Kalau kamu ingin bepergian ke Amerika post pandemi sekarang bisa jadi saat yang tepat. Kamu bisa dapatkan visa Amerika tanpa wawancara. Kedutaan besar Amerika Serikat sempat menutup layanan selama beberapa bulan akibat pandemi. Kedutaan membuka kembali layanannya per tanggal 11 Maret 2021. Saat membuka kembali layanan, kedutaan Amerika menerapkan kebijakan baru. Kabijakan tersebut menyatakan bahwa visa kunjungan bisnis dan wisata, B1/B2 yang sudah kadaluarsa maksimal 24 bulan atau 2 tahun dapat diperbarui tanpa wawancara. Kalau kamu punya visa Amerika yang sudah kadaluarsa, kamu bisa cek cara perpanjang atau membuat kembali Visa Amerika tanpa wawancara, berikut caranya.

Persyaratan Perpanjangan Visa Amerika Tanpa Wawancara

Jika kamu belum mengetahui betul persyaratan umum yang wajib kamu penuhi, berikut diantaranya!

  • Paspor masih valid setidaknya 6 bulan
  • Berusia minimal 14 tahun saat kedutaan menerbitkan visa.
  • Kedutaan memvalidasi penuh visa sebelumnya (visa B1/B2 berlaku selama lima tahun, visa C1/D 4 tahun dan visa visa J berlaku selama setahun baik di konjen Jakarta atau Surabaya)
  • Visa Amerika masih berlaku atau habis masa berlakunya dalam dua puluh empat bulan terakhir.
  • Memiliki paspor yang selama kurun waktu tertentu menerima validasi visa penuh. Permohonan visa tanpa wawancara akan ditolak jika paspor dan visa sebelumnya hilang.
  • Aplikasi visa Amerika tidak pernah mengalami penolakan dalam kurun waktu dua belas bulan terakhir. Semua visa sebelumnya juga harus disebutkan dalam aplikasi visa DS-160.
  • Tidak pernah tinggal di Amerika Serikat lebih dari 6 bulan dengan visa B1/B2 (meskipun Department of Homeland Security menyetujui perpanjangan masa tinggal)
  • Bebas catatan kriminal dan tidak pernah mengalami penahanan atau terbukti bersalah untuk pelanggaran atau tindakan apapun, meskipun mendapatkan pengampunan.

Konsultasi Traveling Aja Dulu Olivia

Langkah Perpanjang Visa Amerika Tanpa Wawancara

Kamu mungkin merasa bingung bagaimana cara memperpanjang Visa us tanpa wawancara. Tak perlu bingung karena kamu bisa cek langkah dan panduannya berikut ini!

– Mengisi Formulir

Langkah pertama untuk memperpanjang Visa US tanpa Wawancara adalah dengan mendapatkan dan mengisi formulir permohonan Visa DS160. Kamu bisa mengecek laman ini kalau kamu belum paham bagaimana cara mengisi formulir tersebut. Setelah Paham bagaimana cara mengisi formulir permohonan, selanjutnya kamu bisa mengisi formulir yang tersedia di link ini. Jangan lupa juga untuk menyiapkan soft copy foto ukuran 5×5 dengan latar belakang putih jika kamu mengisi formulir permohonan perpanjangan visa Amerika.

Mengambil Appointment

Kamu akan mendapat pilihan di situs yang sama setelah selesai mengisi formulir pengajuan DS 160, Selanjutnya kamu harus mengambil surat konfirmasi pengajuan perpanjangan visa tanpa wawancara. Setelah itu nantinya kamu juga akan mengisi beberapa data diantaranya seperti detail informasi paspor, nomor konfirmasi formulir DS 160 yang sudah kamu isi sebelumnya dan alamat pengambilan paspor. Kamu bisa memilih apabila paspor akan kamu ambil di kantor RPX maupun mengirimnya ke alamat yang kamu cantumkan dalam formulir appointment.

Melakukan Pembayaran

Jika semua formulir sudah kamu isi secara lengkap dan kamu sudah mendapatkan appointment selanjutnya kamu akan masuk ke portal pembayaran. Kamu perlu mempersiapkan sejumlah uang  sebelum membuat visa karena biaya untuk memperpanjang visa US cukup mahal.

Setidaknya kamu akan membayar biaya sebesar $160 atau setara dengan Rp 2.400.000 dengan hitungan kurs dollar di Rp 15.000. Nantinya kamu harus membayar biaya pembuatan atau perpanjangan visa tersebut melalui dua metode yakni Electronic Funds Transfer atau EFT dan pembayaran tunai di bank CIMB niaga.

