Lombok adalah salah satu pulau di Indonesia yang bisa dijadikan alternatif liburan pantai selain Bali. Sama seperti Bali, pulau ini juga memiliki kebudayaan yang unik yang disandingi dengan keindahaan alamnya. Dari pantai hingga perbukitan, serta kuil yang cantik, Lombok menjadi pulau yang mesti kamu kunjungi saat berlibur. Bingung harus menghabiskan waktu dan mengunjungi tempat wisata Lombok yang mana? Nih aku share tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi di Lombok. Kebetulan bulan Juni 2021 lalu aku sempat mengunjungi pulau yang pantai-pantainya sangat ini . Cek daftarnya berikut!

1. Pantai Pink

Ada banyak pantai yang bisa kamu temukan di Lombok salah satunya adalah pantai Pink. Pantai dengan pasir berwarna pink ini sebenarnya punya nama pantai Tangsi hanya saja karena pasirnya berwarna pink maka disebutlah dengan nama pantai pink. Pantai ini terletak di daerah Lombok Timur tepatnya di desa Serokah kecamatan Jerowaru atau sekitar 82 kilometer dari Kota Mataram. Di pantai ini kamu akan mendapatkan pemandangan air laut yang jernih dengan terumbu karang di dalamnya.

Kamu juga bisa menyewa perahu kecil milik nelayan untuk menelusuri pantai dan laut di sekitarnya. Kamu bisa menyelam dan melakukan aktifitas snorkeling. Di pantai ini kamu juga bisa menemukan pulau pasir yang timbul dan tenggelam sendiri akibat pasang surut air laut. Pantai ini dibuka untuk umum mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 waktu setempat. Untuk masuk ke pantai ini kamu perlu membayar tiket Rp 10.000 dan Rp 50.000 untuk turis asing. Tempat wisata Lombok satu ini, murah bukan?

2. Pantai Selong Blanak

Pantai lainnya yang bisa kamu kunjungi saat berada di Lombok adalah pantai Selong Belanak yang berlokasi sekitar 20 menit dari Kuta Lombok. Pantai ini indah sekali di saat sunset dengan banyak kapal nelayan berlabuh di bibir pantai serta bukit-bukit batu yang membuat pantulan sinar matahari saat terbenam semakin romantis.

Pantai terkenal di antara peselancar amatir karena pasirnya sangat putih sehingga tidak sakit sangat mencoba surfing. Di pantai ini juga terdapat berbagai restaurant dan cafe untuk sekedar nongkrong bila tujuan kamu ke pantai bukan untuk olahraga berselancar. Kamu bisa kunjungi pantai ini jika ingin mendapatkan spot wisata dan foto yang menarik karena memang suasananya sangat indah! Tapi kamu harus hati hati karena setiap sore ada parade kerbau yang berseliweran di pinggir pantai.

tempat wisata lombok olivia purba

3. Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong menjadi tempat wisata Lombok selanjutnya yang bisa kamu kunjungi. Perbedaannya dengan yang di Bali, Pura ini terletak di atas batu besar berwarna hitam yang memiliki lubang di bagian tengah, sesuai dengan namanya.

Berdasarkan sejarah, pura Hindu ini didirikan oleh Dang Hyang Dwijendra, seorang resi dari Jawa Timur pada tahun 1533. Selain menjadi tempat peribadatan pura ini juga menjadi tempat wisata yang bisa dikunjungi kapan saja. Kamu bisa masuk ke pura ini tanpa membayar tiket hanya saja kamu sebaiknya memberikan donasi secukupnya saat berkunjung. Pemandangan di pantai ini sangat indah dan kamu bisa mengunjungi pura ini untuk menikmati pemandangan menarik khususnya saat matahari hampir tenggelam.

