Vietnam merupakan salah satu negara dengan berbagai lokasi wisata yang banyak masuk bucket list para traveler. Tak hanya memiliki keindahan alam corak budaya serta sejarah yang masih otentik, negara ini juga telah dilengkapi oleh berbagai fasilitas yang mendukung kenyamanan turis mancanegara. Liburan di Vietnam juga relatif murah jika kamu ingin melakukan liburan ala backpacker dan berpetualang ke berbagai lokasi wisata Vietnam yang seru. Adapun beberapa informasi yang perlu kantongi sebelum memutuskan untuk melancong ke Vietnam. Berikut panduan lengkap wisata VietnamΒ  sebelum traveling ke salah satu negara ASEAN ini.

wisata vietnam

Bahasa yang Digunakan di Vietnam

Vietnam memiliki bahasa lokalnya sendiri yaitu bahasa Vietnam. Ada juga berbagai bahasa suku yang bervariasi di daerah-daerah tertentu. Namun sebagai negara destinasi wisata mendunia, tersedia tourist centre dan berbagai hotel dengan staf yang mampu melayani dalam bahasa Inggris. Hotel dan bandara juga pasti memiliki berbagai keterangan dalam bahasa Inggris. Uniknya, para penduduk yang sudah tua di Vietnam beberapa mahir berbahasa Perancis, karena Vietnam dulunya merupakan negara jajahan Perancis.

Mata Uang dan Penukaran Uang di Vietnam

Mata uang resmi Vietnam adalah Dong. Cara paling ideal dan untung untuk menukarkan mata uang Vietnam adalah dengan USD (Dollar Amerika). Ada baiknya kamu menukarkan uang Rupiah menjadi USD di tanah air. Kemudian menukarkannya menjadi Dong sesampainya di Vietnam. Selain lebih mudah mencari money changer yang sesuai, Nilai USD akan lebih banyak jika ditukar menjadi Dong, kamu jadi bisa belanja dan jajan lebih banyak. 1 USD setara dengan 23.230 Dong.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Transportasi Wisata di Vietnam

Secara umum, berjalan kaki di kota-kota Vietnam merupakan alternatif mobilitas paling hemat. Vietnam juga memiliki tata kota dan jalur pejalan kaki yang cukup tertib dan rapi. Namun, mungkin kamu masih akan membutuhkan transportasi untuk perjalanan antar kota,

Berikut beberapa transportasi umum yang ada di Vietnam.

  • Bus Kota: Bus kota biasanya menjadi transportasi umum dari bandara menuju ke tempat penginapan. Kamu juga bisa memanfaatkan bus untuk keliling kota, namun mungkin keterangan rute dan jalurnya cukup membingungkan karena masih konvensional.
  • Kereta Api: Vietnam juga masih mengandalkan kereta api untuk perjalanan antar kota. Selain cepat dan murah, risiko salah jalur juga bisa dihindari dengan naik kereta yang sudah jelas tujuannya.
  • Becak: Vietnam juga punya becak, lho! Jika kamu mulai kelelahan berjalan, selalu ada becak yang bisa kamu panggil.
  • Taksi: Untuk pilihan transportasi yang cukup pribadi dan nyaman, kamu bisa memanggil taksi. Taksi di Vietnam menentukan tarifnya dengan argo yang otomatis dan akurat.

ha-long-bay vietnam

Akses WiFi dan Sim Card di Vietnam

Akses internet dan komunikasi merupakan salah satu persiapan wisata Vietnam yang cukup esensial. Sebagian lokasi wisata dan fasilitas yang masih konvensional membuat kamu akan sangat mengandalkan informasi dari internet.

Akses WiFi cukup mudah ditemukan di berbagai tempat umum seperti hotel, cafe, restoran, mall, dan lokasi wisata tertentu. Bahkan penginapan atau homestay yang murah juga sudah dilengkapi dengan WiFi gratis. Kamu juga bisa memanfaatkan paketan data internet dari Sim Card agar telepon genggammu juga bisa dibuat sebagai alat komunikasi telepon. Beberapa provider yang bisa kamu beli di Vietnam di antaranya; Viettel, Vinaphone, dan Mobifone.

Kamu harus ada akomodasi yang sudah di booking juga selama di Vietnam karena akan di tanya petugasnya di bandara. Jadi pastikan kamu sudah booking akomodasi. Favorit saya adalah booking Airbnb karena sistem cancelation nya mudah dan lebih terjamin untuk memilih akomodasi yang private (gak sharing untuk menghidari COVID). Selain itu di Airbnb saya bisa memilih tour yang diselenggarakan oleh individual orang lokal (bukan tour company), jadi benar-benar krasa otentik.

