Kebun Raya Cibodas merupakan cagar alam sekaligus tempat wisata alam yang berlokasi di Cianjur, Jawa Barat. Taman nasional yang diakui oleh UNESCO satu ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Taman Nasional Gunung Gede sendiri merupakan cagar alam yang sangat luas, oleh karena itu, jika bingung mencari spot terbaik, Kebun Raya Cibodas bisa menjadi pilihan. Lokasi taman nasional ini tak hanya menyuguhkan pemandangan taman hijau yang indah, namun juga merupakan spot paling nyaman untuk jalan-jalan santai di kompleks Taman Nasional Gunung Gede.

Kamu bisa menemukan banyak jenis tanaman yang terawat dengan baik di taman nasional ini. Tak perlu khawatir melewatkan koleksi terbaiknya, Kebun Raya Cibodas telah dibagi menjadi berbagai spot menarik. Tertarik untuk liburan ke Kebun Raya Cibodas bersama keluarga? Berikut informasi lengkapnya!

Transportasi & Akses ke Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas merupakan lokasi yang memiliki banyak akses mudah dengan menggunakan kendaraan umum. Kamu bisa naik kereta atau bis sebagai pilihan transportasi paling ideal. Ada beberapa jenis bus yang bisa kamu naiki untuk turun dekat Kebun Raya Cibodas, yaitu; JAK2, JT02, K22, M54, T22A, dan T45. Sementara untuk kereta, kamu bisa naik kereta BEKASI LINE.

Informasi Jam Buka & Harga Tiket Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas buka setiap hari mulai jam 08.00 pagi sampai dengan 16.00 sore. Untuk menikmati berbagai spot asri dan indah di taman nasional ini, kamu wajib membayar tiket masuk Rp 16.500 per orang. Tiket tersebut saja cukup untuk menjelajahi semua spot terbaik di kebun raya ini. Harga tiket juga sudah termasuk asuransi Jasa Raharja Putra. Buat kamu yang naik kendaraan pribadi, wajib membayar tiket parkir sebesar Rp 5.000 untuk roda dua, sementara kendaraan roda empat dikenakan harga Rp 16.000.

Peta Kebun Raya Cibodas

Spot Menarik di Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas memiliki banyak spot menarik untuk kamu jelajahi sambil bersantai. Semua koleksi tumbuhan di taman ini dikelompokan sesuai dengan pesona dan jenisnya masing-masing. Sehingga mudah dipahami dan dinikmati oleh pengunjungnya. Berikut berbagai lokasi menarik yang patut kamu telusuri keindahannya.

1. Taman Sakura

Salah satu spot paling populer dan terfavorit di taman nasional ini adalah Taman Sakura. Yup, kamu bisa menikmati keindahan bunga khas Jepang tersebut di lokasi ini! Taman Sakura memiliki area jalan setapak yang dihiasi oleh sederet pohon sakura di sisi kiri kanannya. Ada pula sungai dengan air terjun mini dengan bebatu yang menambah nuansa segar, sejuk dan alami di taman tersebut. Berfoto di Taman Sakura Cibodas ini dijamin kamu akan terlihat seperti sedang berlibur di Jepang. Jika ingin menyaksikan mekarnya bunga sakura di lokasi ini, kunjungi Taman Sakura pada bulan Januari hingga Februari atau Agustus sampai September.

2. Taman Rhododendron

Jangan lupa saksikan keindahan bunga lokal di Taman Rhododendron. Rhododendron atau biasanya dikenal sebagai bunga Azalea adalah bunga mungil nan indah berwarna merah jambu atau kuning. Bunga Azalea kuning menjadi koleksi ikonik dari Kebun Raya Cibodas ini. Bunga Azalea juga memiliki masa mekar yang sama dengan bunga sakura di taman ini. Jadi, jangan lupa mengunjungi kedua taman bunga ini pada bulan-bulan tersebut, ya!

