Kuala Lumpur (KL) merupakan salah satu destinasi multikultural, ramah untuk traveller asal Indonesia yang masih satu rumpun. Selain orang Melayu, KL merupakan rumah bagi para keturunan Tionghoa, Singapura, dan India yang cukup mendominasi keberagaman ras di ibu kota Malaysia ini. Dengan keberagamannya, wisata Kuala Lumpur menyajikan banyak hal menarik; mulai dari situs sejarah, kuliner khas, atau sekedar nuansa multikultural corak Asia yang memberikan kesan tersendiri selama kita menghabiskan waktu di Kuala Lumpur.

Untuk pengalaman liburan maksimal dan nyaman, simak panduan wisata Kuala Lumpur terlengkap berikut ini!

Bahasa yang Digunakan di Kuala Lumpur

Malaysia sendiri memiliki bahasa sendiri yaitu bahasa Melayu. Kamu mungkin sudah familiar dengan bahasa Melayu yang kurang lebih serupa dengan bahasa Indonesia. Bahasa Melayu menjadi bahasa percakap umum bagi penduduk KL. Namun, tak sedikit pula lokasi-lokasi umum dimana bahasa Mandarin, India, dan Inggris akan terdengar.

Sebagai negara persemakmuran Inggris, akan banyak lokasi dengan nama ala Barat yang mudah dimengerti, begitu juga papan informasi dan petunjuk jalan yang bilingual (Melayu dan Inggris) di tempat wisata Kuala Lumpur maupun tempat umum seperti stasiun, bandara, hotel, dan restoran. Jadi kamu tak perlu khawatir akan batasan bahasa selama liburan di Kuala Lumpur.

musem Asean kuala lumpur

Mata Uang & Penukaran Uang di Kuala Lumpur

Mata uang yang berlaku di Kuala Lumpur, Malaysia adalah ringgit. Tempat terbaik untuk menukar uang rupiah ke ringgit adalah bank lokal, namun perlu diperhatikan juga kurs yang bisa berubah setiap saat. Jika kamu berencana menukar uang setelah sampai di Kuala Lumpur, ada tiga tempat pilihan; booth bandara, money changer resmi, dan bank.

Semuanya merupakan pilihan yang aman, namun menukar uang di bandara biasanya lebih mahal dan nilai tukar jelek. Paling ideal adalah menukar uang di money changer yang resmi. Jangan sampai salah tempat dan tergoda dengan harga jual yang murah, ya!

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Pilihan Transportasi di Kuala Lumpur

1. Transportasi dari Bandara ke Kota

Ada dua bandara di Kuala Lumpur; KLIA dan KLIA2. Karena kamu pastinya mengambil ada dalam penerbangan internasional, kemungkinan besar kamu akan mendarat di bandara KLIA. Untuk sampai ke penginapan yang ada di kota, ada beberapa alternatif transportasi yang bisa kamu pilih. Untuk pilihan transportasi cepat, kamu bisa naik KLIA Express, semacam kereta cepat dengan jarak tempuh 28 jam ke pusat kota.

Ada juga pilihan dengan bus dari bandara dengan jarak tempuh satu jam lebih (tergantung situasi jalan), atau memanggil taxi online yang bisa dipesan melalui aplikasi online seperti MyCar atau Grab.

 2. Bus Rapid-KL

Salah satu pilihan keliling transportasi untuk keliling Kuala Lumpur adalah dengan menaiki bus Rapid-KL. Bus ini merupakan bus tingkat dengan warna krim dan biru dengan aksen merah. Merupakan bus umum yang biasa digunakan oleh orang lokal maupun turis. Bisa kamu temukan dengan menunggu di halte kota yang tersebar di berbagai titik.

3. KL Monorail/LRT/KTM/MRT

KL Monorail merupakan kereta dalam kota dengan fasilitas lengkap dan nyaman. Kereta ini memiliki satu jalur saja, menghubungkan KL Sentral hingga Titiwangsa. Jika kamu membeli tiket KL Monorail, kamu juga bisa naik LRT di Stasiun Hang Tuah tanpa harus beli tiket lagi. Kemudian ada Light Rapid Transit (LRT) merupakan kereta sejenis KL Monorail namun dengan kapasitas yang lebih besar.

LRT memiliki dua jalur yaitu jalur Ampang-Sri Petaling dan jalur Kelana Jaya. Lalu ada MRT, sebagai transportasi tepanjang dengan kapasitas paling besar jika dibandingkan dengan transportasi umum lainnya. MRT hanya memiliki satu jalur bernama MRT Sungai Buloh-Kajang (SBK), bisa dinaiki buat kamu yang hendak berkunjung ke Pasar Seni atau Bukit Bintang.

travel kuala lumpur krl

Buat kamu yang hendak mengunjungi Batu Caves di Kuala Lumpur, KTM Komuter bisa menjadi pilihan transportasi yang tepat. Tak perlu bingung cari jalur atau petunjuk arah, ada jalur yang langsung membawa kamu ke tempat wisata Kuala Lumpur Batu Caves dengan KTM Komuter.