Gak percaya? Sangkin sukanya saya sampai usaha sewain kamar via Airbnb. Simak tulisan review saya menggunakan Airbnb di artikel ini.Β 

Rekomendasi Tempat Wisata di Vietnam

Tempat wisata Vietnam didominasi oleh pantai dan situs bersejarah. Banyak situs warisan dunia UNESCO yang bisa kamu kunjungi di negara ini, berikut beberapa rekomendasi lokasi terpopuler.

  • Ha Long Bay: Ha Long Bay atau Teluk Ha Long merupakan situs warisan dunia UNESCO yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara setiap tahunnya. Ada berbagai aktivitas olahraga air seperti diving dan snorkeling yang bisa kamu coba di lokasi ini. Kamu juga bisa bersantai dengan memancing ikan dan mencoba kuliner seafood sekitar yang lezat dan segar.
  • Hoi An City: Kota Hoi An merupakan kota yang menyimpan berbagai budaya dari penjuru dunia dalam satu tempat, di antaranya; Vietnam, Jepang, Cina, dan Perancis. Corak budaya tersebut terlihat dalam keanekaragaman bangunan dan restoran yang menyediakan berbagai menu khas dari negara-negara tersebut. Kota ini juga masuk dalam situs bersejarah UNESCO.
  • Ho Chi Minh: Sementara Ho Chi Minh atau Saigon merupakan kota yang memadukan budaya Vietnam dengan Eropa. Ada berbagai lokasi bersejarah yang patut kamu kunjungi di kota ini seperti Notre Dame Cathedral of Saigon, Cu Chi Tunnel, hingga Saigon Railway Station.
  • War Remnants Museum: Buat kamu pecinta sejarah, ketahui kebenaran sejarah yang mengerikan di War Remnants Museum di Ho Chi Minh. Lokasi ini terkenal di kalangan turis Eropa yang ingin tahu file sejarah yang tidak terlalu diekspos oleh negara Barat karena terlalu keji namun mengandung kebenaran.
  • Han Gai Street: Berlokasi di Hanoi, Jalan Han Gai merupakan pusat belanja dengan kurang lebih 90 toko untuk berbagai souvenir, produk fashion, dan berbagai produk asli Vietnam. Sempatkan diri berbelanja di Han Gai sebelum meninggalkan Vietnam.

vietnam pho

Kuliner Khas Wisata Vietnam yang Wajib Dicoba

Kuliner khas Vietnam tidak jauh berbeda dengan makanan khas Cina dan negara Asia lainnya. Ada berbagai makanan sehat dengan sayuran, hingga mie kuah yang hangat dengan cita rasa lembut dan gurih. Berikut beberapa makanan khas Vietnam yang paling direkomendasikan.

  • Pho: Kalau Indonesia punya bakso, Vietnam punya Pho. Meskipun bukan makanan berupa bola daging, Pho merupakan street food khas Vietnam yang populer dan selalu ada dimana-mana. Harganya juga relatif murah. Pho merupakan mie kuah dengan tekstur yang lembut, dengan toge, daging, dan perasan jeruk nipis untuk memberikan cita rasa segar.
  • Goi Cuon: Makanan satu ini bentuknya cukup mirip dengan lumpia. Bedanya, makanan ini termasuk dalam jenis salad yang disajikan dengan sayuran segar dan udang. Makanan sehat ini bisa dinikmati dengan saus kacang yang ringan.
  • Banh Xeo: Berikutnya adalah pancake khas Vietnam dengan cita rasa gurih dan tekstur yang renyah. Hidangan ini dibuat dari adonan tepung yang dicampur dengan udang, taoge, santan, dan kunyit.
  • Banh Cuon: Satu lagi kuliner yang bentuknya seperti lumpia adalah Banh Xeo. Makanan satu ini dibungkus dengan adonan tepung beras yang dikukus dengan tekstur lembut. Dilengkapi dengan isian potongan daging, mentimun, dan selada, kemudian ditabur oleh bawang goreng.
  • Chao: Vietnam punya bubur khas yaitu Chao. Berupa bubur gurih yang disajikan dengan daging ayam, ikan, jeroan, dan remah roti.

Itu tadi panduan komplit wisata Vietnam yang perlu kamu ketahui. Vietnam merupakan negara dengan iklim tropis yang cukup serupa dengan Indonesia, masyarakatnya juga ramah, membuat kamu akan lebih mudah beradaptasi untuk menikmati liburan di negara ini. Saya sendiri sudah pernah traveling dua kali di sini dan ingin kembali lagi karena saya suka makan sup Pho nya!

Simak juga perjalanan saya keliling dunia gratis di Youtube, jangan lupa subscribe ya!