Berlokasi di Samudra Hindia, Sri Lanka merupakan negara dengan pulau yang tampaknya kecil, namun menyimpan banyak pesona. Mulai dari panorama alamnya, taman nasional dengan binatang lokal, reruntuhan bersejarah, dan lokasi pantai terbaiknya. Wisata Sri Lanka seru banget kalau kamu tahu lokasi wisata yang wajib kamu kunjungi dengan perencanaan yang matang. Liburan di Sri Lanka cocok untuk backpacker dengan perencanaan budget minim, namun mendapatkan petualangan kebudayaan yang maksimal di pemukiman penduduknya. Berikut panduan wisata Sri Lanka yang patut kamu ketahui.

Bahasa yang Digunakan di Sri Lanka

Penduduk lokal Sri Lanka menggunakan dua bahasa yakni, Sinhala dan Tamil. Bahasa Inggris bisa kamu temukan di institusi resmi dan komersial. Sementara itu banyak tempat dan masyarakat yang aktif berbahasa Inggris di ibu kota Kolombo .  Mulai dari hotel, restoran, dan stasiun transportasi umum.

Mata Uang dan Penukaran Uang di Sri Lanka

Mata uang resmi Sri Lanka adalah Sri Lanka rupee (LKR). Perlu kamu catat bahwa regulasi transaksi dan penggunaan uang saat wisata Sri Lanka cukup rumit. Kartu kredit/debit Visa dan MasterCard bisa kamu gunakan selama di Sri Lanka, namun pastikan memberikan catatan khusus dari bank dan menyimpan semua bon penarikan uang, penukaran uang, dan dokumen sejenisnya.

Ada aturan bahwa kamu tidak bisa membawa uang tunai lebih dari 3.000 LKR keluar Sri Lanka tanpa bon penukaran atau penarikan. Oleh karena itu, jika memang benar-benar membutuhkan uang tunai, lakukan penukaran di tempat resmi seperti bank, bandara, dan hotel. Namun kamu hanya bisa menukarkan dengan mata uang USD, pound sterling, dan euro.

Sim Card dan Akses Wifi di Sri Lanka

Untuk membeli sekaligus mengaktifkan sim card di Sri Lanka, kamu membutuhkan dokumen identitas seperti passport dan foto terbaru seukuran foto passport. Kamu bisa membeli sim card sesampainya di Bandaranaike International Airport. Beberapa provider yang bisa kamu gunakan di Sri Lanka diantaranya; Dialog, SLT-MOBITEL, Hutch, dan Airtel. Kamu juga bisa memanfaatkan wifi di hotel, restoran, dan lokasi wisata di kota-kota besar di Sri Lanka.

Akomodasi

Sri Lanka memiliki berbagai jenis akomodasi yang bisa dibilang sangat baik tentunya dengan beberapa kategori harga, mulai dari pondok di tepi pantai hingga rumah-rumah kolonial yang elegan dan resor bintang lima yang mewah.  Pelancong atau wisatawan yang punya budget terbatas bisa menginap di guesthouse. Kebanyakan wisma tamu yang ada di Sri Lanka, terawat dengan baik dan biasanya tidak jauh dari rumah pemiliknya. Beberapa wisma yang lebih bagus juga menyediakan berbagai pelayanan terbaik hingga makanan yang enak.

Akomodasi wisata Sri Lanka

Selain Wisma tamu atau guest house, hotel juga bisa jadi tempat menginap terbaik saat wisata Sri Lanka. Di negara ini hotel hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, dan harga.  Beberapa hotel terbaik khususnya di daerah perbukitan punya bangunan gedung-gedung kolonial tua yang menawarkan suasana masa lalu yang indah. Selain itu kamu juga bisa menemukan hotel-hotel besar di Sri Lanka di daerah pantai. 

Sebelum pergi menginap di suatu tempat sebaiknya kamu hubungi Wisma tamu atau hotel yang ingin kamu tempati terlebih dahulu untuk menghindari calo. Biasanya penginapan tersebut akan memberikan fasilitas penjemputan gratis. Selain itu jika kamu bepergian dengan sopir ada baiknya kamu tidak mengikuti saran tempat menginap yang direkomendasikan oleh sopir tersebut. Kamu bisa melakukan riset sendiri untuk menemukan kamar terbaik sesuai dengan kebutuhan.

Favoritku kalau lagi traveling ke luar negeri  pesan hotel via Booking.com karena pilihannya banyak dan ada pilihan gratis pembatalan kalau berubah pikiran 🙂

Pilihan Transportasi untuk Wisata Sri Lanka

  • Bus: Bus menjadi transportasi umum yang paling bisa kamu andalkan di Sri Lanka. Ada dua jenis bus; bus swasta dan bis publik. Bus publik berwarna merah, sementara bis swasta berwarna biru, merah muda, dan hijau. Kamu selalu bisa menanyakan jadwal di hotel atau stasiun bus. Kemungkinan besar operator bisa menjelaskan dalam bahasa Inggris, sekalipun tidak mereka akan membantu kamu menemukan rute yang benar.
  • Kereta: Ingin melihat pemandangan indah selama perjalanan? Naik kereta di Sri Lanka bisa menjadi pilihan terbaik. Harga tiketnya sedikit lebih mahal dari bis, namun memberikan kenyamanan dan pemandangan ekstra. Bisa kamu jadikan pilihan transportasi untuk perjalanan antar kota.
  • Tuk Tuk: Untuk mobilitas dalam kota jarak dekat, kamu bisa naik kendaraan umum, tuk tuk yang mirip bajaj kalau di Indonesia. Jauh lebih murah daripada naik taxi di dalam kota.

