Singapore merupakan salah satu negara paling sering di kunjungi turis Indonesia. Mungkin karena sebagai bagian dari ASEAN, paspor Indonesia gak perlu visa untuk berkunjung ke Singapore. Selain itu, Singapore memiliki berbagai fasilitas yang akan mendukung kunjungan turis seperti kamu untuk mendapatkan akses mudah ke berbagai tempat. Singapore memiliki tourist centre hingga memanfaatkan berbagai teknologi dengan menciptakan berbagai aplikasi yang akan mendukung kunjungan kamu selama di Singapore. Berikut panduan wisata Singapore paling komplit yang perlu kamu ketahui.

Bahasa yang Digunakan di Singapore

Seperti yang telah disebutkan, Singapore memiliki masyarakat lokal yang majemuk. Hal ini pun mempengaruhi keberagaman bahasa yang berlaku di negara ini. Bahasa resmi Singapore adalah Bahasa Melayu. Namun, sebagian besar warga Singapore modern (di bawah 50 tahun) lebih sering berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Adapun bahasa lainnya yang sering digunakan di Singapore adalah Mandarin, dan bahasa Tamil (bahasa yang digunakan oleh orang India dan Srilanka). Sebagian besar fasilitas wisata di Singapore pasti dilengkapi dengan keterangan dalam bahasa Inggris. Sangat mudah juga menemukan berbagai tempat wisata, restoran, hingga cafe dengan pelayan yang lancar berbahasa Inggris.

wisata Singapore

Mata Uang , Penukaran Uang, dan Tip di Singapore

Uang pastinya menjadi salah satu hal paling esensial dalam perencanaan liburan kamu ke Singapore. Mata uang resmi Singapore adalah Dollar Singapore (SGD). ‘Sing-dollar’ juga merupakan salah satu sebutan yang akan kamu sering dengar di jalanan Singapore. 1 Dollar Singapore setara dengan Rp 10.206.

Lakukan penukaran uang di tempat yang berlisensi agar lebih aman dan terjamin keakuratannya. Kamu bisa melakukan penukaran uang di Changi Airport, Pusat Perbelanjaan Orchards Road, dan Business District tak jauh dari City Hall.

Selama melakukan wisata Singapore, kamu tidak perlu repot memikirkan tip. Budaya memberikan tip tidak terlalu berlaku di Singapore. Hal ini karena beberapa industri besar seperti hotel, restoran, hingga cafe, telah mencantumkan charge 10% ke dalam bon untuk service. Begitu juga dengan taxi dan layanan kendaraan private lainnya, sopir tidak akan mengharapkan tip.

 

Panduan Transportasi Wisata di Singapore

Singapore memiliki akses transportasi yang cepat, canggih, dan efisien. Kamu juga mengakses berbagai kendaraan umum di negara ini dengan praktis dan cepat kemanapun tujuannya. Ada berbagai alternatif transportasi yang bisa kamu manfaatkan, berikut beberapa informasi lengkap transportasi umum di Singapore.

Transportasi Singapura

  1. Singapore MRT

Singapore memiliki MRT (Mass Rapid Transit) yang bisa dimanfaatkan sebagai pendukung mobilitas kamu. MRT merupakan alternatif kendaraan paling cepat yang bisa temukan di Singapore. Banyak tempat esensial seperti pusat perbelanjaan dan tempat wisata Singapore populer berlokasi tidak jauh dari setiap stasiun MRT. Kondisi transportasi satu ini juga nyaman, aman, serta bersih.

Kamu bisa membeli Singapore Tourist Pass (STP), sebuah EZ-Link khusus dengan kredit tertentu di dalamnya yang bisa kamu gunakan sebagai alat transaksi saat menaiki MRT secara unlimited pada pilihan paket tertentu mulai; 10 SGD untuk 1 hari, 16 SGD untuk 2 hari, dan 20 SGD untuk tiga hari. Sesuai dengan jangka waktu yang kamu pilih, kamu bisa bebas naik turun MRT berkali-kali tanpa extra charge. Pilihan ini akan lebih hemat karena harga tiket MRT termasuk mahal di Singapore. Kamu bisa mendapatkan STP di TransitLink Ticket Office, atau di Changi Airport Terminal 2 dan 3.

  1. Bus

Bus merupakan alternatif kendaraan umum lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk keliling Singapore. Rute bus Singapore telah didesain khusus seefektif mungkin untuk mengakses setiap area esensial dan tempat wisata. Dilengkapi dengan AC dan bangku yang nyaman, perjalanan kamu dijamin menyenangkan ditemani dengan pemandangan indah perkotaan di Singapore yang memadukan unsur modern dengan tumbuhan hijau. Kamu juga bisa menggunakan STP sebagai alat transaksi naik bus di Singapore.

