Traveling memang jadi salah satu agenda aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan. Untuk mendapatkan pengalaman traveling yang mengesankan dan nyaman, kamu tentu harus tahu beragam tips traveling yang akan sangat membantu seperti cara mengatur budget traveling.

Mengatur budget yang harus dikeluarkan selama perjalanan terutama ke luar negeri menjadi hal yang sangat penting diketahui karena tanpa pengaturan yang baik, kamu bisa menyesal nantinya karena menghabiskan tabungan atau budget untuk keperluan lainnya yang lebih penting.

Jangan sampai nantinya kamu menyesal setelah pulang dari luar negeri, ada beberapa cara yang sebenarnya bisa diterapkan untuk mengatur masalah keuangan terutama jika kamu ingin mengunjungi negara-negara maju dseperti Eropa, Amerika dan Australia yang notabene dikenal dengan biaya hidupnya yang mahal.

Mau tahu cara mengatur keuangan atau budget saat berkunjung ke negara-negara tersebut? Ikuti caranya berikut ini!

  1. Manfaatkan Paket City Tour

Jika kamu ingin berkeliling kota selama perjalanan di luar negeri seperti di Eropa, Jepang dan Australia, kamu bisa manfaatkan paket kartu pas City Tour yang biasanya memiliki jangka waktu seperti 24 jam atau 48 jam tergantung peraturan yang berlaku di negara yang kamu kunjungi.

Dengan kartu pas City Tour ini kamu akan bisa menghemat biaya ketika menggunakan kendaraan umum yang tersedia seperti bus, trem dan MRT karena harganya lebih murah dibandingkan jika kamu menggunakan cash atau pembayaran lainnya. Cukup sekali bayar kamu bisa pergi kemana saja dan tak hanya itu, kamu bisa dapatkan diskon di berbagai objek wisata dalam kota seperti museum dan lainnya.

  1. Gunakan Jasa Walking Tour

Cara kedua untuk menghemat budget sewaktu traveling adalah dengan menggunakan jasa free walking tour. Free walking tour ini adalah semacam tour keliling kota yang dipandu oleh tour guide atau warga lokal yang mayoritasnya merupakan mahasiswa yang sedang mencari tambahan dana untuk studi atau kebutuhan lainnya.

Meski judulnya gratis, kamu tidak boleh seenaknya menggunakan jasa mereka dan tetap harus memberikan tips selayaknya ya! Oh ya, jasa free walking tour ini biasanya ada di negara-negara maju seperti Eropa, Amerika dan Australia dan belum banyak ditemukan di negara lainnya khususnya di negara berkembang.

  1. Bawa Botol Minum Sendiri

Air minum juga jadi salah satu hal krusial yang wajib diperhatikan selama perjalanan. Jangan sampai kamu jadi lemas dan tidak fokus karena kurang mengkonsumsi air putih. Agar lebih hemat dan tak perlu buang uang untuk membeli air minum kemasan yang harganya cukup mahal, kamu bisa membawa botol air minum kemanapun kamu pergi. Jangan khawatir jika air minum yang kamu bawa habis di perjalanan karena biasanya di negara-negara maju kamu bisa menemukan fasilitas air minum di area publik atau drinking water fountain.

Selain bisa menghemat budget, membawa botol sendiri selama perjalanan bisa mengurangi sampah botol plastik yang tentunya baik untuk lingkungan. So, jangan sampai kelupaan membawa botol minum ya!

  1. Cari Akomodasi Dekat Tempat Wisata

Supaya lebih mudah dan murah, kamu bisa mencari akomodasi atau tempat menginap yang dekat dengan tempat wisata atau dekat dengan fasilitas publik. Hal ini memang sepele tapi akan lebih baik kalau tempat menginapmu dekat dengan mana saja ketimbang harus mengeluarkan biaya atau ongkos ekstra dan usaha lebih untuk pergi ke tempat wisata. Pastikan kamu mengecek lokasi hotel atau penginapan dan kemudahan aksesnya sebelum berangkat traveling.

  1. Belanja Oleh-oleh Di Pasar Lokal

Ini satu hal penting yang biasanya kerap disepelekan oleh para wisatawan. Kalau ingin berhemat dan tidak banyak uang banyak untuk membeli oleh-oleh untuk orang di rumah, sebaiknya jangan membelinya di tempat wisata karena harganya sudah tentu lebih mahal di bandingkan dengan di luar kawasan wisata. Sebagai alternatifnya, kamu bisa cari oleh-oleh di pasar lokal untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan siapa tahu kamu juga bisa menawar harganya disana.

  1. Manfaatkan Transportasi Gratis

Di kota-kota tertentu di negara maju seperti Paris, London, Canberra, Madellin dan Tokyo juga menyediakan transportasi gratis untuk wisatawan yang bisa dipakai dalam jangka waktu tertentu. Seperti halnya di kota Melbourne, Australia, kamu bisa menikmati tour gratis Trem City Look untuk keliling kota tua yang dipandu rekaman tour guide yang menjelaskan berbagai tempat bersejarah di kota tersebut.  Kamu tentu bisa memanfaatkannya untuk menghemat biaya wisata dan menambah pengetahuan tentang kota tersebut tanpa perlu buang biaya.

  1. Cari Objek Wisata Gratis

Semua hal dengan embel-embel gratis pastinya akan sangat membantu mengatur dan menghemat biaya selama traveling di negara maju termasuk objek wisata gratis. Ada banyak sekali objek wisata gratis di negara maju dan kamu bisa menemukannya dengan mudah asalkan mau mencari informasinya.

Misalnya saja beberapa museum di London yang bisa dikunjungi gratis di hari-hari tertentu atau Garden By The Bay di Singapura yang juga bisa disambangi tanpa mengeluarkan biaya masuk seperakpun. Kalau kamu berkunjung ke Hawaii, ada juga banyak pantai gratis yang bisa dikunjungi lho! Untuk mengetahui objek wisata gratis di negara yang kamu kunjungi, kamu bisa mencari informasi di internet atau dari sumber lainnya.

Mengunjungi objek wisata yang berbayar dan sedang populer sah-sah saja asalkan kamu menyukainya dan punya minat yang besar untuk masuk objek wisata tersebut. Jangan sampai kamu hanya mengunjunginya hanya karena tempat tersebut sedang hits dan akhirnya hanya membuatmu jadi bosan, misalnya saja kamu mengunjungi museum padahal kamu tidak menyukai sejarah.

Itulah beberapa cara dan tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya dan mengatur budget selama traveling di negara maju. Semoga bermanfaat.