Siapa yang tidak ingin berlibur ke Belanda? Negara yang terkenal dengan bunga tulipnya ini merupakan salah satu negara wisata populer bagi traveler Indonesia. Merencanakan traveling Belanda pastinya tak akan melewatkan kota Amsterdam. Amsterdam merupakan ibukota Belanda yang terkenal dengan keindahan alam dan kotanya.

Berikut berbagai tempat wisata paling recommended yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur di Amsterdam.

1. Anne Frank House

Buat kamu yang menyukai sejarah dan literatur, pasti tak asing dengan sosok Anne Frank. Anne Frank adalah seorang gadis Yahudi yang dalam persembunyiannya menghabiskan waktu dengan menulis buku harian dan novel-novel hasil pemikirannya. Kamu bisa mengenal lebih dalam sosok yang cerdas dan inspiratif ini dengan mengunjungi Anne Frank House.

Situs bersejarah satu ini dulunya sempat menjadi tempat persembunyian keluarga Frank dari tentara Nazi pada Perang Dunia II. Setelah perang berakhir, sang ayah, Otto Frank kembali ke rumah tersebut dan menemukan karya-karya tulis putrinya yang patut dipublikasikan ke masyarakat dunia.

Berkunjung ke Anne Frank House merupakan salah satu pengalaman yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Amsterdam. Rumahnya memang kecil dan kamu harus mengantri dengan sabar untuk menelusuri rumah ini. Satu tour bisa memakan waktu sekitar satu jam. Namun, dijamin gak bakal nyesel setelah “berkenalan” dengan sosok inspiratif Anne Frank melalui rumah bersejarah satu ini.

Anne Frank House 2017

Anne Frank House 2017

2.Royal Palace Amsterdam

Satu lagi situs bersejarah yang patut kamu kunjungi di Amsterdam adalah Royal Palace Amsterdam. Lokasi ini merupakan salah satu landmark kerajaan Belanda kuno di Amsterdam. Istana satu ini diakui memiliki keindahan arsitektur dan interior yang mewah dan megah.

Kamu bisa mengelilingi istana dengan audio-guide yang bekerja dengan sangat baik (tersedia dalam bahasa Inggris). Jadi lebih leluasa menelusuri istana sendirian namun tetap mendapatkan informasi yang menarik.

Lokasi istana satu ini memiliki jadwal buka untuk wisatawan yang berganti-ganti setiap waktunya. Kamu bisa melihat jadwalnya di situs resminya.

Royal Palace Amsterdam berlokasi di Dam Square, salah satu alun-alun kota yang terkenal di Belanda. Kamu bisa menemukan banyak restoran dan cafe untuk beristirahat setelah kunjungan ke istana.

Traveling Belanda Palace Amsterdam

Berpose di depan palace dengan teman lama

Klook.com

3. Bloemenmarkt (untuk Belanja)

Belanja merupakan salah satu agenda yang wajib ada dalam rencana traveling Belanda kamu. Ada banyak pasar tradisional yang indah dan menjual berbagai souvenir otentik Belanda di Amsterdam. Salah satu yang paling indah dan recommended adalah Bloemenmarkt.

Bloemenmarkt merupakan pasar bunga apung yang terkenal di Amsterdam. Pasar ini berlokasi di pinggir kanal Singel, berada di antara Jalan Muntplein dan Koningsplein. Mau belanja bunga atau sekedar window shopping di lokasi ini bisa menjadi agenda sederhana yang menyenangkan.

Pasarnya rapi dan kamu bisa melihat berbagai bunga berwarna cerah yang masih segar-segar. Mulai dari bunga tulip, matahari, mawar, dan aneka bunga lainnya sesuai dengan musim. Bloemenmarkt akan tampak lebih indah dengan bunga-bunga tersebut pada musim panas.

Di pasar ini, kamu juga bisa menemukan berbagai souvenir khas Belanda. Mulai dari sepatu kayu (klompen), aneka keramik, gantungan kunci, magnet kulkas, dan masih banyak lagi!

Amsterdam Market

4. Brouwersgracht

Belanda juga terkenal dengan kanal-kanalnya yang indah dan bersih. Salah satu kanal dengan keindahan menawan adalah kanal Brouwersgracht. Kanal ini memiliki pemandangan yang indah setiap musimnya.

Kanal ini juga tidak terlalu ramai karena cukup jauh dari pusat wisata di Amsterdam. Jadi pemandangan kanal dan jalan-jalan di area ini cukup tenang dan sepi. Di area ini juga terdapat berbagai cafe dan restoran seperti cafe kopi, restoran pizza dan chinese food, dan berbagai jenis toko lainnya.

Kita bisa melihat perahu lalu lalang di kanal ini dan beberapa pasar apung. Jalan-jalan santai atau menyewa sepeda bisa menjadi agenda yang menyenangkan buat kamu!

Kanal Amsterdam

Nongkrong di salah satu cafe di samping kanal di Amsterdam 2017

Itu tadi beberapa tempat wisata di Amsterdam yang patut kamu kunjungi saat melakukan traveling Belanda. Untuk apply visa ke Belanda, kamu bisa apply visa Schengen. Visa ini  bisa kamu pakai untuk traveling ke 26 negara Eropa lainnya.  Pengalamanku pribadi apply visa ini, melalui kedutaan Belanda yang di wakilkan VFS dapat visa multiple entry selama lima tahun. Lihat video Youtubenya di bawah ya dan jangan lupa subscribe.

Selamat berlibur di negara kincir angin!