Traveling memang jadi salah satu agenda aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Untuk mendapatkan pengalaman traveling yang mengesankan dan nyaman, kamu tentu harus tahu beragam tips traveling yang akan sangat membantu. Seperti cara mengatur budget traveling dan cara supaya bisa traveling murah ke negara maju.

Mengatur budget yang harus kamu keluarkan selama perjalanan terutama ke luar negeri menjadi hal yang sangat penting. Karena tanpa pengaturan yang baik, kamu bisa menyesal nantinya jika menghabiskan tabungan atau budget untuk keperluan lainnya yang lebih penting.

Jangan sampai nantinya kamu menyesal setelah pulang dari luar negeri. Ada beberapa cara yang sebenarnya bisa kamu terapkan untuk mengatur masalah keuangan. Terutama jika kamu ingin mengunjungi negara-negara maju dseperti Eropa, Amerika dan Australia yang notabene dikenal dengan biaya hidupnya yang mahal.

Mau tahu cara mengatur keuangan atau budget saat berkunjung ke negara-negara tersebut? Ikuti tips traveling murah ke negara maju berikut ini!

Traveling Murah ke Luar Negeri

1. Manfaatkan Paket City Tour

Jika kamu ingin berkeliling kota selama perjalanan di luar negeri seperti di Eropa, Jepang dan Australia, kamu bisa manfaatkan paket kartu pas City Tour.  Kartu ini biasanya memiliki jangka waktu seperti 24 jam atau 48 jam tergantung peraturan yang berlaku di negara yang kamu kunjungi.

Dengan kartu pas City Tour ini kamu akan bisa menghemat biaya. Terutama ketika menggunakan kendaraan umum yang tersedia seperti bus, trem dan MRT. Harganya lebih murah jika kamu menggunakan cash atau pembayaran lainnya.

Cukup sekali bayar kamu bisa pergi kemana saja. Tak hanya itu, kamu bisa dapatkan diskon di berbagai objek wisata dalam kota seperti museum dan lainnya.

2. Gunakan Jasa Walking Tour

Cara kedua untuk menghemat budget sewaktu traveling adalah dengan menggunakan jasa free walking tour. Free walking tour ini adalah semacam tour keliling kota yang dipandu oleh tour guide atau warga lokal. Mayoritas pemandu merupakan mahasiswa yang sedang mencari tambahan dana untuk studi atau kebutuhan lainnya.

Meski judulnya gratis, kamu tidak boleh seenaknya menggunakan jasa mereka dan tetap harus memberikan tips selayaknya ya! Oh ya, jasa free walking tour ini biasanya ada di negara-negara maju seperti Eropa, Amerika dan Australia. Meskipun belum banyak tersedia negara lainnya khususnya di negara berkembang.

Free Walking Tour di Warsaw

Free Walking Tour di Warsaw Tahun 2019 yang lalu

3. Bawa Botol Minum Sendiri

Air minum juga jadi salah satu hal krusial yang wajib kamu perhatikan selama perjalanan. Jangan sampai kamu jadi lemas dan tidak fokus karena kurang mengkonsumsi air putih. Agar lebih hemat dan tak perlu buang uang untuk membeli air minum kemasan, kamu bisa membawa botol air minum kemanapun kamu pergi.

Jangan khawatir jika air minum yang kamu bawa habis di perjalanan. Biasanya di negara-negara maju kamu bisa menemukan fasilitas air minum di area publik atau drinking water fountain.

Selain bisa menghemat budget, membawa botol sendiri selama perjalanan bisa mengurangi sampah botol plastik yang tentunya baik untuk lingkungan. So, jangan sampai kelupaan membawa botol minum ya!

 

4. Cari Akomodasi Dekat Tempat Wisata

Supaya lebih mudah dan murah, kamu bisa mencari akomodasi atau tempat menginap yang dekat dengan tempat wisata atau fasilitas publik.

