Ketika ingin membuat website, memilih layanan yang terbaik merupakan hal yang paling penting. Banyak pertanyaan muncul mengenai VPS dan hosting. Lantas manakah yang lebih bagus untuk menghasilkan website berkualitas, VPS atau Hosting?

VPS atau Hosting; Sekilas Tentang Hosting

Hosting adalah tempat menyimpan semua file dan data website. Hal ini memungkinkan penggunanya termasuk banyak orang dapat mengakses konten melalui internet. File yang disimpan tersebut bisa berupa video, gambar, email, hingga database.

Tanpa adanya hosting, kamu tidak akan bisa membuat website. Kamu pun memerlukan hosting dengan sumber daya yang besar jika ingin membangun website dengan kapasitas dan performa tinggi. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhitungkan spesifikasi sebelum memutuskan untuk Sewa server Indonesia.

Kelebihan Hosting 

Sebenarnya hosting sendiri terdiri dari beberapa macam paket. Setiap jenis hosting memiliki kelebihannya masing-masing. Berikut kelebihan dari setiap paket hosting, antara lain: 

1. Shared Hosting 

Ini merupakan jenis hosting yang servernya dipakai bersama-sama oleh banyak user sekaligus. Kamu akan berbagi fasilitas hosting mulai dari disk space dan lainnya. kelebihan dari hosting ini ialah harganya yang ekonomis dan penyedia hosting mengelola sepenuhnya server hosting.

2. VPS Hosting 

Pengguna tunggal biasanya memakai VPS Hosting sebagai hosting pribadi. Penggunaan server oleh pihak lain tidak akan mempengaruhi jenis server ini. Kamu memiliki kebebasan untuk mengatur dan mengelolanya secara mandiri. Untuk harganya sendiri lebih terjangkau jika dibandingkan server dedicated. 

3. Cloud Hosting 

Hosting jenis ini resource-nya sama dengan VPS namun kemudahan penggunaannya sama dengan Shared Hosting. Dengan begitu, kamu tidak perlu memiliki skill teknis mengelola server untuk bisa menggunakannya.  Kelebihan dari server ini ialah memiliki cukup banyak resource dan full managed oleh penyedia hosting. 

4. WordPress Hosting 

Pengguna WordPress dengan spesifikasi mirip Shared Hosting biasanya menggunakan jenis hosting ini. User akan lebih mudah membangun website dengan beberapa klik saja. Kelebihannya tentu saja harga jauh lebih ekonomis dan terintegrasi dengan WordPress. Bagi pemula, server ini sangat ramah atau user friendly.

Hosting ini khusus bagi kamu yang ingin membangun website dengan CMS WordPress. Kamu tidak perlu memusingkan perihal teknis dan akses cPanel untuk edit file website maupun pengaturan lainnya. Pengelolaan website mudah dengan sistem keamanan dan kecepatan website yang terjamin. 

5. Dedicated Hosting 

Hosting ini merupakan server yang digunakan oleh satu pengguna saja. Kamu memiliki kebebasan untuk mengelola dan mengatur server sesuai dengan kebutuhan. kelebihannya yaitu resource yang sangat besar dan mampu menampung trafik tinggi. Selain itu juga mampu menyimpan data dalam jumlah yang sangat banyak serta memiliki akses root untuk mengatur server. 

Sekilas Tentang VPS 

Jika sebelumnya sudah membahas mengenai hosting, maka kali ini kita akan membahas mengenai VPS. VPS ialah server yang bersifat virtual yang menjadikan servernya tidak memiliki fisik. Server ini menggunakan teknologi virtual dengan hardware server fisik yang dibagi menjadi beberapa sumber resource yang berbeda. 

Teknologi tersebut menjadikan satu server bisa memiliki beberapa virtual server yang akan kamu jalankan. Pemilik situs biasanya akan menyewa VPS karena jumlah traffic pada website sudah tinggi bahkan mencapai batas penggunaan yang disarankan. 

Kamu akan mendapatkan tawaran mengenai paket VPS yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. setiap paket memiliki kelebihan dan kelemahan sehingga harus teliti sebelum memutuskan untuk memilih salah satu dari paket tersebut. 

Kelebihan VPS 

Jika kamu ingin menggunakan VPS, setidaknya terdapat 5 kelebihan yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Kelebihan tersebut antara lain: 

1. Resource Lebih Terjamin 

Dengan menggunakan VPS, maka sumber daya server seperti RAM hingga bandwidth akan kamu alokasikan secara khusus Kamu tidak perlu berbagi resource dengan pengguna lainnya. 

2. Performa Lebih Reliable Dan Cepat 

Keunggulan lainnya adalah VPS  menawarkan skema dedicated resource  yang menghasilkan performa yang lebih cepat dan reliable. Kamu tidak perlu khawatir apabila virtual machine mengalami fluktuasi maupun downtime akibat terpengaruh pengguna lain. 

3. Meningkatkan Skala sesuai Kebutuhan

Kamu hanya perlu menyewa dan membayar sumber daya server yang kamu butuhkan saja. Nantinya apabila bisnis maupun perusahaan kamu berkembang dan membutuhkan resource tambahan, maka bisa meningkatkan skala bandwidth hingga sumber daya lainnya dengan mudah. 

4. Pengguna Bisa Mengontrol Sepenuhnya

Kamu memegang kendali penuh atas server ini. Meskipun kamu akan berbagi server dengan user lain, kamu akan tetap memperoleh akses SSH dan root ke server. Kamu juga bebas memilih sistem operasi dan aplikasi yang dipasang. 

5. Privasi Dan Keamanan Terjamin 

Server ini menjamin privasi dan keamanan file maupun database kamu. Pengguna lain tidak akan bisa mengakses data kamu meskipun dalam satu server yang sama. Kamu bisa memulihkan dengan cepat hal yang tidak diinginkan berkat fitur backup yang akan menjamin file terlindungi dengan baik dalam VPS.

Untuk kebutuhan pembuatan website, pemilihan hosting maupun VPS tentu bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan setiap orang. Kamu dapat menimbang berbagai kelebihan dan keurangan masing-masing sesuai kenyamanan kamu sebagai pengguna.