Buat kamu memiliki pasangan seorang warga negara luar negeri seperti Belanda atau sekedar bercita cita melangsungkan pernikahan di negara kincir angin tersebut, prosesnya memang gak gampang. Makanya saya tuliskan secara lengkap syarat menikah di luar negeri dan juga dokumen yang dibutuhkan. Saya sendiri berhasil menikah di Belanda di bulan Agustus 2021 lalu dan jujur lumayan banyak dokumen dan prosedur di lalui. Tulisan ini saya buat untuk membantu para pasangan yang ingin menikah di Belanda. 

Persyaratan Menikah di Luar Negeri

Sebenarnya syarat menikah di Belanda  tidak jauh berbeda dengan menikah di luar negeri lain, hanya saja jika kamu ingin melangsungkan pernikahan di sana, kamu mesti mengurus perijinan dan administrasi di kedutaan. Hal ini dilakukan untuk menjamin sahnya pernikahan kamu dengan pasangan. Berikut adalah syarat menikah di Belanda yang bisa kamu ketahui kedua calon mempelai harus:

– Telah berusia 18 tahun ke atas 

– Tidak memiliki hubungan darah

– Harus  memiliki status single dan tidak terikat dengan hubungan register Partnership atau pernikahan dengan orang lain.

– Salah satu dari calon mempelai atau keduanya harus asli warga negara Belanda ataupun warga negara asing yang memiliki izin tinggal di Belanda.

Kalau kamu sudah memenuhi syarat di atas maka kamu bisa lanjut dengan mempelajari cara pernikahan dan mempersiapkan dokumen untuk melangsungkan pernikahan di Belanda.

Acara Menikah di Luar Negeri Olivia

Aturan Melangsungkan Pernikahan di Belanda

Jika di Indonesia kita biasanya melaksanakan pernikahan secara agama dan pencatatan negara sekaligus, maka berbeda dengan peraturan pernikahan di Belanda. Di Belanda sediri hanya pernikahan secara negara alias pernikahan sipil lah yang diakui secara resmi. Dengan kata lain di Belanda pasangan calon harus melangsungkan pernikahan secara sipil terlebih dahulu barulah melangsungkan pernikahan sesuai agama. 

Setiap pemerintah kota di Belanda punya aturannya masing-masing sehingga ada baiknya jika kamu atau pasangan mencari informasi terlebih dahulu tentang peraturan di Gemeente (pemerintah lokal) setempat.

Pernikahan secara agama bisa dilangsungkan di rumah ibadah seperti masjid atau gereja Indonesia yang kamu pilih setelah menghubungi tempat ibadah tersebut. 

Dokumen yang Perlu Disiapkan

Jika sudah memenuhi syarat untuk melangsungkan pernikahan di Belanda maka selanjutnya kamu harus mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan. Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan diantaranya:

– Kartu identitas atau paspor calon mempelai

– Akta kelahiran

– Surat Keterangan Belum Menikah atau SKBM khususnya jika menggunakan khususnya visa turis. 

– Untuk yang pasangannya WNA maka wajib mempersiapkan Letter of No Impediment alias Surat Single 

– Surat cerai atau surat kematian pasangan sebelumnya jika salah satu atau kedua mempelai pernah menikah.

Seluruh dokumen harus diterjemahkan menggunakan salah satu bahasa ini: bahasa Belanda, Inggris, Jerman, dan Prancis. Saya sendiri memilih untuk diterjemahkan ke bahasa Inggris saja.

Konsultasi Traveling Aja Dulu Olivia

Legalisir Dokumen Nikah Luar Negeri

Untuk kasus saya karena akte kelahiran saya sebelum menikah belum digital, maka saya sempat meminta update di Dinas Pencatatan Sipil di lokasi KTP saya (Medan). Akte kelahiran saya yang di update akhirnya ada barcode nya serta terjemahan bahasa Inggris sehingga tidak perlu diterjemahkan ke Bahasa Inggris.

Setelah di terjemahkan maka seluruh dokumen harus di legalisir di Kedutaan Belanda. Proses legalisir harus melalui Kementerian HAM dan Hukum, lalu ke Kementerian Luar Negeri sebelum akhirnya dilegalisir di Kedutaan Besar Belanda di Jakarta. Dokumen yang dilegalisir untuk kasus saya ada 3 yakni Akta Kelahiran, SKBM dan terjemahan SKBM. Karena saya tinggal di Bali dan ribet bolak balik ke Jakarta untuk legalisir maka saya meminta jasa agen. Jasa yang saya pakai waktu itu adalah Aksara, bisa kontak sendiri ya di link ya, rekomen lah Bapaknya sabar.

Beberapa gemeente akan meminta surat keterangan domisili jika calon mempelai tinggal di Belanda. Itulah sebabnya kamu harus mencari informasi secara detail dari gementee yang akan menjadi lokasi kamu menikah nanti. Biasanya informasi terkait pernikahan disediakan di website setiap Gemeente khususnya di bagian trouwen en geregistreerd partnerschap.