Hal ini memang sepele tapi akan lebih baik kalau tempat menginapmu dekat dengan mana saja. Ketimbang harus mengeluarkan biaya atau ongkos ekstra dan usaha lebih untuk pergi ke tempat wisata. Pastikan kamu mengecek lokasi hotel atau penginapan dan kemudahan aksesnya sebelum berangkat traveling. Kamu bisa liat di Booking.com

5. Belanja Oleh-oleh Di Pasar Lokal

Ini satu hal penting yang biasanya kerap wisatawan sepelekan. Kalau ingin berhemat dan tidak banyak uang banyak untuk membeli oleh-oleh untuk orang di rumah, sebaiknya jangan membelinya di tempat wisata karena harganya sudah tentu lebih mahal di bandingkan dengan di luar kawasan wisata.

Sebagai alternatifnya, kamu bisa cari oleh-oleh di pasar lokal untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan siapa tahu kamu juga bisa menawar harganya disana.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

6. Manfaatkan Transportasi Gratis

Di kota-kota tertentu di negara maju seperti Paris, London, Canberra, Madellin dan Tokyo juga menyediakan transportasi gratis untuk wisatawan yang bisa dipakai dalam jangka waktu tertentu. Seperti halnya di kota Melbourne, Australia, kamu bisa menikmati tour gratis Trem City Loop untuk keliling kota tua yang dipandu rekaman tour guide yang menjelaskan berbagai tempat bersejarah di kota tersebut.

Trem City Melbourne

Tremnya memang sudah tua, tapi unik dan gratis lagi!

Kamu tentu bisa memanfaatkannya untuk menghemat biaya wisata dan menambah pengetahuan tentang kota tersebut tanpa perlu buang biaya.

7. Cari Objek Wisata Gratis

Semua hal dengan embel-embel gratis pastinya akan sangat membantu mengatur dan menghemat biaya selama traveling di negara maju termasuk objek wisata gratis. Ada banyak sekali objek wisata gratis di negara maju dan kamu bisa menemukannya dengan mudah asalkan mau mencari informasinya.

Misalnya saja beberapa museum di London yang bisa kamu kunjungi gratis di hari-hari tertentu atau Garden By The Bay di Singapura yang juga bisa kamu datangi tanpa mengeluarkan biaya masuk seperakpun.

Kalau kamu berkunjung ke Hawaii, ada juga banyak pantai gratis yang bisa kamu kunjungi lho! Untuk mengetahui objek wisata gratis di negara destinasi, kamu bisa mencari informasi di internet atau dari sumber lainnya.

Mengunjungi objek wisata yang berbayar dan sedang populer sah-sah saja asalkan kamu menyukainya dan punya minat yang besar untuk masuk objek wisata tersebut.

Jangan sampai kamu hanya mengunjunginya hanya karena tempat tersebut sedang hits dan akhirnya hanya membuatmu jadi bosan, misalnya saja kamu mengunjungi museum padahal kamu tidak menyukai sejarah.

Itulah beberapa cara dan tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa traveling murah ke negara maju. Untuk tips murah traveling lainnya bisa di cek di artikel ini. Semoga bermanfaat.

Cek juga traveling ku ke Australia tahun 2019 lalu dengan menggunakan tips di atas, jangan lupa subcribe ya!

Informasi Berguna!

  • Untuk penginapan di luar negeri, aku saranin pesan via Booking.com, selain  pilihannya banyak mulai dari yang termurah hingga terlengkap, ada opsi untuk pembatalan gratis juga! Ini berguna banget kalau pesawata dan visa kamu bermasalah.
  • Kalau nyari tiket pesawa murah, aku selalu pakai di Skyscanner, karena gampang ketemu pilihan pesawat paling murah dan paling cepat sampai tujuan.
  • Kalau masih belum ketemu tiket pesawatnya tapi butuh jaminan pesawat untuk visa, kamu bisa pesan tiket sementara dengan harga murah di situs Dummy Tiket.
  • Dan kalau semuanya udah OK, pesawat, hotel dan visa, kamu ready berangkat, bisa pesan koper ukuran paling pas di pesawat di link Shopee.