Wisata Finlandia terkenal sebagai salah satu destinasi Eropa terindah. Populer sebagai tujuan liburan saat musim dingin,  wisata Finlandia sesungguhnya tetap mempesona seiring musim berganti. Mulai dari panorama alam khas Baltik yang menawan di musim semi, cagar alam dan penangkaran rusa yang ramai di musim panas, dan pastinya desa sinterklas serta kabin sauna tradisionalnya yang sayang jika kamu lewatkan.

Banyak yang mengatakan bahwa liburan di Finlandia memakan budget besar karena akses ke lokasi wisatanya yang sulit. Selama kamu paham pilihan alternatif dan memiliki perencanaan liburan yang matang, selalu ada kesempatan untuk menikmati liburan murah di Finlandia. Berikut berbagai panduan wisata Finlandia terlengkap yang patut kamu simak!

Bahasa yang Digunakan di Finlandia

Penduduk Finlandia menggunakan dua bahasa lokal yakni bahasa Finlandia dan Swedia. Namun bahasa Inggris sudah termasuk normal dan banyak penduduk lokal yang berbicara dalam bahasa tersebut. Pada 2021 lalu, walikota Helsinki menyatakan bahwa Ibu Kota Finlandia merupakan english-speaking city. Sebagai wisatawan, kamu juga pasti akan tiba di Helsinki terlebih dahulu. Jadi sudah cukup mudah untuk mengurus berbagai keperluan dengan menggunakan bahasa Inggris. Begitu juga ketika mengunjungi lokasi wisata Finlandia

Mata Uang dan Penukaran Uang di Finlandia

Mata uang yang berlaku di Finlandia adalah Euro. Penduduk lokal juga sudah banyak menggunakan metode pembayaran dengan uang dompet elektronik beberapa tahun belakangan. Hampir setiap supermarket, restoran, hotel, dan berbagai fasilitas hospitality lainnya menerima pembayaran cashless. Jadi kamu bisa mengandalkan layanan dompet elektronik yang bisa secara otomatis mengkonversi Rupiah ke Euro. 

Pilihan Transportasi di Finlandia

Ada banyak pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling Finlandia. Mulai dari transportasi umum antar kota, hingga rental di dalam kota. Berikut beberapa informasi transportasi di Finlandia. 

  • Tram & Metro: Helsinki merupakan satu-satunya kota dengan fasilitas kendaraan trem dan metro di Finlandia. Transportasi umum ini adalah yang paling murah, dengan tiket sekali jalan seharga 2.80 euro, dengan jadwal keberangkatan setiap 5 hingga 10 menit sekali. 
  • Bis Kota: Kalau untuk perjalanan antar kota, bus menjadi transportasi yang efektif. Meski demikian, harganya bisa jadi memiliki perbedaan yang signifikan antara satu rute dengan rute lainnya. Mulai dari 8 euro (2 jam perjalanan) hingga 54 euro (13 jam perjalanan).
  • Kereta Api: Kereta api bisa menjadi pilihan transportasi tanpa reservasi yang praktis. Bisa juga melakukan pembelian tiket kapanpun secara online untuk perjalanan antar kota. Meski harga tiketnya lebih mahal, menggunakan kereta tentu lebih nyaman daripada menggunakan bis.
  • Rental Sepeda: Jika kamu memiliki rencana liburan di Helsinki saja, menyewa sepeda bisa menjadi alternatif kendaraan yang patut dicoba. Harga rental sepeda di Helsinki berkisar antara 19 euro per hari. Namun sangat mungkin untuk mendapatkan diskon jika kamu sekalian menyewa untuk seminggu atau lebih.
  • Rental Mobil: Kamu juga bisa menyewa mobil dengan tarif 25 euro per hari. Namun kamu harus memiliki IDP (International Driving Permit) dan berusia minimal 20 tahun. 

Akomodasi

Sejujurnya saya merasakan semuanya serba mahal selama di Finlandia termaksud akomodasinya! Makanya hari pertama saya sempat numpang di rumah orang yang saya kenal dari Couchsurfing. Beruntungnya di rumahnya dia ada sauna. Jadi saya sempat mencoba Sauna gratis di rumah orang Finlandia sendiri. Asiknya host saya ini tinggal di dekat hutan dan bersebelahan dengan laut. Pemilik rumah juga mengajak saya berkeliling Helsinki, malah kita makan siang di restoran Yemen di Helsinki. Ternyata  trendnya di Helsinki,all you can eat di restoran Afrika gini. Harga nya 10 euro. Not bad lah.

Hari ke dua saya gak mau reportin orang lain jadi saya  semuanya mahal! Saya booking akomodasi lumayan di tengah kota namanya Cheap Stay Walaupun namanya Cheap Stay tapi ternyata gak murah-murah amat karena satu malamnya Rp.400.000 dan sharing 18 orang di kamar bunkbard (dormitory). Tapi itulah satu satunya opsi termurah yang saya dapat.