4. Kuta Lombok

Dari 2 minggu waktu saya di Lombok, saya habiskan beberapa harinya di Kuta Lombok. Sebelum pandemi daerah ini sangat populer dengan turis asing yang ingin surfing. Pandemi sangat berpengaruh terhadap pariwisata di Kuta Lombok di mana banyak cafe dan restaurant yang tutup. Namun begitu banyak juga yang tetap buka dan sebagain besar di kunjungi oleh warga asing yang menetap di Lombok. Suasana di Kuta Lombok jauh lebih sepi dari pada Mataram. Namun di Kuta Lombok terdapat berbagai tempat makan dan restaraun dengan menu internasional yang memang di kater untuk lidah asing.

Kuta Lombok ini juga merupakan lokasi sirkuit MotoGP Mandalika. Pada saat saya berkunjung ke sana sirkuit belum selesai namun daerah boulevar sudah rapi dan banyak pengunjung atau warga sekitar yang nongkrong di boulevar yang menghadap ke laut.

tempat wisata lombok kuta

5. Gunung Rinjani

Hobi mendaki gunung? Kamu tidak boleh melewatkan tempat wisata Lombok yang satu ini. Gunung Rinjani yang merupakan gunung tertinggi di Lombok bisa menjadi tempat wisata untuk kamu yang gemar berpetualang dan mendaki gunung. Gunung berapi yang berada di wilayah Lombok Utara ini masih aktif dan memiliki ketinggian sekitar 3.726 meter. Selain mendaki, kamu juga bisa melakukan aktivitas lainnya di gunung ini. Misalnya saja dengan mengunjungi Joben Eco Park, hiking atau mengunjungi Telaga Biru yang berada di kawasan Gunung Rinjani.

Di kaki gunung Rinjani juga terdapat air terjun yang cukup populer yakni air terjun Mangku Sakti dan air terjun Tiu Kelep. Pastinya kamu tidak akan menyesal mengunjungi spot alam liar yang satu ini.

6. Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno

Belum lengkap rasanya jika kamu datang Lombok tanpa mengunjungi  tiga gugus pulau kecil ini. Jika kamu tidak punya banyak waktu saat berlibur di Lombok, kamu bisa memilih satu dari tiga pulau tersebut karena dibutuhkan waktu untuk mencapai ketiga pulau tersebut setidaknya 4 hari. Gili Trawangan menjadi pulau yang banyak diminati oleh wisatawan karena selain lebih luas, gugus pulau ini punya fasilitas yang lebih lengkap.

Disini kamu bisa menemukan berbagai aktivitas menarik dan beach club yang menawarkan pesta serta hal menarik lainnya. Sementara jika kamu lebih menyukai pulau yang sepi misalnya untuk berbulan madu kamu bisa mengunjungi Gili Meno. Di Gili Meno kamu juga bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling dan melihat penangkaran penyu. Selain Gili Trawangan dan Gili Meno, ada juga Gili air yang terletak paling dekat dengan daratan Lombok. Disini kamu bisa melihat hutan mangrove, menikmati keindahan pantai dan melakukan hal lainnya.

7. Pantai Senggigi

Bisa dibilang pantai Senggigi adalah pantai yang paling populer di Lombok. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun dari luar negeri. Pantai Senggigi terletak di daerah Lombok Barat tepatnya di kecamatan Batu Layar. Kamu bisa dengan mudah mencapai pantai ini karena letaknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Mataram yakni hanya 17 km saja atau 51 km dari bandara internasional.

Tak heran jika tempat wisata Lombok satu ini banyak dikunjungi wisatawan karena pemandangannya sangat indah dan punya karakter yang berbeda-beda di setiap garis pantainya. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di pantai ini seperti berenang, snorkeling, memancing, piknik, dan lainnya. Kamu juga tidak perlu bingung mencari penginapan karena di tepi pantai ini banyak tersedia penginapan dengan harga yang terjangkau.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

8. Pantai Tanjung Aan

Tanjung Aan juga merupakan pantai yang cukup populer di Lombok. pantai indah ini memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 2 km dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Banyak cerita rakyat yang berasal dari pantai ini termasuk cerita Puteri Mandalika. Pantai ini juga cukup unik karena memiliki pasir yang berbulir layaknya merica atau tepung sehingga terkadang masyarakat setempat juga menamai pantai ini sebagai pantai merica atau pantai tepung.