Selain dokumen diatas kamu juga perlu mempersiapkan copy identitas berupa paspor dari saksi pernikahan nantinya. Masing masing mempelai bisa mengajak 2 saksi jadi total 4 saksi. Saksi juga diharuskan sudah berusia 18 tahun. Waktu itu saksi saya adalah mantan teman kerja saya yang domisili di Hamburg (terimakasih Hani) dan Bulang Pakutanta (sesama suku Karo yang sudah jadi WN Belanda). Sementara suami mengundang adik kandung dan sahabatnya sebagai saksi.

Saksi Menikah di Luar Negeri

Opsi Menikah Belanda

Perlu diketahui jika di Belanda ada dua opsi menikah tergantung pada biaya yang dibebankan yakni menikah secara gratis dan berbayar. Pasangan yang memilih menikah secara gratis bisa menikah di kantor gemeente pada slot dan jam yang ditentukan. Banyaknya pasangan termasuk warga Belanda yang memilih opsi ini membuat waiting list opsi ini cukup panjang hingga berbulan-bulan lamanya. Jika kamu memilih opsi menikah secara gratis maka pernikahan hanya dihadiri oleh 4 orang yakni kedua mempelai dan dua orang saksi.

Kamu juga bisa memilih untuk nikah berbayar di kantor Gemeente jadi kamu mau flexible dengan waktu dan tidak harus nunggu lama. Saya sendiri memilih opsi ini karena suami ingin acara dilangsungkan hari Jumat. Kebetulan Gemeente Tilburg tempat kita menikah adalah bekas kastil sehingga suasananya lumayan romantis.

Sementara itu jika memilih untuk menikah di venue lain di luar kantor Gemeente, venue yang kamu pilih biasanya akan men charge lebih mahal. Biaya yang dibebankan tentunya beragam dan sesuai dengan tempat maupun fasilitas yang didapatkan. Biaya tersebut juga di luar biasa yang kamu bayarkan ke Gemeente karena mengundang penghulu dari gemeente yang meresmikan pernikahan kamu di venue pilihan kamu tersebut.

Upacara Menikah di Luar Negeri

Tata Cara Menikah di Luar Negeri Belanda

Kalau kamu masih bingung tentang bagaimana melangsungkan pernikahan di Belanda terutama jika kamu adalah warga negara Indonesia, kamu bisa ikuti langkah berikut!

  1. Pahami syarat pernikahan di Belanda dengan mengakses website atau tanyakan pada Gemeente setempat. Saya dan pasangan juga beberapa kali menghubungi gementee Tillburg untuk konfirmasi.
  2. Siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan kemudian buat appointment atau perjanjian temu untuk memverifikasi dokumen-dokumen tersebut.
  3. Setelah semua syarat terpenuhi dan kamu sudah mendapatkan izin menikah di Belanda, kamu dan pasangan selanjutnya bisa membuat ondertrouw atau notification of intended marriage. Pada tahapan ini biasanya kamu dan pasangan sudah harus menetapkan tanggal dan waktu pernikahan. Kamu juga harus sudah menetapkan jenis pernikahan baik gratis maupun berbayar, saksi pernikahan dan venue baik stadhuis atau tempat yang disewa sendiri serta trouw ambtenaar atau semacam penghulu yang akan menikahkan kamu dan pasangan.

Jangan lupa juga untuk meminta trouwboekje atau International Marriage Certificate pada saat pendaftaran pernikahan yang nantinya akan berguna untuk mencatatkan pernikahan di KBRI Den Haag dan selanjutkan dicatatkan di Disdukcapil KTP kamu berada agar pernikahanmu resmi di Indonesia.

cincin nikah belanda

Prenup Sebelum Menikah di Luar Negeri

Satu hal yang perlu diingat adalah jika kamu ingin memiliki properti di Indonesia, jangan lupa untuk melakukan perjanjian pra nikah dari notaris di Indonesia. Kalau tidak kamu akan kehilangan properti yang kamu miliki sebelum menikah berdasarkan UU Agraria indonesia. 

Meskipun begitu perjanjian pra nikah tidak hanya soal harta benda saja, tetapi juga bisa membuat soal tanggung jawab setiap pihak maupun soal memiliki anak. Dalam mengurus perjanjian pra nikah ada baiknya kamu menggunakan jasa Notaris yang memiliki wawasan internasional agar semuanya bisa berjalan dengan lancar. 

Sementara menurut hukum Belanda harta yang dimiliki sebelum menikah adalah milik masing-masing dan harta setelah menikah adalah aset bersama. 

Secara umum alur pernikahan di Belanda bisa mengikuti langkah di atas. Namun ada baiknya kamu cek terlebih dahulu aturan di gemeente tujuan karena sekali lagi setiap Gemeente memiliki peraturan yang berbeda-beda.

Itulah syarat-syarat dan dokumen yang dibutuhkan jika kamu ingin menikah secara resmi di Belanda. Nikah di luar negeri memang cukup repot tetapi akan lebih mudah jika kamu prepare dari awal. Semoga membantu ya!

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba