Pertama kali punya ide traveling ke New Zealand aka Selandia Baru, saya langsung tau bahwa saya ingin menjelajah dengan camper van alias caravan. Alasannya sebagai traveler yang suka menjelajahi alam, liburan mewah dengan menginap di hotel  terasa membosankan. Kalau dengan camper van dapat feel nya yang unik dan beda dari gaya traveling selama ini.

Awal tahun 2019 yang lalu, saya akhirnya berhasil mewujudkan impian traveling di New Zealand dengan camper van! Ternyata nyaman lho! Gak seperti bayanganku awalnya. Kendaraan yang lebih mirip seperti rumah berjalan ini memiliki fasilitas lengkap mulai dari toilet, tempat tidur, dapur hingga meja makan. Simak yuk pengalamanku.

Di Negeri Kiwi ini banyak sekali wisatawan lokal maupun asing yang melakukan perjalanan wisata ke berbagai destinasi dengan menyewa camper van. Tidak heran kalau kamu dapat menemukan perusahaan penyewaan camper van dengan mudah di seluruh Selandia Baru.

Mereka menawarkan berbagai jenis camper van dengan fasilitas yang beragam, mulai dari harga terjangkau sampai yang mewah dan lengkap yang tentu saja harga sewanya selangit. Kalau kamu punya rencana liburan ke Selandia Baru dengan menyewa camper vam, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Berikut ini beberapa informasi yang bisa kamu simak sebelum memulai perjalananmu di New Zealand dengan camper van.

camper van nz

Pilih Perusahaan Campervan Yang Terpercaya

Sebenarnya, untuk bisa menyetir di Selandia Baru sangatlah mudah, kamu hanya perlu mempunyai kemampuan menyetir dan SIM. SIM yang kamu miliki cukup diterjemahkan dan dilengkapi dengan fasilitas Translate Bersumpah atau Sworn Translator. Nantinya SIM milikmu hanya menjadi satu lembar HVS yang isinya sama persis dengan yang tertulis di SIM. Untuk mendapatkannya, cukup dengan modal sekitar 60.000 rupiah per lembar. Nyetir di New Zealand sama dengan di Indonesia, mudah banget yang penting perhatikan speed limit dan patuhi rambu-rambu lalu lintasnya.

Camper van atau yang dikenal juga dengan motorhomes ini memiliki beberapa tipe yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu bisa memiliki campervan dengan kapasitas 2,3,4, atau 6 orang. Cara menyewa dan memilihnya pun sangat mudah, semua bisa kamu bereskan lewat internet. Salah satu perusahaan penyewaan campervan yang sering direkomendasikan adalah Britz, yang memang sudah sangat terkenal di sana. Selain Britz, ada juga perusahaan penyewaancamper van lain seperti Wilderness, Jucy, Apollo, Iconic, Rockets, dan beberapa perusahaan lainnya. Untuk tips cara memilih campervan yang lebih detail, kamu bisa cek artikel ini.

Salah satu kelebihan yang menjadikan Britz layak untuk dipilih adalah kemudahaannya untuk drop off yang bisa berbeda tempat. Misalnya kamu mau mengambil campervan di Christchurch lalu ingin mengembalikannya di Queenstown. Plus, free pick up dan drop off ke bandara yang lumayan membantu untuk menghemat ongkos transportmu ke bandara.

Proses penyerahannya pun terbilang rigkas, setelah kamu dijemput gratis di bandara, selanjutnya kamu akan diantar ke Kantor Britz yang paling dekat dengan bandara yang dilanjutkan dengan penyerahan kode booking camper van. Salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh perusahaan ini adalah fitur express return yang memungkinkan kamu untuk mengembalikan campervan dalam kondisi kotor. Maksudnya, kamu bisa mengembalikan campervan tanpa menguras air, atau tanpa membuang isi kotoran yang ada di cassette toilet.

Saya sendiri waktu itu memilih camper van dari perusahaan Spaceship karena harganya jauh lebih murah dari perusahaan lain. Camper van nya gak terlalu baru tapi sangat layak pakai. Camper van kami di namakan rocket. Imut banget kan? Karena tidak ada fasilitas jemput dari bandar, saya harus jalan kaki ke kantor Spaceship rental sejauh 20 menit dari bandara sambil geret-geret koper seberat 20 kg. Tapi gak apa demi hemat!

Setelah tanda tangan, kamu akan diantar ke campervan yang akan kamu pakai, dengan sedikit penjelasan tentang cara mengemudi mobilnya. Kamu juga akan diberi nomor call center yang bisa dihubungi jika sewaktu-waktu membutuhkan bantuan mengenai perjalanan wisata dan campervan yang kamu sewa.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Berapa Sih Biaya Biaya Sewa Camper Van?

Bersantai di luar dengan campervan yang terparkir di musim panas memang menggoda, tapi pada musim panas harga travelling dengan vampervan cukup mahal loh. Yakni, dua kali lipat dari musim lainnya, kamu bisa mendapat harga lebih murah jika menyewanya ketika pertengahan musim atau selain musim panas.

Biasanya, kebanyakan perusahaan penyewaan campervan memiliki biaya tambahan bagi pengemudi muda, yaitu bagi mereka yang usianya di bawah 25 tahun. Harga camper van di Selandia Baru dimulai dari harga NZ$70 (Rp690 ribu) per hari dengan fasilitas tempat tidur, wastafel, dan kompor saja. Waspadai juga harga sewa camper van murah, karena bisanya dengan harga murah tersebut kamu akan diberi camper van tua. Kebetulan camper van yang saya sewa cuma seharga NZ $ 45 di perusahaan Spaceship. (lagi hoki waktu itu).

Waspadai juga biaya satu arah, maksudnya kalau kamu bepergian ke wilayah Pulau Utara ke Pulau Selatan, perusahaan penyewaan camper van biasanya memiliki biaya satu arah yang bisa mencapai NZ$300 atau Rp 2,6 juta. Sedangkan untuk harga bahan bakar di Selandia Baru seringkali berbeda-beda. Misalnya bahan bakar tanpa timbal yang harganya berkisar antara NZ$2 atau Rp 18.000 per liter, berarti kamu harus mengeluarkan uang sekitar NZ$90 atau Rp 803.000 untuk setangki penuh. Sementara itu, bahan bakar diesel lebih murah dimana biayanya berkisar NZ$ 62 atau Rp 552.000 sampai NZ$68 atau Rp 605.000 untuk jarak tempuh 1.000 km.

Ingat! Kamu Tidak Bisa Sembarang Tidur Dimana Saja

Selandia Baru punya beberapa aturan ketat untuk berkemah, kalau kamu benar-benar ingin tinggal di campervan tanpa membayar tempat berkemah untuk memarkirnya, maka pastikan bahwa camper van yang kamu sewa benar-benar lengkap. Dengan begini, memungkinkan kamu untuk tidur di ruang public mana saja tanpa ada batasan berkemah selama 3 malam. Tapi kalau kendaraanmu tidak lengkap, mau tidak mau kamu harus menggunakan taman liburan, atau perkemahan berbayar maupun gratis.

Kalau camper van kamu tidak dilengkapi fasilitas toilet, kamu tidak bisa parkir dimana saja. Kamu bisa cek area untuk camping di link  Booking.com ini. Di area camping ini biasanya juga di beri fasilitas seperti dapur, area sosialisasi, taman, ruang tamu dan area hiburan.

Kalau kamu berada di South Island, camping di Danau Tekapo yang berada di Distrik Mackenzie, Centerbury  bisa menjadi pilihan yang menarik. Tempat ini berada di sebuah bukit yang menghadap ke Lembah Mackenzie dengan pemandangannya yang menakjubkan dan aneka fasilitas yang membuatmu nyaman.

Ada beberapa fasilitas yang tentu sangat mendukung pelancong yang sedang jalan-jalan dengan camper van. Seperti toilet, shower dengan air panas, dapur, microwave, oven, dan fasilitas binatu. Kalau bosen berada di dalam camper van, kamu bisa menyewa sepeda, BBQ-an gratis di lapangan, atau menikmati cantiknya pemandangan danau sambil bersantai di meja piknik.

camper van nz rockets

camper van kita di namakan rockets

Untuk bisa camping dengan caravan di danau cantik ini, kamu tidak harus mengeluarkan uang alias gratis! Hanya saja maksimal campervan yang bisa berkemah di sini dibatasi sampai 5 campervan saja, jika lebih tentu yang lain akan diusir. Peraturan lain yang harus ditaati adalah, memarkirkan campervanmu di tempat yang telah ditentukan. Kalau kamu memarkirnya di luar tempat tersebut bersiaplah untuk menerima denda sampai NZD 200.

Sedangkan kalau kamu berada di North Island, ada Pantai Kaiaua, di Distric Gisborne, Hawkes Bay yang dapat menjadi tujuan tempatmu berkemah bersama campervan. Walaupun bisa kemah gratis, pantai ini tidak bisa dipesan sebelum kedatangan dan hanya boleh menginap paling lama tiga malam saja. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mendapat suasana pantai dengan deburan ombak pantai.

Buat kamu yang berencana ke New Zealand, cek juga tips apply visa secara online New Zealand.

Sekarang tunggu apalagi? Informasi tentang camper van sudah kami bagikan. Sekarang saatnya kamu booking camper van untuk menjelajahi Selandia Baru. Punya pengalaman menarik liburan di Selandia Baru? Atau informasi penyewaan camper van maupun destinasi wisatanya? Jangan pelit, bagi yuk di kolom komentar!