  1. Taxi

Untuk mengakses lokasi tertentu yang tidak bisa diakses dengan MRT dan bus, kamu bisa menggunakan taxi. Sistem tarif taxi di Singapore menggunakan meteran yang bisa kamu pantau secara langsung. Namun harga bisa berubah-ubah sesuai dengan musim, wilayah, hingga perusahaan taxi mana yang kamu gunakan.

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba

Akses Internet dan SIM Card di Singapore

Jika kamu membutuhkan akses telepon dan mengirim pesan melalui telepon genggam, pilihan terbaik adalah dengan mengaktifkan SIM card lokal Singapore. Beberapa provider SIM Card Singapore yang bisa kamu diantaranya; M1, Singtel, dan Starhub, dengan masa berlaku 5 hingga 30 hari berdasarkan paket kartu yang kamu pilih. Kamu bisa membeli SIM Card di 7-Eleven, Cheers, dan Changi Airport.

Untuk akses Wi-Fi, hampir semua tempat umum di Singapore dilengkapi akses Wi-Fi gratis. Mulai dari bandara, pusat perbelanjaan, museum, restoran, bahkan dalam MRT. Pastikan smartphone kamu memiliki jaringan 3G atau 4G untuk mengakses Wi-Fi gratis yang tersedia. Kamu juga bisa menyewa pocket Wi-Fi untuk multi-gadgets dan jaminan akses internet yang lebih aman dan bisa kamu gunakan kapanpun dimana saja. Pocket Wi-Fi bisa kamu sewa di Changi Airport.

Kamu harus ada akomodasi yang sudah di booking juga selama di Singapore karena akan di tanya petugasnya di bandara. Jadi pastikan kamu sudah booking akomodasi. Favorit saya adalah booking Airbnb karena sistem cancelation nya mudah dan lebih terjamin untuk memilih akomodasi yang private (gak sharing untuk menghidari COVID). Selain itu di Airbnb saya bisa memilih tour yang diselenggarakan oleh individual orang lokal (bukan tour company), jadi benar-benar krasa otentik.

Gak percaya? Sangkin sukanya saya sampai usaha sewain kamar via Airbnb. Simak tulisan review saya menggunakan Airbnb di artikel ini. 

 

Rekomendasi Tempat Wisata di Singapore

Ada banyak tempat wisata Singapore yang bisa kamu kunjungi. Namun, untuk kunjungan pertama kali, kamu wajib mengunjungi beberapa lokasi berikut:

  • Gardens by the Bay: Taman flora terbesar dan terbaik di Singapore satu ini memiliki perpaduan antara alam dengan peradaban modern. Teknologi yang canggih dimanfaatkan untuk menampilkan pameran tanaman dan bunga yang indah dengan desain menara dan pencahayaan yang mempesona.
  • Universal Studio Singapore: Jangan lewatkan kesempatan liburan seru bersama keluarga ke Universal Studio Singapore. Taman hiburan satu ini memiliki theatre dan berbagai wahana seru yang terbagi dalam 7 distrik dengan tema film populer.
  • E.A. Aquarium at Resorts World Sentosa: Ada 100.000 spesies laut yang bisa kamu lihat di S.E.A. Aquarium. Lokasi ini merupakan akuarium besar yang menampilkan keindahan biota laut dengan pemandangan bawah laut yang menggugah.

singapore street food

Kuliner Khas Wisata Singapore yang Wajib Dicoba

Singapore memiliki selera makanan yang tidak jauh berbeda dengan makanan khas Indonesia. Kamu bahkan bisa menemukan sate dan rojak (rujak) saat berlibur di Singapore. Ada juga nasi lemak khas Malaysia dan berbagai makanan khas Asia lainnya. Berikut beberapa rekomendasi makanan khas Singapore yang wajib kamu coba.

  • Kepiting Pedas: Nikmati salah satu hidangan kepiting “high-class” yang disiram dengan kuah bumbu kental pedas.
  • Kari Kepala Ikan: Satu lagi seafood pedas yang wajib kamu coba adalah kari dengan sayuran dan kepala ikan di dalamnya.
  • Laksa: Makanan satu ini adalah makanan khas Singapore berupa mie kuah dengan sup berbahan santan dengan rempah-rempah pedas.
  • Roti Bakar Kaya: Untuk hidangan yang manis, kamu bisa mencoba roti bakar Kaya yang simple dan lezat.

Itu tadi berbagai panduan wisata Singapore paling komplit sebagai bahan referensi travelling kamu selanjutnya. Saya sendiri cukup sering berwisata ke Singapore, selain untuk transit, juga untuk berkunjung ke tempat wisatanya yang beragam. Singapore juga salah satu Rekomendasi Tempat Wisata Luar Negeri Terdekat dari saya untuk para pemilik paspor Indonesia.

Simak juga perjalanan saya keliling dunia gratis di Youtube, jangan lupa subscribe ya!

Kapan rencana kamu mau ke Singapura? Share di komen ya.