Kamu yang hobi berfoto juga akan sangat dimanjakan di pantai ini karena terdapat beberapa spot menarik di pantai ini seperti ayunan dan batuan cantik. Pantai ini juga termasuk pantai yang dangkal dan tenang sehingga cocok untuk kamu yang senang bersantai sambil berenang di lautan.

pantai tanjung aan lombok

9.Tetebatu

Awalnya saya ke Tetabatu karena nyasar nyari air terjun. Dari Kuta saya berangkat ke Otak kokok Joben Evergreen yang merupakan kolam renang plus air mata air di kaki gunung Rinjani. Niat banget berangkat naik motor sejauh 2 jam. Ternyata kolam renangnya meskipun luas adalah kolam renang anak-anak yang fasilitasnya juga terbatas. Tapi saya niatin juga mandi di kolam renangnya dengan baju lengkap (karena beda dengan Bali ya yang pakai bikini dan baju renang gak ada yang peduli).  Airnya dingin banget karena memang fresh dari gunung! Segar!

Karena gak mau rugi saya pun mencari-cari objek wisata sekitar. Nah ketemu lah Tetabatu ini yang merupakan desa wisata. Beda banget sama daerah lombok lainnya karena saya bisa liat banyak himbauan sapta pesona dan rambu rambu wisata yang mendidik penduduk lokal sekaligus membantu turis yang keliling. Penduduknya pun sudah biasa sama tamu asing dan berprilaku sopan dan sangat membantu turis seperti saya yang suka kesasar. Nah di Tetebatu ini saya ekspore lagi dan ketemu air terjun Sarang Walet yang lokasinya di bawah gua mirip Sarang Walet susunannya. Suasana di desa ini sangat teduh dan banyak sawah. Agak mirip dengan Ubud. Gak nyesal deh nyasar ke sini.

Air Terjun Sarang Walet Lombok

Nyasar ke air terjun Sarang Walet di Lombok

10. Sade Village

Desa Sade merupakan tempat tinggal Suku Sasak, suku asli Lombok. Di desa ini tinggal sekitar 700 orang atau sekitar 150 kepala keluarga.

Desa Adat Sade memiliki beberapa tradisi yang unik, salah satunya adalah tradisi perkawinan. Perkawinan di desa ini masih dilakukan dalam satu rumpun, sehingga keaslian penghuninya masih sangat terjaga. Saat menikah, wanita harus diculik terlebih dahulu oleh pria. Belakangan, tempat pertemuan pria dan wanita sebelum wanita itu diculik adalah di depan Pohon Cinta Sade.

Rumah-rumah di desa Sade di buat dari bahan alami dan bentuknya sangat sederhana. Dindingnya dari anyaman bambu, atapnya dari alang-alang kering, dan lantainya terbuat dari campuran tanah liat dan sekam padi. ​​Berbeda dengan lantai rumah pada umumnya, di Desa Sade, lantai rumahnya selalu dilumuri kotoran kerbau. Tujuannya agar lantai bersih dari debu, memperkuat lantai dan berfungsi untuk mencegah masuknya serangga terutama nyamuk ke dalam rumah.

Desa Sade sejujurnya adalah salah satu tempat favoritku salam berkunjung ke Lombok karena tradisinya yang unik banget!
Saya sempat di Lombok selama 2 minggu di bulan Mei dan Juni 2021 yang lalu dan beruntungnya berkesempatan mengunjungi beberapa objek wisata di sana.

Tempat Wisata Lombok Sade

 

Menurutku pribadi Lombok adalah pulau yang indah dan memiliki banyak potensi wisata yang masih di gali. Bersyukurnya Lombok akan dijadikan salah satu circuit MotoGP sehingga  di kedepannya akan lebih di kenal publik!

Kira-kira di mana kapan rencana kamu ke Lombok? Tips aku kalau mau cek penerbangan murah ke Lombok kamu bisa pakai Skyscanner karena langsung kelihatan pilihan penerbangan murah di sana yang membandingkan beberapa platform OTA. Selamat mencoba ya!

Konsultasi Traveling Aja Dulu Olivia