Traveling sekarang ini udah jadi lifestyle di kalangan milenial, termaksud aku. Jika kamu gemar traveling maka kamu tentunya ingin menyimpan atau membagikan cerita maupun pengalaman serta tips yang dapat berguna saat traveling. Meskipun kamu bisa membagikannya lewat media sosial, penyimpanan cerita dan membagikan kisah lewat blog travel bisa jadi pilihan yang tepat. Selain bisa berbagi tips dan pengalaman seputar traveling, dengan membuat blog travel sendiri dan menjalaninya dengan serius, kamu juga bisa mendapatkan mendulang pundi-pundi uang. Kalau kamu tertarik, yuk ikutan tipsku cara membuat blog travel lewat wordpress berikut ini!

Pilih Nama dan Daftarkan Domain

Memilih nama domain adalah langkah utama untuk membuat travel blog. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum memilih nama domain. Sebelum memilih nama pastikan nama yang kamu gunakan untuk domain kamu mudah diingat dan sesuai dengan tujuan kamu membuat travel blog. Pilih nama dengan seksama karena mengganti nama website di kemudian hari bukanlah hal yang mudah.

Untuk mengetahui apakah domain sudah digunakan maka kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu di Google dan juga sosial media. Setelah mendapatkan nama domain kamu bisa membeli dan mendaftarkannya. Jika domain .com tidak tersedia maka kamu bisa coba menggunakan domain lainnya.

Pilih Provider Hosting Terpercaya

Setelah yakin dengan nama domain yang akan digunakan, selanjutnya kamu bisa memilih provider hosting. Provider hosting sendiri diibaratkan seperti bangunan rumah di dalam internet di mana domain adalah alamat rumahnya. Hosting adalah tempat dimana semua data travel blog kamu nantinya bisa disimpan diakses dengan mudah. Ada dua pilihan hosting yang bisa anda gunakan yakni hosting gratis dan berbayar.

Jika kamu serius dan ingin menghasilkan uang dari travel blog maka anda bisa memilih hosting berbayar. Entah gratis atau berbayar, pastikan anda hanya memilih hosting terpercaya dengan harga yang relevan dan pelayanan yang terbaik. Dengan hosting berbayar biasanya kamu bisa mengkostumisasi travel blog sesuka hati. Salah satu provider VPS hosting yang bisa kamu gunakan adalah VPN Murah ini dari Niaga hosting. Dengan menggunakan vps hosting dari Niaga hosting kamu bisa memiliki server pribadi dan tidak perlu berbagi dengan pengguna lain,

Rencanakan Konten dan Artikel

Kini kamu sudah memiliki travel blog dengan domain dan hosting yang terpercaya, langkah selanjutnya adalah merencanakan konten dan artikel yang akan kamu masukkan ke dalamnya. Kenali dashboard blogging yang sudah dihubungkan dengan hosting terlebih dahulu.

Sebelum membuat konten atau artikel kamu harus mengetahui topik apa yang sesuai dengan tema atau niche travel blog kamu agar konten kamu nantinya lebih konsisten. Agar lebih mudah,kamu bisa membuat content plan dalam tabel yang disesuaikan dengan waktu konten dan artikel itu akan terbit. 

CaraButTravelBlog1

Blog TravelingAjaDulu.com aku buat di awal pandemi di 2020. Senangnya hingga kini sudah mulai rame 🙂

Pilih Platform untuk Blog

Langkah selanjutnya adalah memilih platform login yang tepat untuk travel blog kamu. Ada banyak platform blogging yang tersedia saat ini diantaranya WordPress, Wix, Web.com, Blogger, Thumblr dan lainnya.

WordPress adalah platform blogging paling populer yang bisa kamu gunakan. Platform yang sudah ada sejak tahun 2003 ini mendukung 43% website yang ada di internet. Jika anda serius mengembangkan travel blog maka WordPress bisa jadi pilihan yang baik karena anda bisa mengontrol penuh setiap aspek yang ada di website kamu. WordPress juga memiliki banyak plugin dan tema gratis sehingga kamu dapat mengkustomisasinya dengan lebih mudah. kamu juga bisa menambahkan berbagai fitur seperti toko online, keanggotaan, dan lainnya.

Cari Tema WordPress yang Sesuai

Memilih tema WordPress yang sesuai dan juga menarik tentunya juga harus dipertimbangkan. Saat ini pengunjung travel blog kamu tentunya akan lebih tertarik jika layout blog kamu memiliki desain yang cantik. Saat ini ada dua opsi memilih tema yang bisa digunakan yakni tema gratis dan premium.

Jika kamu baru berlatih membuat travel blog ada baiknya kamu menggunakan tema gratis. Sebaliknya tema premium bisa digunakan Jika kamu benar-benar serius dan ingin mendulang keuntungan dari travel blog. Beberapa platform yang menyediakan tema WordPress premium di antaranya Theme Forest, Elegant Themes, dan StudioPress. Tema berbayar tentunya terlihat lebih cantik dan menarik serta punya lebih banyak varian dibandingkan tema gratis.

Instal Plugin yang Dibutuhkan

Menginstal plugin adalah langkah kunci untuk menjalankan travel blog profesional dan menghasilkan uang. Setidaknya terdapat 59.000 plugin yang tersedia di WordPress depository saat ini. kamu bisa menggunakan plugin yang disediakan WordPress atau developer di luar depository.

Adapun beberapa plugin yang bisa jadi pilihan adalah Yoast SEO untuk optimalisasi konten, WP Rocket untuk loading lebih cepat, Google Analytics untuk memantau pengunjung, Akismet untuk menyaring spam, social media share button untuk membagikan konten di sosial media dan lainnya. kamu bisa memilih plugin yang akan digunakan tetapi sebaiknya tidak memasang plugin terlalu banyak karena hal ini justru bisa menghambat kinerja blog kamu.

Demikian langkah membuat travel blog yang bisa anda ikuti dengan mudah. Pastikan kamu memilih semuanya dengan baik dan melakukan langkah-langkahnya dengan benar agar travel blog kamu sesuai dengan yang kamu harapkan.