 

Sim Card dan Akses WiFi di Finlandia

Demi kelancaran wisata Finlandia kamu, akses internet dan komunikasi merupakan kebutuhan yang esensial. Pilihan untuk sim card tercepat adalah dengan membeli di R-kioski, semacam 7-Eleven-nya Finlandia yang ada di bandara. Salah satu provider terbaik Finlandia dengan jaringan cepat bernama DNA. Finlandia sendiri juga terkenal sebagai negara dengan akses wifi yang cepat, saat ini berada di posisi ke-8 dengan kecepatan rata-rata download 79.40 Mbps.

Alternatifnya, kamu bisa beli kartu SIM International murah di link shopee ini yang bisa kamu pakai selama 30 hari di Turki dan negara Eropa lainnya. 

Rekomendasi Tempat Wisata di Finlandia Terpopuler

Pohon Sakura di Helsinki

Senang banget ternyata di Helsinki ada pohon Sakura juga

Selain berbagai situs alam yang menawan, ada pula situs bersejarah yang patut kamu masuk dalam daftar wisata Finlandia kamu. Finlandia juga merupakan tujuan wisata yang menyajikan berbagai momen menarik setiap musimnya. Jadi kamu bebas ingin berkunjung pada musim semi, panas, hingga musim dingin untuk liburan akhir tahun. Berikut rekomendasi tempat wisata Finlandia terpopuler. 

  • Keliling Helsinki: Sebelum keliling ke kota-kota lain, keliling kota Helsinki saja bisa menjadi kegiatan yang seru. Kota ini memiliki banyak gedung yang masih dipertahankan arsitektur aslinya, mulai dari Helsinki Cathedral hingga Old Market Hall. Bersepedalah di area Suomenlinna kemudian nikmati jajan lokal di Market Square. 
  • Santa Claus Village di Rovaniemi: Berkunjung ke desa sinterklas bisa menjadi destinasi wisata Finlandia saat musim dingin. Desa tersebut berlokasi di Rovaniemi, ibu kota Lapland, di bagian Finlandia Utara. Setiap musim dingin kamu bisa menikmati nuansa natal yang hangat di Lapland dengan dekorasi dan pasar malam. Jika beruntung, kamu juga bisa melihat aurora borealis di langit utara. 
  • Salla Wilderness Park: Masih di Lapland, tepatnya Salla, ada situs alam yang sempurna dikunjungi saat musim dingin maupun panas. Kamu bisa berinteraksi dengan rusa dan anjing husky. Pada musim dingin, ada kegiatan ski hingga melihat aurora borealis. Pada musim panas, kamu bisa mencoba hiking, canoeing, hingga memancing. 
  • Tour King’s Road: Kalau ingin melihat panorama kota-kota dengan praktis, kamu bisa mengikuti tur King’s Road. Sebuah tur rute pengiriman surat sejak abad ke-14. Dimulai dari Bergen, menuju Turku (ibu kota Finlandia lama), hingga menyebrang ke St. Petersburg, Rusia. 
  • Tur Budaya dan Sejarah di Kemijärvi: Kunjungi Kemijärvi untuk tur budaya dan sejarah oleh Museum of Local History. Dimana kita bisa napak tilas kehidupan penduduk Finlandia pada abad ke-20 dengan tarif 10 euro. 

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Makanan Khas Finlandia yang Wajib Kamu Coba

Keliling ke berbagai lokasi wisata Finlandia pastinya kurang maksimal tanpa mencicipi kuliner sekitar. Selalu ada pasar malam atau square market yang bisa kamu kunjungi di setiap kota di Finlandia untuk bersantap kuliner lokal. Berikut beberapa makanan khas Finlandia yang patut kamu cobain. 

  • Karjalanpiirakka: Makanan ini semacam pie gurih yang berasal dari provinsi Karelia. Adonannya terbuat dari tepung gandum hitam, kemudian memiliki isian kentang dan wortel, lalu dibalur dengan telur. 
  • Poronkӓristys: Penasaran dengan rasa daging rusa? Kamu bisa cobain hidangan khas Finlandia satu ini. Makanan ini merupakan hidangan hari-hari penduduk lokal yang diklaim menyehatkan. Daging rusa dihidangkan dengan kentang tumbuk dan selai lingon.
  • Savustettu Siika: Ingin bersantap hidangan utama yang mengeyangkan? Patut cobain hidangan ikan asap putih khas Finlandia. Biasanya dihidangkan dengan keripik alder. Ikan juga ditangkap dari perairan Finlandia kemudian diproses selagi segar. 

Itu tadi berbagai hal yang perlu kamu ketahui tentang wisata Finlandia. Terkenal sebagai destinasi wisata akhir tahun, kamu selalu bisa berlibur di negara yang memiliki berbagai pesona di setiap musim ini. Finlandia bisa jadi tempat liburan healing yang sempurna bersama keluarga. Selamat berlibur!