burung Jalak Bali adalah di Teluk Brumbun. Kalau di lokasi ini kamu bisa melihat burung jalak terbang bebas di sekitar teluk. Tak hanya burung jalak, ada juga rusa yang cukup jinak berkeliaran di sekitar tepi teluk. Kamu bisa melihat fauna dengan aman sambil bermain di pesisir pantai yang jernih.

6. Teluk Terima

Kalau ingin lebih sekedar bermain air, kamu wajib mengunjungi Teluk Terima. Teluk Terima terkenal dengan pesona terumbu karangnya yang menakjubkan, lokasi ini merupakan spot snorkeling favorit di TNBB. Di sini kamu jika bisa melihat fauna monyet ekor panjang dan penyu berenang dekat Pulau Menjangan.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Taman Nasional Bali Barat

Ada banyak aktivitas outdoor seru yang bisa kamu coba di kawasan TNBB. Ada berbagai paket wisata juga yang ditawarkan oleh pihak pengelolah taman nasional ini. Berikut berbagai kegiatan seru yang bisa kamu coba sesuai dengan minat.

1. Paket Wisata Trekking Taman Nasional Bali Barat

Paket satu ini cocok buat kamu yang hanya punya waktu singkat untuk menghabiskan waktu di TNBB. Kamu juga tidak perlu bingung memilih rute penelusuran sendiri. Pihak pengelolah TNBB akan membawa kamu keliling selama 3 hingga 4 jam melihat berbagai koleksi satwa di lokasi ini. Mulai dari burung jalak bali, monyet, lutung, ayam hutan, dan kijang. Semua satwa di lokasi ini rata-rata jinak, jadi kamu bisa trekking dengan rasa aman dan santai.

menjangan taman nasional bali barat

2. Snorkeling Melihat Keindahan Bawah Laut

Seperti yang telah disebutkan, kamu bisa banget melakukan kegiatan snorkeling di TNBB. Ada banyak spot populer hingga sepi pengunjung yang bisa kamu telusuri keindahan terumbu karangnya. Pihak TNBB juga siap menyediakan perlengkapan snorkeling buat kamu yang membutuhkan. Spot favorit untuk snorkeling di TNBB adalah Pulau Menjangan dan Teluk Terima yang keduanya saling berdekatan.

snorkeling taman nasional bali barat

3. Berendam di Sumber Air Panas

Buat kamu yang lebih ingin bersantai dari pada melakukan berbagai kegiatan outdoor aktif, nikmati berendam sumber air panas di kawasan Hutan Mangrove. Kolam pemandian ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas umum untuk kenyamanan kunjungan kamu. Kolamnya juga bersih dan memiliki desain yang rapi, namun tetap menyatu dengan pemandangan alam hutan Mangrove yang hijau nan asri.

4. Berkemah di Pinggir Pantai

Buat kamu yang hobi berkemah di area pantai, berkemah di kawasan Pantai Karang Sewu bisa menjadi spot sempurna. Tanah di pinggir pantai tersebut berbeda dengan tipikal pantai dengan pasir yang lembut. Ada banyak spot juga yang memiliki pohon rindang, bisa dibuat berteduh pada siang hari yang terik. Tak hanya disambut panorama laut yang indah, kamu bisa bangun pagi disambut pemandangan hutan mangrove yang mengelilingi pantai.

kemah pinggir pantai taman nasional bali barat

5. Lokasi Honeymoon Komplit untuk Pasangan Penggemar Kegiatan Outdoor

Buat kamu yang sedang bingung cari lokasi bulan madu dengan pasangan, Taman Nasional Bali bisa menjadi lokasi sempurna. Terutama buat kamu dan pasangan yang sangat gemar dengan kegiatan outdoor aktif, TNBB bisa menjadi lokasi one-stop yang komplit! Tersedia pula fasilitas penginapan nyaman dan restoran jika kamu membutuhkan privasi dengan pasangan. Merencanakan bulan madu di lokasi ini selama 5 hingga seminggu, kamu bisa menikmati setiap atraksi yang disediakan di kawasan TNBB ini.

Itu tadi berbagai informasi lengkap seputar Taman Nasional Bali Barat. Jangan lupa jaga kebersihan jika kamu berencana berkemah atau berpiknik di lokasi ini, ya. Selamat berlibur!