Rekomendasi Tempat Wisata Sri Lanka Terpopuler

Wisata Sri Lanka terdiri dari situs warisan sejarah dan budaya dunia UNESCO. Jangan lupakan hutan tropis dengan biota lokal yang unik dan deretan pantai yang indah. Bulan Desember hingga April bisa menjadi musim paling sempurna untuk mengunjungi Sri Lanka. Dimana cuaca yang panas dan cerah, secara maksimal menampilkan panorama tropis mempesona wisata Sri Lanka.

  • Masjid Jami UL-Alfar 

Jangan lewatkan keagungan masjid Jami UL-Alfar di Patteh. Masjid ini juga mendapat julukan sebagai ‘masjid merah’, tempat ibadah ini memiliki desain arsitektur yang berbeda dari masjid yang bisanya kita lihat di Indonesia. Bisa menjadi latar berfoto yang menarik dengan corak merah putih yang mencolok dan artistik. Patteh merupakan distrik di sudut kota lama di Kolombo.

  • Japanese Peace Pagoda

Pagoda putih berbentuk lonceng besar yang berlokasi di Puncak Rumassala Hill, ini patut kamu kunjungi ketika kamu di kota Galle. Lokasi ini juga bisa menjadi lokasi spot sempurna untuk melihat keindahan kota Galle dari ketinggian. Pagoda serba putih ini bisa menjadi spot yang indah untuk berfoto ria.

  • Pathirakali Amman Temple

Kuil Pathirakali Amman adalah bangunan bersejarah lainnya yang juga memiliki nilai religi terindah di Sri Lanka Kuil Hindu ini memiliki arsitektur yang unik dan artistik dengan kedetailan eksteriornya. Kuil dengan aneka warna cerah yang menarik perhatian. Satu lagi spot sempurna untuk mengabadikan momen wisata Sri Lanka yang sempurna.

Tempat Wisata Sri Lanka Populer Lainnya

  • Pantai Giyambokka

Ada banyak pantai indah dan menawan yang bisa kamu kunjungi di Sri Lanka. Namun, jika kamu ingin mencari pantai yang cenderung sepi, bersih, dan indah, Pantai Giyambokka paling direkomendasikan. Pantai Giyambokka berlokasi di kawasan Tangalle. Pantai ini memiliki panorama deretan pohon palem, pasir pantai krem dengan batu-batu karang yang besar. Airnya lautnya juga masih terlihat bersih dan aman untuk bermain atau berenang di tepian. Kamu juga bisa bersantai di kios-kios makanan di sekitar pantai.

  •  Nuwara Eliya

Kalau ingin ke lokasi yang lebih sejuk dengan panorama hijau yang asri, kamu bisa mengunjungi Nuwara Eliya. Kamu bisa memilih perjalanan dari kota Kandy menuju Nuwara Eliya dengan kereta. Karena perjalanan dengan kereta melewati lembah-lembah hijau yang indah, menghibur kamu sepanjang perjalanan. Nuwara Eliya terkenal dengan kebun tehnya yang indah. Jangan lupa juga nikmati teh terbaik selagi di Nuwara Eliya.

Makanan Khas Sri Lanka yang Wajib Dicoba

Sri Lanka memiliki makanan khas dengan cita rasa yang masih terpengaruh dengan kuliner India. Makanan dengan rempah dan bumbu yang sedap, seperti kari-karian. Cita rasa makanan Sri Lanka juga cocok untuk lidah orang Indonesia. Berikut beberapa rekomendasi makanan khas Sri Lanka yang patut kamu coba.

  • Ambul Thiyal: Makanan ini merupakan olahan ikan tuna yang diberi bumbu kari. Lebih ke kari kering dengan cita rasa asam yang menggugah selera.
  • Lamprais: Makanan asli ini asli Sri Lanka namun diturunkan dari Burghers Belanda. Sejenis bakso khas Belanda, terbuat dari kapulaga, kayu manis, dan seeni sambol. Hidangan yang mengenyangkan disantap dengan nasi dan stok pedas.
  • Gotu Kola Kanda: Hidangan bubur satu ini bisa kamu coba jika ingin mencoba menu yang benar-benar beda. Warnanya hijaunya mungkin terlihat aneh,namun bubur herbal ini enak sekaligus menyehatkan.
  • Telur Gerbong: Hidangan telur ini akan terlihat berbeda dari telur mata sapi untuk sarapan biasa. Telur gerbong dimasak dengan tepung beras, sedikit gula, air kelapa, dan santan. Buat yang suka pedas, kamu bisa memakan telur gerbong dengan sambal Sri Lanka.

Itu tadi panduan wisata Sri Lanka yang bisa membantu kamu dalam perencanaan wisata. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!