4. KL-Go

Ingin keliling Kuala Lumpur gratis? Kamu bisa naik KL-Go! Transportasi umum memang disediakan oleh pemerintah khusus untuk turis agar bisa keliling KL secara maksimal dan gratis.

Rekomendasi Tempat Wisata Kuala Lumpur

1. Kuala Lumpur Tower

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi puncak menara tertinggi KL Tower, menara tertinggi kelima di dunia. Melalui spot ini, kamu bisa melihat keindahan kota Kuala Lumpur dengan luas pandang 360 derajat. Tak hanya melihat pemandangan kota di spot terbaik, kamu juga bisa bersantai sambil menikmati aneka kuliner, atau belanja souvenir sebagai oleh-oleh di puncak KL Tower ini.

wisata kuala lumpur

2. Petronas Towers

Satu lagi menari ikonik yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Kuala Lumpur adalah Petronas Towers. Kalau menara kembar satu ini merupakan bangunan megah serbaguna untuk berbagai fasilitas, mulai dari gedung perkantoran, pusat budaya dan science, dan masih banyak lagi. Lokasinya ada di tengah kota KL jadi mudah diakses. Minimal sempat diri berkunjung ke Petronas Tower untuk berfoto di halamannya.

3. Bukit Bintang di Jalan Alor

Nikmati nuansa keramaian kota Kuala Lumpur di malam hari dengan nongkrong di Bukit Bintang, lokasinya di Jalan Alor. Lokasi ini juga memiliki banyak warung makanan lezat. Terutama untuk aneka menu seafood seperti ikan bakar, pancake tiram, dan aneka sate. Adapun kedai yang terkenal di Bukit Bintang di antaranya; Wong Ah Wangyang, Terminal Sate Zul, dan restoran Meng Kee.

4. Batu Caves

Batu Caves merupakan tempat wisata Kuala Lumpur yang wajib kamu kunjungi. Lokasi ini memiliki pesona alam dan desain arsitektur kunonya yang megah peninggalan Hindu dengan corak India yang khas. Kamu bisa menjelajahi gua dengan aman dan melihat patung-patung di Art Gallery Cave dan Museum Cave.

batu cave kuala lumpur

5. Sultan Abdul Samad Building

Satu lagi spot bagus untuk berfoto saat sedang menjelajahi kota Kuala Lumpur adalah Gedung Sultan Abdul Samad. Bangunan bersejarah yang telah berdiri sejak tahun 1897 ini masih sangat terawat keindahannya. Pemerintahan KL memutuskan untuk memfungsikan gedung ini sebagai kantor Kementerian Komunikasi, Budaya, dan Informasi, jadi gedung tetap terawat secara alami. Mengunjungi spot ini kamu bisa mendapat latar kota seperti di negara Timur Tengah.

Makanan Khas Kuala Lumpur yang  Wajib Dicoba

Makanan khas Malaysia dijamin cocok dengan selera orang Indonesia pada umumnya. Tak hanya masakan Melayu, ada banyak makanan dari budaya Asia lainnya yang menjadi kuliner khas di Kuala Lumpur. Berikut aneka makanan yang wajib kamu coba saat di Kuala Lumpur.

  1. Nasi Lemak: Nasi lemak merupakan hidangan yang cukup serupa dengan nasi campur rang Indonesia namun isiannya sedikit berbeda. Nikmati Nasi lemak komplit dengan ayam, ikan haring, kacang, telur rebus, dan bumbu sejenis sambal yang nikmat.
  2. Nasi Ayam: Nasi ayam khas Malaysia juga memiliki cita rasa tersendiri yang patut kamu coba. Nasi ayam ini sebetulnya hidangan Cina dimana ayam diberi bumbu kecap asing, wijen, dan jahe. Kemudian dimakan dengan bumbu pendamping tumbukan jahe dan bawang, dan sambal.
  3. Sate: Mungkin terlihat sama, namun sate Malaysia punya cita rasa tersendiri jika dibandingkan dengan sate khas Indonesia. Cobain sendiri untuk menemukan kelezatan yang berbeda!
  4. Bak Kut Teh: Makanan satu ini sejenis sup dengan isian sayur dan daging tanpa lemak. Cita rasanya lembut, paling enak disantap selagi panas.
  5. Wantan Mee: Ada banyak aneka mie goreng khas Malaysia, Wantan Mee merupakan salah satu jenis mie yang patut kamu coba. Mie goreng satu ini dimasak dengan bumbu barbeque dan kecap hitam yang mantap.

nasi lemak wisata kuala lumpur

Itu tadi berbagai informasi seputar wisata Kuala Lumpur komplit yang perlu kamu ketahui. Nikmati liburan maksimal di Kuala Lumpur dengan mengunjungi berbagai spot ikonik dan mencicipi makanan khas beragam, selamat berlibur!