3. Taman Obat

Untuk menambah pengetahuan kamu tentang tanaman-tanaman bermanfaat, kunjungi Taman Obat. Ada sekitar 164 jenis tanaman obat yang bisa kamu temukan di taman Cibodas ini. Spot ini juga memiliki jalan setapak yang nyaman dan dilengkapi informasi tentang masing-masing tanaman. Jalan-jalan jadi lebih santai sambil mendapatkan ilmu tentang tanaman obat.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

4. Taman Lumut

Pada ulang tahunnya yang ke 154, Kebun Raya Cibodas meresmikan taman terbaru mereka, yaitu Taman Lumut pada tahun 2006 silam. Berjalan-jalan di Taman Lumut suasananya lebih sejuk sekaligus misterius. Spot ini didominasi dengan banyak pepohonan menjulang tinggi, rimbun, dan rapat. Sesuai dengan habitat lumut yang cenderung minim cahaya. Hampir seluruh bagian di taman ini diselimuti oleh berbagai jenis lumut dari berbagai belahan dunia. Pokoknya wajib banget mengunjungi spot taman satu ini karena cukup berbeda dengan taman generik lainnya.

5. Taman Liana

Taman Liana merupakan lokasi budidaya tanaman jenis liana atau biasa kita kenal sebagai tanaman rambat. Pihak Taman Nasional Cibodas memanfaatkan sifat alami rambat berbagai tumbuhannya sebagai instalasi seni alam yang menawan. Disediakan berbagai media buatan maupun alami seperti pohon untuk mengatur tanaman rambat agar lebih indah dan rapi.

6. Rumah Kaca

Taman nasional pastinya kurang lengkap tanpa rumah kaca, Kebun Raya Cibodas juga punya rumah kaca yang bisa kamu masuki. Kamu bisa melihat berbagai jenis tanaman indoor di spot ini. Mulai dari berbagai jenis tanaman kaktus, tanaman sukulen, dan bunga Anggrek yang membutuhkan perawatan khusus. Semuanya di tata rapi untuk kamu nikmati keindahan dan pesonanya.

7. Taman Koleksi Tanaman Paku-Pakuan

Satu lagi spot taman yang rimbun adalah Taman Koleksi Tumbuhan Paku. Tanaman jenis paku memiliki karakteristik daun yang khas. Kebanyakan membentuk tanaman dengan bentuk memekar yang lebat. Kenali berbagai jenis tanaman paku di lokasi asri dan sejuk satu ini.

8. Kolam Besar di Kebun Raya Cibodas

Setelah seharian menjelajahi Kebun Raya Cibodas, kamu bisa beristirahat di hamparan rumput luas dengan Kolam Besar. Spot ini memiliki pemandangan hijau yang asri sejauh mata memandang, dijamin bikin santai dan menenangkan. Mengajak anak ke spot ini, mereka bisa bebas berlarian di pelataran rumput yang aman dan nyaman. Tersedia pula guest house di lokasi ini jika kamu punya rencana menginap. Pastinya menyenangkan bangun pagi dengan pemandangan taman hijau yang mempesona.

kolam besar kebun raya cibodas

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di  Cibodas

Dengan lokasi taman yang sangat luas dengan berbagai spot menarik, ada beberapa cara seru menikmati kunjunganmu ke taman ini agar lebih berkesan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Kebun Raya Cibodas.

  • Keliling taman dengan sepeda atau shuttle bus: Pastinya akan capek jika harus jalan mengelilingi taman yang luas ini. Tenang saja, ada beberapa alternatif kendaraan yang bisa kamu pilih. Kamu bisa menyewa sepeda agar lebih aktif dan sambil menggerakan fisik dengan cara yang tetap santai. Kalau ingin transportasi yang lebih nyaman, kamu bisa menaiki shuttle bus yang telah disediakan.
  • Piknik: Kamu bisa melakukan piknik sederhana di lokasi kolam besar. Asal jangan membawa makanan yang besar, cukup bekal snack yang sederhana saja. Duduk di hamparan rumput hijau dan menikmati panorama alam yang sejuk bisa membuat kamu lebih relax dan menyegarkan pikiran. Jangan lupa tetap jaga kebersihan tanpa buang sampah sembarangan, ya!
  • Hunting Foto: Buat kamu yang punya hobi fotografi atau tergabung dalam komunitas fotografi, taman nasional ini bisa menjadi lokasi yang sempurna untuk menambah koleksi foto panorama alam indah kamu.

Foto Taman Nasional Cibodas

Itu tadi beberapa informasi, rekomendasi spot, dan berbagai kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di  Kebun Raya Cibodas. Kira-kira kapan rencanamu berkunjung? Komen di bawah ya…

Konsultasi Traveling Aja Dulu Olivia