Jika di daerah kamu tidak terdapat Bank CIMB Niaga maka kamu bisa transfer melalui bank yang terhubung dengan Bank of America. Perlu diingat bahwa tidak semua bank memiliki koneksi dengan bank asal Amerika tersebut.

Setelah kamu melakukan pembayaran setidaknya kamu harus menunggu selama 1 x 24 jam sebelum mendapatkan konfirmasi. Kamu bisa mengecek status pembayaran dalam waktu sehari setelah melakukan pembayaran di portal yang sama dengan portal di mana kamu mendapatkan appointment. Informasi lebih jelas tentang pembayaran kamu bisa cek link ini.

perpanjangan visa amerika jakarta

Mendapatkan Konfirmasi Tidak Perlu Wawancara 

Jika pihak kedutaan sudah mengirimkan konfirmasi pembayaran selanjutnya kamu bisa mengambil lembar konfirmasi permohonan perpanjangan atau pembuatan visa Amerika tanpa wawancara. Saat mengambil appointment atau konfirmasi tersebut kamu harus menjawab beberapa pertanyaan. Kamu bisa menyimak penjelasan lebih lanjut tentang Visa waiver di sini.

Kamu akan mendapat pernyataan layak atau memenuhi syarat untuk dapat membuat atau memperpanjang visa Amerika berupa lembar konfirmasi setelah pembayaran terkonsfirmasi. Lembar tersebut harus kamu kirimkan ke alamat Kedutaan dalam hal ini adalah kantor RPX bersama dokumen lainnya.

Mengirim Dokumen Perpanjang Visa Amerika

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk memperpanjang visa Amerika kamu setelah terkonfirmasi adalah mengumpulkan dokumen dan mengirimkannya ke kantor RPX terdekat. Beberapa dokumen yang harus dikirimkan diantaranya :

  • Surat konfirmasi DS-160
  • Paspor terbaru dan semua paspor sejak kamu menerima visa dengan masa validasi penuh
  • Fotokopi KITAS / KITAP untuk warga yang memiliki ijin tinggal yang sah di Indonesia.
  • Satu lembar foto ukuran 5×5 cm yang diambil dalam 6 bulan terakhir.
  • Surat konfirmasi permohonan tanpa wawancara
  • Bukti pembayaran biaya MRV (Tunai atau EFT)
  • Dokumen tambahan untuk anak dibawah 14 tahun diantaranya akte kelahiran asli, dan paspor orang tua dengan visa Amerika B1/B2.

Saya harus drop dokumen ke kantor RPX Bali di Jikmbaran

Kurir RPX selanjutnya akan mengirimkan dokumen kamu ke Konsulat Jenderal Amerika yang berada di Surabaya/Jakarta. Jika semuanya sudah lengkap maka kurir akan mengembalikan paspor serta dokumen lain sesuai metode pengiriman yang kamu pilih.

Kamu nantinya akan mendapatkan visa di dalam paspor jika kedutaan sudah menyetujuinya. Namun jika mengalami masalah atau tidak mendapatkan persetujuan, maka kamu akan mendapatkan email konfirmasi. Pihak Konsulat Jenderal juga bisa memanggil kamu untuk melakukan wawancara apabila diperlukan.

Supaya aman, kamu bisa booking akomodasi via Booking.com karena ada pilihan gratis pembatalannya! Setelah visa mendapat approve dan kamu berubah pikiran, kamu masih bisa cari yang lain!

Pada saat di wawancara, sering pula kamu di tanyain itinerary dan tiket pesawat PP ke Amerika. Supaya gak rugi kalau visa kamu gak di approve, kamu bisa pesan dummy tiket (tiket sementara) di situs https://www.dummyticket.com/ dengan harga murah. 

Pihak kedutaan bisa menolak Perpanjang visa Amerika jika kamu tidak memenuhi syarat atau dokumen yang kamu kirimkan belum sesuai maupun tidak lengkap. Oleh sebab itu, pastikan kamu memenuhi syarat untuk memperpanjang Visa Amerika tanpa wawancara dan mengirimkan dokumen yang benar. Kamu juga harus memastikan email yang kamu gunakan atau kamu lampirkan dalam formulir aktif karena jika terjadi sesuatu atau dokumen tidak lengkap maka pihak Konjen atau Kedutaan bisa menghubungi lewat email sewaktu-waktu.

Perpanjang visa Amerika tanpa wawancara sebenarnya termasuk opsi memperpanjang Visa yang lebih mudah. Ada baiknya kesempatan ini tidak kamu lewatkan terutama jika visa kamu sudah kadaluarsa. Semoga tulisan ini bisa membantu ya!

Traveling Aja Dulu Book Olivia Purba